Recursive vs iteratif

Perbedaan Perulangan Rekursif dan Iteratif – di kesempatan kali ini, caraguna.com akan mengulas sedikit tentang apa itu perbedaan antara perulangan rekursif dan iteratif. Pembahasan ini sering diajarkan di awal perkuliahan bidang ilmu teknologi komputer. Kedua perulangan ini wajib anda pelajari untuk memperdalam pemahaman anda dalam mempelajari logika perulangan dalam bahasa pemrograman.

1. Rekursif

Pengertian rekursif

Rekursif (Recursive) adalah sebuah proses atau prosedur dari fungsi yang berupa perulangan yang dilakukan dengan memanggil dirinya sendiri secara berulang-ulang. Oleh karena itu, maka harus ada kondisi untuk membatasi perulangan tersebut. Jika tidak, maka proses tidak akan berhenti (infinity loop) sampai memori yang digunakan untuk menampung proses tersebut tidak dapat menampung lagi.

Rekursif merupaakn teknik pemrograman yang penting dan beberapa bahasa pemrograman mendukung keberadaan proses rekursif ini. Dalam prosedur dan fungsi, pemanggilan ke dirinya sendiri bisa berarti proses berulang yang tidak bisa diketahui kapan akan berakhir. Kelebihan dari perulangan rekursif yaitu sangat mudah untuk melakukan perulangan dengan batasan yang luas dalam artian melakukan perulangan dalam skala besar. Bahkan dapat melakukan perulangan dengan batasan fungsi.

Contoh rekursif dalam java

berikut ini adalah contoh sederhana dari penggunaan perulangan rekursif dalam bahasa pemrograman java. Contoh kode program dibawah ini tentang membalikkan huruf didalam kata (Reverse).

package main;

public class Reverse {
    public static void main(String[] args) {
        String text = "Hello world";

        // Reverse using recursive
        System.out.println(recursive(text));
    }

    private static String recursive(String text){
        if (text.isEmpty()){
            return text;
        }
        return recursive(text.substring(1)) + text.charAt(0);
    }
}

Output :

dlrow olleH

2. Iteratif

Pengertian iteratif

Iteratif merupakan perulangan yang melakukan proses perulangan yang melakukan proses perulangan terhadap sekelompok intruksi. Perulangan dilakukan dalam batasan syarat tertentu. Ketika syarat tersebut tidak terpenuhi maka perulangan akan terhenti.

Baca juga :  Pengertian dan Jenis-jenis Flowchart Beserta Simbolnya, Ternyata Berbeda!

Kelebihan dari penggunaan perulangan iteratif antara lain, anda dapat dengan mudah memahami dan debuging ketika ada perulangan yang salah, anda dapat melakukan nested loop atau perulangan bersarang, memiliki proses yang lebih singkat dan jarang terjadi overflow karena batasan dan syarat perulangan yang jelas.

Contoh perulangan iteratif

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan perulangan iteratif dalam bahasa pemrograman java. Sama seperti contoh sebelumnya, Contoh kode program dibawah ini tentang membalikkan huruf didalam kata (Reverse).

package main;

public class Reverse {
    public static void main(String[] args) {

        // Reverse using iterative / non recursive
        String text = "Hello world", temp = "";
        for (int i=text.length()-1; i>=0;i--){
            char c = text.charAt(i);
            temp += String.valueOf(c);
        }
        System.out.println(temp);
    }
}

Output :

dlrow olleH

Pentutup

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan dari perulangan iteratif dan rekursif dalam bahasa pemrograman. Anda dapat menggunakan keduanya sesuai kebutuhan performa dari aplikasi yang akan anda buat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 2

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021