Top 10 SEO Tools

SEO Tools Gratis dan Terbaik – apabila kamu ingin menganalisis dan mengoptimasi website yang kamu miliki, maka kamu harus mengenal Search Engine Optimization (SEO). SEO itu sendiri adalah sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian.

Dengan menggunakan teknik SEO, website kamu dapat muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu. Terdapat beberapa strategi untuk melakukan optimasi website dengan SEO. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini, caraguna akan memberikan beberapa rekomendasi software/alat SEO (SEO tools) gratis dan terbaik yang dapat kamu gunakan.

10 Rekomendasi SEO Tools Gratis dan Terbaik

Berikut 10 rekomendasi SEO gratis dan terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimasi website, sehingga website kamu dapat muncul di halaman pertama di mesin pencari serta meningkatkan traffic kunjungan.

#1. Google Search Console

Google search console

Google Search Console (GSC) adalah tool webmaster yang disediakan oleh google secara gratis untuk membantu website kamu mengidentifikasi performa dan melakukan optimasi website. GSC berperan sebagai alat monitor website yang berfungsi untuk mengetahui performa sebuah website.

Kamu dapat mengetahui traffic, reffering, domain, keyword populer, broken link, page rank matriks, impression, CTR, kinerja website di perangkat mobile, eksternal maupun internal link. Bahkan, GSC juga akan memberi tahu kamu ketika terjadi permasalahan pada website.

Selain itu, Google search console memungkinkan kamu untuk melakukan inspeksi URL yang artinya mengenalkan alamat url ke mesin pencari agar cepat terindex.

#2. Google Keyword Planner

google keyword planner

Google keyword planner (GKP) adalah tool untuk riset kata kunci tergabung dalam bagian layanan Google Ads. GKP dapat kamu gunakan secara gratis untuk optimasi website.

Kamu dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui keyword atau kata kunci yang pas untuk website kamu. Serta menargetkan kata kunci mana yang memiliki bobot iklan dengan harga tertinggi, sehingga kamu bisa mendapatkan cuan lebih besar (jika website kamu terhubung dengan ads/iklan).

Baca juga :  Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Disqus Ketimbang Default Komentar Wordpress!

Bahkan, Google keyword planner memberikan informasi lengkap untuk kebutuhan optimasi SEO pada website kamu. Seperti, volume dan forecast kata kunci, total clicks, impressions, cost, CTR, average cpc, average position, dan masih banyak lagi.

#3. Keywordtools.io

keywordtoolsio

Keywordtools.io merupakan salah satu tools gratis yang dapat kamu gunakan untuk research keyword, meskipun terdapat versi premium yang memiliki fitur tambahan. Secara umum, tool ini memberikan berbagai data statistik terkait kata kunci serta saran kata kunci long tail untuk setiap kata kunci yang dimasukkan dalam mesih pencari.

Banyak yang mengatakan bahwa tool ini lebih unggul dibanding tool lainnya, karena memberikan saran kata kunci yang lebih banyak yaitu hingga 750 keyword. Bahkan, tersedia berbagai keyword untuk masing-masing bahasa.

Kamu dapat menemukan kata kunci khusus untuk mesin pencari tertentu. Tool ini memahami bahwa ada beberapa search engine yang dipakai selain google. Sehingga, ketika kamu memasukkan kata kunci, kamu dapat memilih mesin pencarian mana yang sedang menjadi target untuk kata kunci website kamu.

#4. SEMrush

Semrush

SEMrush pertama kali didirikan oleh Shchegolev dan Dmitry Melnikov pada 2008. SEMrush adalah SEO tools yang biasa digunakan untuk melakukan keyword research serta menjalankan audit SEO website, mencari peluang backlink, dan sebagainya.

SEMrush hingga saat ini memiliki database yang mencakup lebih dari 46 juta domain dan 120 juta kata kunci. Kamu juga dapat menggunakan SEMrush untuk menghitung Pay per Click (PPC), analisis campaign media sosial, hingga konten marketing campaign.

Dengan SEMrush, kamu mampu mendapatkan informasi strategi dari kompetitor, sehinga kamu dapat menentukan strategi yang pas untuk website kamu. SEMrush juga dapat kamu gunakan untuk menganalisa webste kamu, apakah memiliki kinerja yang baik atau sebaliknya.

