Top Level Domain Terbaik

Top Level Domain Terbaik – domain merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah website. Apabila kamu ingin mengunjungi rumah seseorang, tentunya kamu harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Hal tersebut sama halnya dengan domain, yang merupakan alamat dimana orang-orang dapat menemukan website kamu.

Secara umum, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer seperti halnya web server atau mail server, sehingga lebih mudah di ingat dari pada menggunakan IP (Internet Protokol) address.

Lalu, apa itu Top Level Domain? TLD adalah tipe domain yang memiliki level tertinggi dalam struktur DNS (Domain Name System) di internet. Domain TLD biasanya berbayar, sangat populer, dan memiliki nama yang mudah dihafalkan.

Rekomendasi Top Level Domain (TLD) Terbaik Untuk Website Kamu

Daftar Top Level Domain (TLD) resmi dikelola oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA), kamu dapat mengunjungi website resminya di www.iana.org. Berikut ini beberapa rekomendasi Top Level Domain Terbaik versi Caraguna untuk website kamu.

#1. Commerce (.COM)

Domain ekstensi .COM (commerce) merupakan domain yang paling populer diseluruh dunia. Seperti pada gambar diatas, penggunaan domain .COM mencapai lebih dari 50% dari semua domain. Data tersebut di dapatkan dari situs statista.com yang telah melakukan survey pada bulan Oktober 2020 lalu tentang domain TLD terpopuler diseluruh dunia.

Domain .COM dapat kamu gunakan dimanapun tanpa syarat dan ketentuan apapun. Domain ini biasa disebut sebagai domain yang menggambarkan bisnis yang memiliki skala internasional (netral) dan memiliki harga yang relatif terjangkau.

Baca juga :  Mengenal Apa Itu JSON (Javascript Object Notation)

Selain itu, domain .COM lebih ramah SEO, karena tidak seperti domain yang berkode daerah seperti (id, uk, atau in) yang sifatnya lokal dan google menggunakan domain tersebut untuk melakukan geo-target suatu website. Artinya, domain dengan kode daerah hanya akan relevan untuk daerah tertentu saja. Sebaliknya, domain .com lebih universal, sehingga website kamu akan lebih mudah muncul di mesin pencari.

#2. Network (.NET)

Domain .NET diambil dari kata network (jaringan) yang diperkenalkan pada tahun 1985 sebagai jenis TLD. Domain ini bertujuan untuk organisasi yang bergerak dalam teknologi jaringan, email, service provider seperti penyedia jasa internet. Namun pada umumnya, domain Net saat ini sering digunakan untuk bisnis, blogger, dan semacamnya.

Domain ini cukup populer digunakan di Indonesia, meskipun memiliki harga yang lebih mahal dibanding .COM. Beberapa contoh perusahaan internet yang menggunakan domain dengan ekstensi .NET antara lain speedtest.net, wow.net, internetbs.net dan masih banyak lagi.

#3. Organization (.ORG)

Sesuai dengan namanya, domain .ORG digunakan untuk website yang fokus bergerak dibidang organisasi. Baik itu organisasi formal yang sudah memiliki surat keputusan (SK) maupun organisasi non formal seperti komunitas.

Domain .ORG pertama kali di publikasikan pada tahun 1985 yang ditujukan untuk organisasi non profit, namun belakangan ini banyak digunakan oleh sekolah, projek open source, lembaga kebudayaan dan perusahaan komersial.

Domain .ORG merupakan salah satu domain yang paling terpercaya, yang sering digunakan sebagai alternatif dari domain .COM.

#4. Information (.INFO)

Domain .INFO (Informasi) merupakan domain yang dapat kamu gunakan untuk website yang berisi tentang berbagai informasi. Seperti informasi produk, layanan, penelitian, aktivitas, dan lain sebagainya.

Secara global, domain .INFO merupakan pilihan yang tepat buat kamu yang suka membuat website yang isi kontennya ingin kamu bagikan ke semua orang. Seperti berbagi informasi undangan pernikahan, tips atau panduan penggunaan produk, atau info lainnya secara online.

Baca juga :  Contoh Perhitungan Certainty Factor Pada Sistem Pakar

#5. Local Domain (.ID atau .US)

Local domain disebut juga dengan ccTLD (country code top level domain), yaitu domain yang membawa identitas negara, biasanya domain jenis ini berupa kode suatu negara seperti .ID, .EN, maupun .US. Mesin pencari akan mengutamakan melakukan crawling terlebih dahulu terhadap website yang memiliki domain berekstensi lokal.

Selain itu, kamu akan memiliki target pasar yang jelas ketika menggunakan domain berekstensi lokal, karena website kamu akan ditujukan hanya pada daerah tertentu. Domain lokal membuat website kamu memiliki kredibilitas tinggi dan lebih terpercaya, mengingat proses pendaftarannya membutuhkan syarat identitas resmi seperti KTP, atau dokumen penting lainnya.

Untuk domain local di Indonesia yang cukup populer antara lain .co.id, web.id, .ID, .sch.id, dan .ac.id.

#6. Personal Domain (.NAME)

Domain .NAME mirip dengan .MY.ID yang merupakan domain yang seringkali digunakan untuk mewakili profil pribadimu. Kamu dapat menggunakan domain ini untuk menciptakan personal branding saat orang lain mencari namamu di mesin pencari.

Selain itu, kamu juga dapat memasang portofolio maupun CV di website dengan domain berekstensi .NAME, selain memudahkan orang lain untuk mengenali siapa kamu, domain .NAME dapat membuat diri kamu tampak lebih profesional. Sehingga dapat meningkatkan kemungkinan diterima bekerja jika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

#7. Bisnis (.BIZ)

Domain .BIZ telah digunakan oleh lebih dari 200 negara dan wilayah. Domain ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun bisnis dalam dunia internet. Serta memanfaatkan peluang yang lebih besar sebaik mungkin. Domain .BIZ tersedia sejak tahun 2001 yang telah terbukti membantu banyak bisnis hingga sukses dengan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021