Programmer dan developer

Caraguna.com Perkembangan dunia teknologi informasi pada saat ini memang menjadi salah satu topik yang masih populer untuk di perbincangkan. Dalam dunia IT, banyak sekali pofesi dan pekerjaan dengan tugas yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini caraguna akan membahas tentang apasih perbedaan dari programmer dan developer itu. Karena tidak jarang banyak orang yang salah dalam mengartikannya.

Jika dilihat sekilas, keduanya memang memiliki peranan dalam menciptakan perangkat lunak dan hal-hal yang berbau teknologi. Banyak yang mengira bahwa pekerjaan tersebut adalah sama, padahal sebenarnya berbeda.

Daftar isi

Perbedaan programmer dan developer

Berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan programmer dan developer. Pastikan anda membacanya sampai selesai ya, agar nantinya tidak keliru tentang dua profesi ini.

Perbedaan mendasar antara developer dan programmer ini sebenarnya terletak pada ruang lingkup pekerjaan mereka.

Developer lebih terlibat dengan proyek yang memiliki pemahaman yang lebih besar dan penuh. Sedangkan programmer terlibat dalam bagian tertentu dari proyek.

Pengertian Programmer

Programmer

Programmer biasa dikenal dengan engineer dan coders. Karena profesi yang melakukan pekerjaan menulis kode program, menguji, dan memperbaiki bug.

Selain itu, programmer juga mengubah desain menjadi instruksi yang dapat dipahami oleh komputer. Intruksi tersebut di buat dengan berbagai bahasa pemrograman.

Programmer biasanya bekerja secara berkelompok atau tim dibawah programmer senior yang mengontrol.

Ada beberapa jenis programmer komputer, antara lain :

  • Application programmer,
    Menulis program untuk tugas khusus misalnya untuk merecord inventaris perusahaan, sistem informasi, dan lain sebagainya.
  • System programmer,
    Programmer yang memiliki tugas untuk melakukan maintenance. Biasanya dalam pemeliharaan database seperti database management system.
  • AI atau Machine learning engineers,
  • Programmer Game,
    Programmer yang bergerak dalam menciptakan sebuah game.
  • Pengembang.
Baca juga :  Tips Jitu Dapatkan Ide Artikel Blog Dengan Mudah

Programmer memiliki tugas yang spesifik dari pengerjaan proyek seperti halnya koding. Programmer sendiri merupakan pengembang perangkat lunak yang baik dalam melakukan projek startup.

Biasanya programmer mampu menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya.

Pengertian Developer

Developer

Developer merupakan seorang programmer yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam menyelesaikan masalah, namun juga mampu membangun sebuah produk.

Mereka memiliki prinsip dalam mengerjakan sebuah proyek dengan mengimplementasikan desain dan rekayasa perangkat lunak termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan.

Developer dalam bidang IT adalah orang yang bertugas merancang sebuah sistem baik dari struktur, prospek, hingga performa dari sistem itu sendiri.

Developer berada di puncak organisasi dalam pembuatan sebuah proyek bisnis. Sehingga sebagai seorang developer harus mengetahui kebutuhan apa saja dalam membuat proyek seperti ide, rencana, dan lain sebagainya.

Tugas dari seorang developer yaitu :

  • Membuat desain perangkat lunak
  • Melakukan pengembangan/development
  • Melakukan riset
  • Menulis dokumentasi terkait proyek
  • Maintenance
  • Core implementation
  • Analisis

Jadi jika dihubungkan dengan programmer, developer adalah programmer pertama dan terutama dengan lingkup tanggung jawab yang lebih besar untuk aspek-aspek lain dari proyek.

Kesimpulan

Baimana teman-teman? setelah mengetahui masing-masing pengertian programmer dan developer, apakah anda sudah bisa membayangkan apa perbedaanya?

Bisa dibilang developer adalah seorang programmer, namun programmer belum tentu seorang developer. Baik programmer maupun developer memiliki tugas yang berhubungan dengan koding.

Jika boleh disederhanakan, developer merupakan projek manajer yang bisa melakukan koding.

Tetapi, tugas mereka tetaplah menemukan cara untuk menyelesaikan masalah dalam pengerjaan proyek.

Sekian informasi yang dapat caraguna sajikan terkait apa perbedaan programmer dan developer. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Baca juga :  Apa Itu Data Analyst? Bedanya dengan Big data dan Data Scientist?

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020