Baca juga :  Kenali Perbedaan Native, Hybrid, dan Web Berikut

#5. Moz Pro Tools

Moz Pro ranking

Moz Pro Tools dalah SEO tools yang efektif dan dirancang untuk meningkatkan traffic website kamu di mesin pencari. Fitur utama yang terdapat pada tools ini seperti link explorer, keyword explorer, dan rank tracker.

Moz Pro Tools memiliki matriks domain authority yaitu Moz’s Domain Authority. Metrik ini berfungsi untuk mengumpulkan dan mengukur dari data website dari skornya dan dapat kamu gunakan untuk membandingkan peluang peringkat website kamu di SERP dengan kompetitor.

Selain itu, kamu juga dapat melihat hasil pencarian regional, sehingga kamu dapat mencari data dari berbagai daerah dengan menggunakan fitur Moz Bar.

#6. Ubersuggest Neil Patel

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan mesin pencari keyword yang diciptakan oleh salah satu tokoh terkenal dalam dunia digital marketing, yaitu Neil Patel. Neil ingin membantu banyak orang dalam melakukan strategi SEO, namun masih bingung untuk mencari tool terbaik dalam mencari keyword.

Dengan Ubersuggest, kamu dapat melihat statistik domain sebuah website serta menganalisa kinerja dari website tersebut. Yang paling menarik dari tools ini yaitu, kamu akan mendapatkan berbagai suggested keyword berkualitas yang sesuai dengan keyword yang kamu masukkan sebelumnya.

Ubersuggest mampu memberikan data lengkap tentang backlink yang disertai dengan keyword yang terkait. Kamu dapat menggunakan tools ini secara gratis, jadi tunggu apa lagi, silahkan dicoba.

#7. Ahrefs

Ahrefs

Ahref merupakan tools digital marketing analysis yang biasa digunakan untuk mengetahui laporan mengenai audit, backlink analysis, URL Ranking, analisis kompetitor dan lain-lain.

Ahrefs dapat kamu gunakan secara gratis dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding tools lain. Ahrefs juga menyediakan versi berbayar, yaitu mulai dari harga 7$ selama seminggu.

Tools ini akan membantu kamu melakukan audit untuk mengetahui kesehatan dari website kamu. Serta melaporkan apabila terdapat permasalahan (issue). Bahkan, jumlah pages yang akan di crawl sejumlah lebih dari 5000 pages per project perbulannya.

Dengan upgrade ke bersi berbayar, kamu akan mendapatkan fitur unggulan seperti mendapatkan keyword ranking top 20, additional budget limit crawl, Javascript rendering, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  10 Software Screen Recorder Terbaik dan Populer 2021

#8. KWFinder

KWFinder

KWFinder merupakan tools SEO yang memiliki tampilan yang lebih luwes dan banyak memberikan informasi yang akan memudahkan pengguna. KWFinder memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya populer hingga saat ini.

Kamu dapat mengetahui peringkat website, analisis backlink, dan mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci baru untuk membantu kamu menemukan ide konten untuk meningkatkan kualitas situs web.

KWFinder akan membantu kamu menemukan kata kunci turunan dari kata kunci utama yang memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah.

#9. Google Trends

Google Trends

Google trends pertama kali dirilis pada tahun 2006. Google trends termasuk layanan google yang cukup lengkap karena mempunyai banyak fungsi dan fitur yang menarik. Kamu dapat mengetahui topik yang populer diperbincangkan saati ini, menemukan keyword yang sering dipakai, serta membandingkan performa antar keyword.

Google trends memiliki desain tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Kamu dapat menggunakan salah satu layanan google ini secara gratis, kamu dapat mengetahui trends terbaru yang berisi tentang informasi apa saja yang orang cari di mesin pencari Google Search.

#10. Seobility

Seobility

Seobility adalah SEO tools gratis yang dapat kamu gunakan untuk membantu menangani berbagai permasalahan yang muncul pada website yang menghambat meraih peringkat tinggi di mesin pencari.

Seobility memiliki fitur Keyword checker yang berguna untuk mengidentifikasi performa website atau konten kamu pada website tertentu. Selain itu, terdapat juga fitur Ranking checker untuk mengecek peringkat website kamu di mesin pencari.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021