Zoom VS Google Meet

Zoom vs Google Meet – di beberapa tahun terakhir ini rasanya kita sudah akrab dengan platform media video konferensi online. Apalagi kebutuhan untuk komunikasi tatap muka saat ini sangat tinggi mengingat kita sedang diserang virus yang tidak terduga sebelumnya.

Karena terganggunya kegiatan yang berhubungan dengan pertemuan secara langsung dalam suatu forum, maka banyak orang memanfaatkan software video konferensi secara online seperti Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Teams Microsoft dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini, caraguna akan mengulas sedikit tentang perbandingan dari zoom dan google meet. Saya yakin kamu pernah menggunakan salah satu maupun keduanya. Disini kamu akan mengetahui apasaja kelebihan dan kekurangan keduanya, sehingga kamu nantinya dapat memaksimalkan aktivitas konferensi online sesuai kebutuhan.

Zoom Video Conference

Zoom Conference Software

Platform pertama yang akan kita bahas yaitu zoom. Dilansir dari situs resminya zoom.us, zoom adalah aplikasi komunikasi berupa video yang berbasis cloud (online) yang dapat kamu gunakan untuk melakukan aktivitas konferensi, webinar, live chat, berbagi layar, maupun kolaborasi tim.

Zoom sudah mulai booming sejak awal tahun 2020 lalu. Banyak orang menggunakan zoom karena kemudahan aksesnya. Zoom dapat digunakan di berbagai sistem operasi mulai dari android, iOS, windows, Mac, dan Linux. Secara umum tampilan yang disuguhkan oleh zoom cukup rapi, sehingga memudahkan pengguna meskipun baru pertama kali menggunakan.

Baca juga :  Iklan CPC? Lihat Pengertian Cost Per Click, Apa Bedanya Dengan PPC?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi zoom yang dapat kamu gunakan.

#1. Kapasitas ruang yang besar

Setiap teknologi yang dibuat pasti memiliki tujuan untuk memudahkan penggunanya. Zoom selalu mencoba memberikan layanan terbaik yang berhubungan dengan komunikasi antar orang lain. Selain itu, zoom memberikan solusi bagi tiap permasalahan yang muncul seperti akses ruang konferensi banyak orang.

Saat ini, kapasitas ruang yang diberikan oleh Zoom cukup besar. Bahkan, zoom memberikan 1.000 akses bagi anggota dalam satu forum diskusi, serta 10.000 anggota dalam satu forum siaran langsung. Tentunya hal ini cukup memudahkan bagi pengguna khususnya dalam sektor pendidikan dalam melaksanakan aktivitas belajar-mengajar jarak jauh.

#2. Transkrip otomatis untuk panggilan yang direkam

Zoom memiliki fitur transkrip secara otomatis. Setiap pelanggan zoom business atau enterprise, akan mendapatkan transkrip untuk setiap rekaman rapat yang tersimpan di-cloud. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang ingin memiliki catatan tertulis mengenai semua poin yang dibahas saat rapat, tanpa perlu menulis maupun mengetik catatan secara manual saat rapat berlangsung.

#3. Dapat merubah gambar latar belakang secara dinamis

Salah satu fitur menarik yang sering digunakan oleh banyak orang adalah zoom mampu merubah latar belakang video kamu dengan gambar sesuai keinginan. Fitur ini mungkin tidak mengubah fungsi apapun dalam panggilan, namun sangat membantu terutama bagi kamu yang punya kamar atau ruangan berantakan, namun ingin terlihat rapi.

#4. Integrasi email yang lebih baik

Saat kamu tidak berada pada panggilan video untuk rapat atau semacamnya, besar kemungkinan kamu sedang mengerjakan pekerjaan lain via email. Dalam hal ini, zoom akan membantu kamu melalui fitur integrasi email.

Baca juga :  Apa Itu Software Engineer? Kenali Prospek Kerjanya Berikut

Apapun level keanggotaan zoom yang kamu miliki, semua level memiliki integrasi penuh untuk Gmail, Outook, Microsoft 365 dan lain-lain. Google meet baru-baru ini memang menyematkan dukungan integrasi serupa untuk gmail. Namun hal ini adalah sesuatu yang telah lama zoom tawarkan.

#5. Kualitas video dan suara yang baik

Zoom mampu menghadirkan kualitas suara yang jelas dan kualitas video yang jernih dimana sudah tersedia resolusi high definition (HD), sehingga akan memudahkan kamu saat melakukan aktivitas komunikasi secara virtual. Bahkan, zoom mampu menampilkan 49 video dalam satu layar sekalipun.

Google Meet Conference

Google Meet

Google Meet adalah salah satu produk Google yang merupakan layanan komunikasi video dan merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Google Meet memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lainnya dalam suatu pertemuan. Aplikasi ini dapat menjadi media alternatif untuk bersosialisasi dengan rekan kantor atau bahkan melakukan rapat kerja.

Google meet sudah terintegrasi dengan G-Suite, sehingga kamu dapat bergabung langsung dari kalender atau undangan yang dikirim via email. Kamu dapat melakukan panggilan audio dan video dua arah dan multi arah dengan resolusi hingga 720p.

Berbagai layanan dan fitur baru membuat google meet semakin banyak membantu penggunanyaa baik perorangan maupun perusahaan. Berikut ini beberapa keunggulan yng dimiliki oleh google meet sehingga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan.

#1. Kapasitas peserta dan penonoton live

Kapasitas memang menjadi poin penting bagi perusahaan atau komunitas yang memilih layanan konferensi video online. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan google dalam menyempurnakan layanannnya. Yaitu, memperbanyak perserta yang dapat ditampung dalam satu pertemuan.

Baca juga :  Rekomendasi Software Converter Media (Audio, Video, Image) Terbaik 2021

Salahsatu kelebihan google meet sendiri adalah mampu menampung maksimal 250 orang dalam satu rapat online dan membagikannya secara streaming kepada 100 ribu orang.

#2. Software yang mudah digunakan

Kamu dapat menggunakan google meet dengan berbagai sistem operasi, mulai dari android, windows maupun iOS. Selain itu, Google meet memiliki kemampuan teritegrasi antara layanan web dengan aplikasi yang digunakan melalui smartphone.

#3. Penggunaan nomor dial-in

Penggunaan nomor dial-in ketika melakukan rapat online menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki layanan dari google. Terdapat dua jenis pengamanan untuk penggunaan nomor dal-in, yaitu pengamanan standar pada versi gratis dan perlindungn sandi pengguna pada versi G Suite Enterprise.

#4. Integrasi Google Calendar dan AI

Google meet terintegrasi dengan Google Calendar akan memudahkan kamu saat melakukan rapat online. Karena dengan layanan tersebut, kamu dapat melakukan panggilan rapat dengan satu kali klik sesuai jadwal yan gsudah ditetapkan.

Bahkan, Sistem ini juga terintegrasi dengan kecanggihan artificial intelligence yang membuat google meet mampu menghasilkan teks tertutup yang dapat dimanfaatkan saat rapat berlangsung.

#5. Berbagi layar untuk rapat

Penggunaan layanan pertemuan virtual tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, salah satu kebutuhan tersebut adalah sistem dapat menyajikan berbagai hal melalui layar pertemuan. Penggunaan layar dapat disesuaikan untuk kebutuhan presentasi berbagai dokumen ataupun spreadsheet.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021