pengertian application programming interface

Banyak yang bertanya apasih itu web API? terutama bagi anda yang berkecipung di dunia pemrograman. API sangat penting anda ketahui apabila anda ingin menghubungkan atau melakukan komunikasi antar perangkat lunak yang berbeda dengan mudah dan cepat.

Sebenarnya, API ini dapat anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti saat anda memesan hotel, mengirimkan pesan, memesan makanan secara online maupun ketika mengunduh sebuah software. Aplikasi akan terhubung ke internet dan mengirimkan data ke server. Selanjutnya data tersebut diolah didalam API yang kemudian hasilnya diterjemahkan dalam bentuk informasi yang mudah dibaca oleh pengguna.

Apakah anda sudah mengetahui lebih jelas apa itu artinya api? jika belum, yuk simak terus artikel dibawah ini sampai tuntas.

Pengertian API (Application programming interface)

API singkatan dari Application Programming Interface adalah seperangkat antarmuka dapat berupa fungsi, method, maupun url endpoint yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi baik dalam satu platform maupun lintas platform (cross platform).

API dapat menerima permintaan (request) dari perangkat lunak lainnya seperti mobile apps maupun website yang memberikan pelayanan pertukaran data. Dengan menggunakan API memungkinkan para developer untuk mengintegrasikan dan mengizinkan dua aplikasi yang berbeda dapat saling terhubung secara bersamaan.

Sedangkan menurut wikipedia, antarmuka pemrograman aplikasi atau API adalah penerjemah komunikasi antara klien dengan server untuk menyederhanakan implementasi dan perbaikan software.

Tujuan dari Application Programming Interface

Tujuan dari API itu sendiri adalah untuk mempercepat pembuatan suatu aplikasi karena developer tidak perlu lagi menulis kode program dari awal atau nol. API juga disediakan oleh sebuah platform untuk dapat mengakses fitur dari program tersebut. Salah satu contoh dari API lintas platform yaitu API twitter dan facebook, dimana memungkinkan anda untuk mengakses data pengguna platform tersebut ke aplikasi kita.

Baca juga :  Pengertian Progressive Web Application (PWA): Kelebihan dan Komponennya

Contoh lainnya adalah API Bot telegram dan Line dimana anda dapat dapat mengirimkan pesan ke platform tersebut melalui aplikasi kita. Anda juga dapat membuat API aplikasi anda sendiri. Sehingga data pada aplikasi anda dapat diakses oleh aplikasi lain.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan API

Dengan mengunakan API, dapat membuat pemrograman menjadi lebih mudah dimana kebutuhan anda sebagai pengguna maupun developer dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, API juga digunakan untuk komunikasi berbagai layanan, sehingga API memiliki peran penting dalam perkembangan dunia teknologi. Berikut ini beberapa alasan kenapa anda harus menggunakan API dalam perangkat lunak.

  1. Membuat kinerja aplikasi menjadi lebih cepat dan fleksibel.
  2. Kustomisasi untuk konten dan layanan dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan keinginan.
  3. Mendukung data migrasi lebih baik dan informasi yang di dapat ditinjau lebih dekat.
  4. Keamanan data yang baik dan saling terintegrasi.
  5. Memiliki banyak pilihan data yang disedikan dan dapat digunakan.

Perbedaan Web API dengan Web Service

Didalam API terdapat beberapa istilah yang seringkali salah diartikan oleh banyak orang, termasuk definisi dari Web API dan Web service. Apasih perbedaannya?

Berbeda dengan web api yang sudah dijelaskan diatas, web service adalah layanan perangkat lunak yang mendukung interopabilitas (interaksi dan komunikasi dengan sistem yang berbeda di suatu jaringan.

Apabila web api banyak digunakan didalam aplikasi, maka web service digunakan oleh para pembuat website untuk menyediakan layanan informasi yang kemudian akan memungkinkan sistem yang berada di luar website untuk berinteraksi melalui layanan yang telah disediakan.

Selain itu, web service juga tidak membutukan akses hingga ke sistem operasi, dan bisa berjalan di protokol standar seperti http. Saat berjalan di protokol standar, web service tidak memerlukan konfigurasi khusus di firewall. Berikut beberapa perbedaan singkat dari web api dan web service.

  1. Semua web service menggunakan API, tapi tidak semua API digunakan sebagai web service.
  2. Web service memfasilitasi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan. Sedangkan API berguna sebagai penghubung antara dua aplikasi berbeda sehingga mampu berkomunikasi satu sama lain baik dengan jaringan maupun tidak.
  3. Web service hanya menggunakan 3 style yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi sedangkan API dapat menggunakan style apapun.
  4. Web service selalu membutuhkan jaringan untuk pengoperasiannya sedangkan API tidak selalu memerlukan jaringan untuk operasinya.
Baca juga :  Definisi VGA, Jenis dan Fungsinya Yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Application Programming Interface

Seperti yang kita ketahui, API sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan software untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Misalnya, anda pernah melihat objek google maps tertanam pada situs web maupun aplikasi lain, mereka menggunakan API untuk mendapatkan data dari google, sehingga tidak perlu lagi membuat objek maps baru yang terbilang tidak mudah.

API merupakan sekumpulan instruksi program dan protokol yang digunakan untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API berperan sebagai perangkat lunak pembawa pesan yang menerima request pengguna dan memberitahu sistem apa yang harus dilakukan. Setelah itu API akan memberikan respon sesuai dengan permintaan tersebut.

Selain itu, prinsip yang sama juga berlaku apabila terjadi interaksi antara database aplikasi dengan gawai atau komputer, masing-masing sistem tersebut tentunya memiliki API yang memungkinkan untuk saling bertukar informasi. Artinya, API itulah yang membawa informasi antara database aplikasi dan device pengguna untuk menyampaikan data dan menciptakan konektivitas antar sistem.

Demikianlah definisi dari API (application programming interface), fungsi, serta alasan kenapa anda harus menggunakan api. Semoga artikel yang caraguna sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mempelajari pertukaran data perangkat lunak menggunaakan api. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “Pengertian API (Application Programming Interface), Fungsi, dan Alasan Mengapa Harus Pakai API”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021