Flashdisk

Tips memilih flashdisk yang baik – Flashdisk adalah sebuah alat/media penyimpanan data eksternal yang dihubungkan dengan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk ini menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan.

Bagi seorang pelajar maupun teknisi komputer, flashdisk ini sangat penting untuk melakukan perpindahan data. Apalagi saat sedang fotokopi laporan atau proposal, pasti kita membutuhkan flasdisk ini. Dengan flashdisk kita dapat membawa berbagai dokumen secara mudah tanpa harus membuka laptop atau komputer.

Jika kalian ingin data/dokumen dapat tersimpan dengan aman, maka kalian harus memiliki flashdisk yang baik dan berkualitas. Bagaimana ya caranya agar dapat membeli flashdisk yang bagus?

Mungkin salah satu dari kalian pernah membeli flashdisk baru, namun setelah dicoba malah error atau rusak sehingga flashdisk tersebut tidak bisa digunakan untuk menyimpan file. Menyebalkan bukan? Hal ini bisa saja terjadi karena anda tidak memperhatikan beberapa bagian penting dalam memilih flashdisk.

Berikut ini Caraguna akan membagikan cara memilih flashdisk yang baik dan berkualitas agar anda tidak kecewa saat membeli flashdisk baru. Tentunya lebih awet dan tahan lama.

Tips memilih flashdisk yang bagus dan berkualitas

Berikut ini beberapa ulasan mengenai tips memilih flashdisk yang bagus. Dimana dilihat berdasarkan faktor penting dalam rangkaian maupun fungsi flashdisk tersebut.

Baca juga :  Definisi Jaringan Komputer, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap

1. Merek Flashdisk

Perkembangan teknologi flashdisk pada masa sekarang ini sudah sangat pesat. Banyak perusahaan yang mengelola dan memproduksi flashdisk yang berkualitas. Saya sangat merekomendasikan anda untuk memilih flashdisk yang memiliki brand/merek ternama. Karena biasanya memiliki kualitas yang lebih meyakinkan dan berkualitas tinggi, seperti Kingston, Hp, Sandisk, Toshiba, Vgen, HP, Adata, dan Transcend.

Selain itu, anda bisa melihat spesifikasi flashdisk lebih lengkap secara langsung melalui website resmi perusahaan flashdisk tersebut. Bagaimana pun juga anda harus berhati-hati, karena banyak pemalsuan merek flashdisk.

Berdasarkan info dari yatekno.com, berikut ini adalah beberapa merek flashdisk top terbaik tahun 2019 yang dapat anda pilih :

  • V-gens titans
  • Kingston data traveler SE9
  • Toshiba TransMemory U364
  • Sandisk Extreme Pro

2. Harga dan Kapasitas penyimpanan flashdisk (storage)

Harga dan kapasitas penyimpanan dalam flashdisk selalu berbanding lurus. Artinya, semakin mahal harga sebuah flashdisk, maka semakin besar pula kapasitas storage-nya.

Saat ini harga merupakan salah satu persoalan yang vital karena tingkat ekonomi setiap orang berbeda. Banyak diantara kita biasanya tergiur dengan harga yang relatif murah namun dengan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang besar. Padahal dari hal tersebut dapat menjadi salah satu kelemahan kita dalam membeli flashdisk.

Usahakan hindari membeli flashdisk dengan harga yang murah dengan kapsitas penyimpanan yang besar. Karena, hal tersebut belum berarti flashdisk akan bertahan lama. Kasus inilah yang biasanya sering terjadi.

3. Keaslian flashdisk

Pastikan flashdisk yang ingin anda beli adalah produk flashdisk asli sesuai dengan merek produksi. Tentunya membedakannya cukup mudah, yaitu dengan mencocokkan spesifikasi flashdisk tersebut dengan situs resmi. Flashdisk KW biasanya dapat kita ketahui dari harganya yang lebih murah dibanding aslinya.

Baca juga :  Pengertian UseCase Diagram (UML), Komponen dan Simbolnya

4. Kondisi fisik flashdisk (casing)

Bentuk flashdisk sekarang ini sudah beragam, bahkan ada flashdisk yang bisa dicustom sendiri. Carilah flashdisk dengan kualitas bahan serta bentuk yang kokoh. Karena mencegah terjadinya benturan, gesekan, bahkan terjatuh dan sebagainya yang dapat merusak kondisi fisik flashdisk.

Casing flashdisk memiliki peran besar dalam melindungi setiap part di dalamnya. Jadi jika anda ingin flashdisk lebih tahan lama, jangan tergiur kondisi flashdisk yang aneh, bahkan tidak aman saat dibawa kemana-mana.

5. Keamanan

Keamanan yang dimaksud dalam poin ini yaitu tingkat ketahanan flashdisk dalam menghadapi berbagai serangan virus, malware, maupun file dengan ekstensi yang berbahaya lainya. Saat ini, sudah banyak flashdisk yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti Security Hardware Encryption atau USB Security Flashdisk Ironkey.

6. Kecepatan transfer flashdisk

Setiap flashdisk pasti memiliki kecepatan data transfer yang berbeda-beda. Semakin tinggi nilai transfer data semakin cepat pula proses perpindahan data yang dilakukan. Pasti kalian tidak ingin menunggu terlalu lama bukan saat mengirim file ke komputer lain? apalagi file dengan ukuran besar.

7. Kemampuan membaca dan menyimpan data

Kemampuan membaca dan menyimpan data setiap flashdisk berbeda-beda biasanya tergantung pada mereknya. Namun pada umumnya kemampuan membaca pada fashdisk lebih besar dari pada menyimpan data. Hindari penggunaan flashdisk menggunakan kabel, karena dapat memperlambat kecepatan dari flashdisk tersebut. Untuk mengetahui kecepatan membaca dan menyimpan data, anda bisa cek di situs resminya atau pada situs usbflashspeed.

8. Lokasi toko penjualan flashdisk

Lokasi toko penjualan flashdisk ini perlu anda perhatikan karena berpegaruh terhadap keaslian flashdisk yang ingin anda beli. Saran saya, belilah flashdisk pada gerai/toko terpercaya atau memiliki sertifikat penjualan elektronik secara resmi.

Baca juga :  Inilah 10 Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak masalah harga agak lebih mahal namun pemakaian flashdisk lebih tahan lama dibanding membeli dengan harga murah tapi lebih cepat bermasalah atau rusak karena kualitasnya tidak terjamin atau palsu.

Nah, setelah membaca artikel diatas, anda pasti sudah tidak kebingungan bukan jika ingin memilih flashdisk yang baik dan berkualitas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang mau membeli flashdisk baru, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Dec 5, 2020