bisnis startup

Caraguna.com – Dewasa ini perkembangan dunia teknologi sudah sangat canggih, salah satunya teknologi dibidang sistem informasi. Banyak startup di Indonesia yang sukses dengan investasi mencapai trilyunan rupiah. Keren bukan? lalu apa ya rahasia dibalik startup unicorn sukses di Indonesia?

Startup itu sendiri adalah perusahaan yang baru saja didirikan (rintisan) dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Sedangkan Unicorn berarti perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar 13,5 triliun rupiah.

Sampai saat ini terdapat 4 startup unicorn yang tercatat di Indonesia, yaitu Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. Bahkan pada tahun 2019 ini setidaknya ada 5 startup baru yang digadang-gadang bakal jadi unicorn Indonesia selanjutnya. Yaitu OVO, TaniHub, Ruang guru, Ralali, dan Modalku.

Lantas, apa ya rahasia sukses dari startup Indonesia ini? Simak terus artikel dibawah ini.

Rahasia Sukses Startup Unicorn Indonesia

Unicorn Indonesia

1. Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang marketplace yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko secara online. Tokopedia resmi pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2007 dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Tokopedia ini merupakan salah satu startup perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Dikutip dari Crunchbase, Tokopedia sudah mengumpulkan dana lebih dari US$ 2,4 Miliar dalam sembilan putaran sejak 2009. Berbagai investor yang tercatat dalam tokopedia ini antara lain Alibaba groub dari China, Softbank Groub dari Jepang, dan Sequoia Capital dari India.

CEO Tokopedia William, selalu meningkatkan kualitas SDM dari karyawannya dengan cara yang sangat baik dan mampu memanajemen karyawannya di tengah iklim kompetisi dunia startup dengan menggunakan nilai 3 DNA, yaitu growth mindset, focus on consumer, make it happen & make it better. Selain itu William juga selalu berbagi ketulusan dan kerendahan hati untuk karyawannya.

dilansir dari wartaekonomi.co.id, Tokopedia memiliki rahasia jitu yang bisa membuat mereka sukses sampai saat ini, antara lain :

  1. Pertahankan Inovasi
    Salah satu kunci kesuksesan dari tokopedia adalah selalu berinovasi dalam melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan agar terciptanya kepuasan pelanggan. Tokopedia percaya bahwa dengan berinovasi mampu memantapkan langkah dalam mencapai target yang sesuai.
  2. Jangan Berhenti Belajar
    Meskipun tokopedia sudah memiliki omset yang luar biasa, namun William mengaku tidak pernah berhenti belajar untuk terus melakukan inovasi agar menjadikan tokopedia lebih unggul dari marketplace lainnya.
  3. Mendukung Bisnis Kecil
    Membuka bisnis marketplace, tentunya membutuhkan pihak lain untuk membantu dalam menjalankan proses transaksi jual beli. Toko pedia selalu membuka kesempatan bagi semua pebisnis untuk membuka toko secara gratis bahkan bisnis toko dengan skala kecil sekalipun.
Baca juga :  Apa Itu Software House? Apa Saja Strukturnya?

2. Gojek

Pada awalnya, Gojek adalah layanan pemesanan ojek secara online melalui aplikasi Gojek. Namun sekarang ini Gojek sudah meliputi banyak pemesanan online yang beragam seperti pemesanan mengantar makanan (gofood), pijat (gomessage), dan masih banyak lagi.

Gojek pertama kali diciptakan oleh Nadiem Makarim selaku Founder sekaligus CEO dimana memulai ide kreatif ini untuk mengatasi kemacetan dikota Jakarta dengan memanfaatkan transportasi ojek sebagai medianya. Nadiem mendirikan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sejak tahun 2010 lalu di Jakarta.

Banyak investor yang mendukung jalannya perusahaan gojek ini, seperti Tencent Holdings, JD.com, New World Strategic Invesment dari China, Google dari AS, dan masih banyak lagi dimana Gojek mendapatkan pendanaan sebesar 3,3 miliar dollar AS dengan total 7 kali putaran pendanaan sejak 31 Desember 2014.

Menurut Nadiem, pertumbuhan gojek bisa sangat pesat karena mampu menganalisa pemahaman secara mendalam terhadap kebutuhan pasar dan karakter konsumen di Indonesia.

“Aplikasi gojek sangat berguna dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia”.

Ucap Nadiem melalui rilis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia. (ekbis.harianjogja.com, 2019)

Gojek selalu melakukan inovasi dengan cara mempelajari secara betul kebutuhan dari konsumen dalam kehidupan sehari-hari (SuperApp). Selain itu, Nadiem juga jeli dalam mencari permasalahan utama yang sering muncul dalam masyarakat Indonesia. Seperti kemacetan, keinginan untuk membeli sesuatu namun malas keluar rumah, dan lain sebagainya.

