Tips memperbaiki headset mati

Halo sobat caraguna, apa kabar? pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai salah satu perangkat elektronik yang hampir dimiliki semua orang di belahan dunia yaitu tentang tips memperbaiki headset mati. Earphone atau yang sering kita sebut dengan headset adalah gabungan dari headphone dan microfon dimana alat ini biasa digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi seperti handphone maupun komputer.

Seperti yang kita ketahui bahwa headset merupakan alat reproduksi suara yang mampu menghasilkan audio lebih jernih. Headset itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa macam yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu headphone, backphone, dan earphone. Untuk mengetahui perbedaannya lebih jelas, anda bisa mengunjungi halaman berikut ini mengenai pengertian headset.

Headset bisa jadi merupakan perangkat sekunder yang harus ada pada sebuah handphone. Sehingga tidak jarang jika perangkat ini selalu digunakan setiap hari. Entah digunakan untuk mendengarkan musik sendiri, telfon, maupun aktivitas dengan tujuan untuk menjaga privasi. Oleh karena itu, agar headset kita tidak cepat mati atau rusak kita wajib mengenali beberapa hal yang dapat menyebabkan headset error serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab headset mati dapat diketahui dari beberapa faktor yang membuat headset kita tidak menyala atau bahkan kenapa bisa hidup sebelah saja. Berikut penyebabnya :

  • Colokan headset yang sudah longgar,
  • Bagian dalam headset terdapat debu,
  • Terkena air,
  • Kabel utama ada yang putus,
  • Terjadi konslet, hal ini bisa terjadi saat hp di charge.

Cara Ampuh Mengatasi Headset Mati atau Rusak

Berikut bebeberapa tips untuk memperbaiki headset mati yang bisa jadi disebabkan karena terkena air, dan sebagainya.

Cek kerusakan kabel apakah putus atau tidak

Kabel earphone
Kabel earphone

Jika headset anda mati secara tiba-tiba tanpa anda sadari, bisa jadi kabel pada headset anda mengalami gangguan atau putus sehingga sumber daya listrik tidak dapat mengalir. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan alat bernama multimeter untuk mengecek apakah kabel headset tersebut putus atau tidak. Multimeter akan berbunyi bip jika tidak ada kerusakan pada kabel.

Mengganti colokan headset dengan yang baru

Colokan Eaarphone

Jika tidak terjadi kerusakan kabel seperti diatas, kemungkinan yang menjadi penyebab error pada headset anda yaitu pada colokannya. Hal ini bisa saja terjadi karena penggunaan yang terlalu berlebihan. Anda hanya perlu mengganti colokannya saja dengan membeli yang baru di berbagai toko elektronik maupun toko online.

Membeli headset yang support dengan hp maupun komputer anda

Tipe Earphone

Permasalahan ini mungkin terlihat sepele, namun tipe headset sangat berperan penting agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Banyak kasus terjadi ketika headset kita tidak bisa digunakan, padahal baru beli. Tetapi setelah dicoba di ponsel orang lain ternyata bisa. Hal ini disebabkan karena hp kita tidak support dengan tipe headset tersebut. Solusinya, sebelum anda membeli headset, saya sarankan untuk mencobanya terlebih dahulu agar tidak kecewa nantinya.

Membersihkan Headset dan hindari dari tempat lembab dan berdebu

Membersihkan Earphone/Headset

Agar headset anda lebih awet dan tahan lama, perhatikan tempat penyimpanan headset anda. jauhkan dari tempat yang berdebu maupun berair. karena hal ini dapat beresiko memperburuk kualitas suara dari headset anda. Sehingga tidak memungkinkan terjadinya mati sebelah karena jamuran atau berkarat didalam headset tersebut.

Baca juga :  Apa Itu AMP? Pengertian Google AMP (Accelerated Mobile Pages)

Itulah beberapa tips memperbaiki headset rusak atau mati. Semoga apa yang mimin sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang mengalami kerusakan pada headset. Dari pada membeli yang baru yakan, mending kita betulkan. Jika ada pertanyaan atau ada yang ingin disampaikan silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 3 / 5. Jumlah vote: 2

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020