Pilih sistem operasi Windows/mac/linux

Halo sob, pada kesempatan kali ini, caraguna akan membahas sedikit ulasan mengenai rekomendasi bagi kalian yang ingin membeli laptop/komputer dengan OS pilihan dimana permasalahan yang sering muncul adalah seperti ini “Pilih mana ya OS yang bagus itu? Windows/MAC/Linux?

Mungkin kebanyakan orang akan mengabaikan jenis OS (Operating System) pada komputer mereka, namun bagi seorang yang memiliki pengalaman di bidang IT, hal ini sangat penting untuk perhatikan karena setiap OS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai apa yang kita butuhkan.

Sebelumnya, OS (Operating system) adalah software/perangkat lunak pada komputer yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar komputer, termasuk menjalankan sodtware aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Sistem operasi sendiri sebenarnya ada banyak, seperti Windows, UNIX, MAC, Linux, iOS, MS-DOS, Android. Namun pada kesempatan kali ini, caraguna hanya akan membahas mengenai tiga sistem operasi saja. Yaitu windows, mac, dan linux.

Windows vs MAC vs Linux

Berikut ini perbedaan dari ketiga sistem operasi (windows, mac, dan linux) yang dilihat berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Windows

Sistem operasi windows

Microsoft Windows merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada sistem operasi komputer besutan dari microsoft.

Microsoft Windows pertama kali dirilis pada tahun 1983 dimana pada saat itu meluncurkan Ms-DOS yang kompatibel dengan PC dan dibuat oleh IBM. Setelah itu microsoft berhasil mengembangkan MS-DOS sehingga meluncurkan Microsoft Windows 1.0 sebagai generasi pertama pada tanggal 20 November 1985.

Hingga saat ini, microsoft telah mencapai generasi yang ke 10, dimana merupakan sistem operasi yang sering dipakai oleh sebagian masyarakat didunia, karena penggunaan yang mudah atau user friendly.

Baca juga :  Page Authority : Pengertian dan Manfaatnya Dalam SEO

Meskipun demikian, microsoft windows memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari Microsoft Windows :

  1. Sistem yang mudah digunakan (user friendly)
  2. Kompatibel dengan aplikasi office (Ms word, excel, popwerpoint, dll)
  3. Support berbagai jenis jaringan komputer
  4. Mendukung banyak partisi
  5. Memiliki fitur troubleshoot, untuk mempermudah mengetahui masalah yang muncul dalam komputer
  6. Mudah dikembangkan

Sedangkan kelemahan dari microsoft windows yaitu :

  1. Mudah terserang virus
  2. Memiliki harga yang cukup tinggi (meskipun masih bisa di crack hehe)
  3. Keamanan rentan di hack
  4. Membutuhkan RAM yang besar
  5. Terlalu banyak path dan sering melakukan update

Bagi kalian masyarakat Indonesia pasti lebih familiar menggunakan windows bukan? Sebelum kalian ingin membeli laptop/komputer baru, setidaknya kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi yang ingin kalian gunakan agar kalian tidak menyesal nantinya 😀

2. MAC

Sistem operasi mac

Mac OS (Macintosh Operating System) merupakan sebuah sistem operasi pada komputer yang dibuat oleh perusahaan Apple Inc yang pertama kali diperkenalkan publik pada Januari 1984 melalui iklan Super Bowl.

Mac OS sebelumnya disebut OS X, versi ini merupakan penerus dari versi sebelumnya seperti Mac OS 8. mac OS 9. Kata X itu sendiri adalah nomor romawi yang berarti 10 (versi ke 10 untuk Mac OS).

Selain itu, Mac OS ini merupakan sebuah sistem operasi exclusif dengan kualitas dan memililiki support yang terjamin serta memiliki desain interface yang tidak perlu diragukan lagi, karena MAC OS selalu memberikan tema yang smoth dan indah.