3. Traveloka

Startup Unicorn selanjutnya adalah Traveloka. Traveloka itu sendiri adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik Indonesia. Traveloka pertama kali didirikan oleh Ferry unardi, Derianto Kusuma, dan Albert zhang pada tahun 2012 lalu. Pada awalnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Namun hingga saat ini traveloka mampu menggaet pemesanan hotel, kereta api, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Mau Jadi Desainer Grafis? Kenali Prospek Kerjanya Berikut ini

Investor yang ikut membangun pertumbuhan dari traveloka antara lain Expedia, GFC dan Sequoia Capital dari AS, Hillhouse Capital dan JD.com dari china. Traveloka tercatat telah mengumpulkan dana sekitar 500 juta dollar AS dari empat kali putaran pendanaan sejak 12 November 2012.

Traveloka berawal dari kisah seorang Ferry Unardi yang merasa kesulitan saat mencari tiket pesawat dari Amerika-Indonesia. Akhirnya Ferry memutuskan untuk mendirikan perusahaan rintisan yang berhubungan dengan pemesanan tiket dimana merupakan startup yang masih booming pada saat itu.

Banyak hal yang harus dipelajari oleh Ferry saat mengawali Traveloka. Tantangan terberatnya adalah bagaimana cara mengelola tim yang awalnya berjumlah 8 orang menjadi belasan, puluhan bahkan ratusan orang. Banyak hal yang harus dilakukan sebagai perusahaan baru, termasuk membentuk budaya perusahaan dan membangun manajemen yang solid.

Salah satu hal yang menjadi kunci keberhasilan dari traveloka ini yaitu terus berusaha dan pantang menyerah sekalipun. Perjuangan Ferry tidak semudah yang kalian bayangkan, pada saat itu banyak maskapai penerbangan yang tidak bersedia untuk bekerja sama dengan traveloka. Namun Ferry tak pantang menyerah, beliau terus berusaha meyakinkan para perusahaan maskapai penerbangan untuk dapat bekerja sama dengannya.

4. Bukalapak

Bukalapak merupakan salahsatu pusat perbelanjaan/marketplace online di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT Bukalapak. Bukalapak pertama kali didirikan oleh Achmad Zacky dan kedua orang temannya Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid pada 10 Januari 2014. Pada dasarnya, bukalapak sama dengan tokopedia, dimana membuka kesempatan lapak untuk para pebisnis yang ingin membuka toko nya secara online.

Unicorn satu ini tidak terlalu memperhatikan seal pendanaan pada tahun 2018. Bahkan terakhir kali mendapat putaran seri C pada 17 November 2018. Investor dari bukalapak itu sendiri antara lain Ant Financial dari China, Mira Asset dan Naver Asia dari korea selatan, GIC dari Singapura, dan Emtek grub dari Indonesia.

Baca juga :  Top Level Domain Terbaik 2021 Untuk Websitemu

CEO dari buka lapak Achmad Zacky membeberkan beberapa rahasia yang menjadikan bukalapak menjadi salah satu marketplace terkemuka di Indonesia, antara lain :

A. Berani gagal

Zaky menjelaskan bahwa setiap inign memulau suatu bisnis maupun usaha kita harus berani gagal dan bangkit. Karena semua perjuangan pasti mengalami keberhasilan dan kegagalan. Layaknya sebuah roda, kita pasti akan mengalami keadaan dibawah dan kadang diatas.

“Berani gagal, terus belajar, belajar tidak harus dikelas, gagal itu merasuk ke kepala dan itu membuat kita harus belajar.”

Achmad Zaky.

B. Fokus Kepada Tujuan

Agar bisnis kita bisa sukses, maka kita harus memiliki tujuan yang jelas dan tentunya fokus pada tujuan tersebut.

“Punya tujuan dan jangan mikir duit, fokus ke tujuan aja kalau tujuan hidup kita bagus Insya Allah semua bagus, semangat kita juga kejaga”.

Achmad Zacky

C. Kerja keras

Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, kita harus bekerja keras dalam melakukan segala hal termasuk membuka usaha/bisnis. Bukalapak selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan kerja keras. Selain itu peluang untuk menjadi pemuda sukses di eradigital dan teknologi ini semakin besar.

Kesimpulan

Itulah beberapa startup unicorn sukses di Indonesia. Pepatah mengatakan hasil pasti tidak akan menghianati proses. Jika kalian ingin membuka sebuah bisnis, maka kalian harus bersungguh-sungguh agar tujuan dapat tercapai. Selain itu kalian harus memiliki prinsip yang kuat untuk berani gagal dan pantang menyerah apabila kalian dihadang oleh halangan dan rintangan. Itu saja, Semoga apa yang Caraguna sampaikan dapat membantu dan bermanfaat!

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 1 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “Rahasia 4 Startup Unicorn Sukses di Indonesia!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Jan 22, 2022