Rekomendasi Ekstensi Visual Studio Code

Ekstensi VS Code Terbaik – berbicara mengenai text editor, Visual Studio Code merupakan salah satu software yang sangat populer digunakan saat ini. VS Code dikelola oleh Microsoft dengan dukungan ekstensi serta support dari berbagai komunitas. Kamu dapat mengunjungi website resminya di code.visualstudio.com.

VSC dapat kamu gunakan secara gratis di windows, mac, maupun linux. Kamu dapat menggunakan berbagai bahasa seperti javascript, php, java, typescript, keluarga C, Python, Golang, dan masih banyak lagi. VSC terhubung dengan version controll dan memudahkan kamu ketika berkolaborasi dalam tim.

Fitur-fitur yang ada didalamnya terus bertambah, terdapat Intellisense, debugging, Emmet, dan lainnya. Pada kesempatan kali ini, Caraguna akan mengulas tentang beberapa rekomendasi ekstensi atau plugin terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan kamu dalam proses development suatu aplikasi atau software.

Rekomendasi Ekstensi Terbaik Visual Studio Code Terbaru untuk Pemula

Terdapat banyak sekali ekstensi yang dapat kamu gunakan dalam Visual Studio Code, setiap ekstensi memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa ekstensi terbaik dan terpopuler yang sering digunakan oleh programmer pemula maupun profesional.

#1. Live Server

Live server adalah sebuah ekstensi yang berfungsi untuk membuat sebuah server pengembangan lokal secara real time. Sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan bantuan xampp untuk menjalankan bahasa pemrograman yang berjalan dibawah server seperti PHP.

Untuk melakukan instalasi ekstensi ini cukup mudah, kamu dapat masuk ke menu ekstensi, kemudian cari ekstensi dengan keyword live server. Maka, ekstensi live server akan muncul di pencarian pertama, silahkan kamu tekan tombol install untuk menginstallnya.

Baca juga :  Pengertian SQL: Fungsi dan Jenis Perintah SQL

Apabila kamu ingin mengetahui apakah ekstensi ini sudah aktif atau belum, kamu dapat mengetesnya dengan cara membuat satu file html dan membukanya di browser. Lakukan perubahan pada file tersebut, setelah itu periksa di browser apakah ada perubahan secara langsung atau belum. Tanda lain jika ekstensi ini telah dijalankan yaitu URL akan berubah menjadi http://127.0.0.1:port.

#2. Auto close tag

Jika melihat dari nama ekstensi ini, saya yakin kamu sudah tahu apa fungsi dan kegunaannya. Auto close tag merupakan ekstensi yang dapat membantu kamu menambahkan penutup tag html, sehingga dapat mempercepat proses pengembangan yang kamu kerjakan.

Fungsi lain dari auto close tag yaitu cursor akan berpindah diantara tag pembuka dan penutup, adanya shortcut keyboard dan command untuk menutup tag. Selain itu, kamu juga dapat merubah pengaturan (setting) untuk tag tertentu yang tidak memerlukan closing tag.

#3. Auto rename tag

Apabila auto close tag digunakan untuk menutup tag secara otomatis, maka auto rename tag digunakan untuk me-rename nama tag (pembuka maupun penutup) apabila terjadi perubahan di salah satunya. Ekstensi ini cukup membantu ketika kamu membangun source code yang berjumlah besar, ketika kamu ingin melakukan perubahan tag, kamu tidak perlu mengganti kedua tag pembuka maupun penutup yang biasanya saling berjauhan, cukup salah satunya saja.

#4. Beautify

Beautify adalah ekstensi yang secara otomatis membantu kamu memperbaiki format source code yang berantakan. Terdapat beberapa cara untuk melakukan formating dengan beautify, yaitu dengan menyeleksi kode yang ingin dirapikan, klik kanan lalu pilih format selection withbeautify.

Selain itu, beautify dapat diterapkan ketika kamu menyimpan (save) projek, secara otomatis beautify akan merapikan source code kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat masuk ke setting, kemudian cari formatting dan centang checkbox pada pilihan format on save.

#5. PHP Intellisense

Intellisense adalah fitur code completion dengan saran yang detail dan dukungan langsung pada sumber source code. Dengan intellisense, kamu tidak perlu menghafal dan menulis seluruh syntaks perintah yang akan ditulis, karena fitur intellisense dapat memberikan beberapa pilihan rekomendasi code dan bekeja tanpa melakukan konfigurasi.

Baca juga :  Pengenalan Konsep MVC (Model View Controller)

Intellisense PHP merupakan fitur rekomendasi code completion untuk bahasa pemrograman PHP secara lengkap, meskipun secara default VSC sudah ada intellisensenya, namun banyak yang mengatakan intellisense bawaan VSC masih kurang lengkap, sehingga perlu menambahkan ekstensi baru dengan code completion PHP Intellisense ini.

#6. One dark pro

One dark pro merupakan ekstensi yang berhubungan dengan tema dimana membuat tampilan source code projek kamu lebih berwarna dan didesain secara khusus agar mata kamu tidak cepat lelah saat bekerja. Ekstensi ini sangat populer yang telah di install oleh lebih dari 7 juta pengguna di seluruh dunia.

#7. Open in browser

Fungsi dari ekstensi ini sama dengan namanya, yaitu membuka file source code kamu ke browser secara langsung, dengan cara klik kanan projek yang kamu buat lalu pilih open in browser. Uniknya, fitur open in browser belum tersedia secara default di VSC, sehingga kamu perlu menginstal bantuan ekstensi ini agar kamu dapat membuka file projek di browser dengan mudah.

#8. Prettier

Selain ekstensi Beautify, kamu dapat menggunakan Prettier yang tidak kalah populer dimana sudah terinstall lebih dari 8 juta pengguna diseluruh dunia. Prettier akan memudahkan kamu dalam hal pemformatan dan produktivitas. Struktur kode yang kamu buat akan terlihat lebih cantik dan bersih saat disimpa. Kamu dapat mengubah konfigurasi ekstensi ini di pengaturan (setting) sesuai keinginan.

#9. Error Lens

Error Lens adalah ekstensi yang menunjukkan kesalahan pada baris tertentu dimana terjadi suatu error. Ekstensi ini akan sangat membantu kamu dalam proses pengembangan, mengingat dalam urusan kode program, salah pengetikan satu huruf saja bisa jadi bermasalah dan membuat pusing kepala.

Baca juga :  Apa Itu React Native? Kelebihan React Native Dibanding Framework Lainnya

Ekstensi ini dapat kamu konfigurasi sesuai keinginan. Kamu dapat mengubah hal-hal seperti warna, font, ukuran font, tidak termasuk beberapa kesalahan, dan masih banyak lagi.

#10. Better Comments

Better Comments adalah ekstensi yang akan membantu kamu meningkatkan kode dengan komentar melalui peringatan, informasi, todo, pertanyaan dan masih banyak lagi. Ekstensi ini sangat bagus untuk kamu yang sedang bekerja dalam tim, karena kode yang dibuat akan mudah dibaca, sehingga antar anggota tim dapat mengerti satu sama lain dengan mudah dan cepat.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021