Sama halnya dengan sistem operasi lainnya, Mac juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari MAC OS yang dapat menjadi pertimbangan anda jika ingin membeli komputer baru.

Baca juga :  Apa Itu Data Analyst? Bedanya dengan Big data dan Data Scientist?

Kelebihan dari Mac OS yaitu :

  1. Memiliki tingkat kestabilan yang tinggi karena menggunakan UNIX
  2. Keamanan yang terjamin
  3. Resiko terserang virus, malware, spyware sangat kecil
  4. Memiliki fitur “sherlock” dimana program ini tidak hanya mencari di internal hardisk saja, tetapi di internet juga sesuai dengan keyword yang diinginkan.
  5. User friendly
  6. Adanya training center yang mempermudah apabila ada kesulitan

Sedangkan kelemahan/kekurangan dari MAC Os ini adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki harga yang lebih mahal dari sistem operasi lainnya
  2. Jenis software tidak sebanyak Ms Windows
  3. Kurang bagus untuk bermain game
  4. Hanya cocok untuk graphic designer
  5. Tidak bisa dirakit sendiri, karena perangkat yang digunakan tidak memberi lisence untuk perusahaan lain

Jika dilihat lebih dalam lagi, mac ini memiliki keunggulan pada bagian keamanan yang terkesan sangat baik. Selain itu untuk masalah brand, MAC masih diposisi pertama dibanding sistem operasi lainnya.

3. Linux

Sistem operasi linux mint

Pernah lihat sistem operasi dengan logo bergambar penguin ‘nyantai’? Yap, itu adalah linux. Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasih open source yang pertama kali diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991.

Linux atau yang lebih dikenal GNU/Linux ubuntu merupakan satu atau dari beberapa macam sistem operasi yang berdasarkan pada sistem GNU dengan kernel Linux.

Meskipun tersedia secara gratis, linux merupakan sistem operasi yang terbilang lengkap, seperti memiliki fungsi untuk melakukan pengembangan software, konektifitas, bisa diaplikasikan untuk video game telepon genggam, dan masih banyak lagi.

Jika kalian ingin menggunakan sistem operasi Linux, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan sistem operasi linux :

  1. Open Source, sistem operasi yang bisa gunakan secara gratis
  2. Aman dari virus
  3. Bisa dijadikan komputer server
  4. Tampilan yang lebih fleksibel, karena kita bisa mengganti sesuai kinginan
  5. Support driver yang lengkap
  6. Lebih ringan, tidak perlu komputer dengan spesifikasi tinggi untuk menginstall OS Linux ini.
Baca juga :  Ini Arti Keylogger (Keystroke Logging)? Perlu Kamu Waspadai

Sedangkan kekurangan dari sisttem operasi linux adalah sebagai berikut :

  1. Kurang familiar bagi pengguna baru, khususnya bagi anda yang sudah terbiasa dengan Windows/MAC
  2. Instalasinya lumayan rumit
  3. Minoritas, karena hanya segelintir orang yang memakainya
  4. Sulit untuk melakukan perbaikan bila terjadi bug/error
  5. Kurang cocok untuk gaming

Kesimpulan

Itulah beberapa perbandingan dari ketiga sistem operasi (Windows/Mac/Linux) yang dapat caraguna sampaikan. Pastinya semua sistem operasi diatas sangat baik bagi komputer anda, jadi pastikan anda membeli komputer yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda jago dalam hal desain maka MAC adalah solusi yang tepat. Namun jika anda menyukai hal-hal yang berbau jaringan, maka sistem operasi linux lah yang paling cocok, sedangkan apabila anda suka bermain game, melakukan pekerjaan kantor, maka windows adalah sistem operasi yang bagus bagi anda.

Itu saja, jika ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 4.9 / 5. Jumlah vote: 7

Masih belum ada yang rate nih!

7 thoughts on “Pilih Mana Windows, MAC, Linux? Gausah Bingung, Yuk Cek Perbedaannya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Sep 25, 2021