Keyboard komputer
Mengetik keyboard

Penyebab Keyboard Laptop Rusak – Laptop/komputer memang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Bagi seorang guru, pegawai kantor, maupun pelajar, laptop merupakan barang elektronik yang wajib dimiliki untuk mempermudah aktivitas atau pekerjaan yang mereka lakukan.

Keyboard merupakan salah satu komponen yang terdapat pada komputer yang berfungsi sebagai media input/masukkan untuk diproses didalam processor sehingga menghasilkan suatu keluaran/output.

Keyboard merupakan salah satu hardware yang sangat penting. Namun, karena sering digunakannya, keyboard menjadi rentan error atau rusak. Mungkin anda akan merasa kesal apabila keyboard tiba-tiba tidak berfungsi disaat sedang butuh-butuhnya atau saat dikejar deadline tanpa mengetahui penyebab errornya tersebut.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi atau rusak. Ketika keyboard laptop anda macet atau tidak berfungsi, anda perlu mengetahui penyebab rusaknya terlebih dahulu sebelum memeriksa ke kang servis. Nah, pada kesempatan kali ini Caraguna akan mengulas sedikit mengenai penyebab keyboard laptop cepat rusak yang perlu anda waspadai.

Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak Yang Perlu Anda Waspadai

Keyboard tidak berfungsi

Pasti anda pernah merasakan keyboard macet tiba-tiba saat sedang asik-asiknya mengoperasikan laptop/komputer, hal menyebalkan ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor atau penyebab dari macetnya keyboard yang tidak anda ketahui.

Keyboard memang memiliki banyak sekali bentuk dan merek. Namun rata-rata, semua memiliki kerusakan maupun error yang hampir sama dimana menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi atau macet. Bagaimana hal ini bisa terjadi ya, Berikut beberapa penyebab yang bisa membuat keyboard kamu cepat rusak dan bagaimana cara mengatasinya :

Baca juga :  Yuk Cek 10 Manfaat Utama Internet Dalam Kehidupan Berikut Ini!

1. Menekan keyboard sembarangan (acak)

Cara menggunakan keyboard memang ditekan. Namun tidak jarang kita menekan keyboard dengan sembarangan. Kecepatan dan kekuatan menekan keyboard sangat berpengaruh terhadap fungsi kinerja dari keyboard.

Sama halnya dengan software/perangkat lunak, keyboard juga akan mengalami macet apabila kita menekan terlalu cepat maupun menekan terlalu lama secara sembarangan. Karena keyboard akan mengalami bug, bahkan bisa saja salah satu tombol mengalami stuck, atau tidak dapat kembali seperti semula.

2. Menekan tombol kombinasi Sembarangan

Kombinasi keyboard

Tombol kombinasi merupakan sebuah tombol gabungan didalam keyboard yang berfungsi untuk mempersingkat waktu eksekusi suatu perintah di dalam komputer. Contohnya untuk menebalkan huruf “ctrl + b”, menutup window “ctrl + w”, dan lain sebagainya.

Penggunaan tombol kombinasi yang salah disaat tertentu juga akan mengakibatkan antrian eksekusi dari tugas (task) menjadi terganggu. Sehingga laptop akan macet dengan tiba-tiba. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi “not responding”.

3. Faktor Luar (Eksternal)

Faktor eksternal keyboard rusak

Faktor yang paling umum terjadi yang menyebabkan keyboard komputer macet yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal ini merupakan faktor yang terjadi akibat dari kesalahan pengguna yang menyebabkan keyboard macet. Contoh dari faktor ini seperti menumpahkan cairan pada keyboard, tidak sengaja keyboard kemasukan sisa camilan, tertindih, dan lain sebagainya.

Sebaiknya anda lebih berhati-hati terhadap laptop kesayangan anda saat melakukan aktivitas lain yang dapat membahayakan kondisi laptop. Karena ada beberapa keyboard yang sensitif terhadap faktor luar yang dapat menyebabkan kerusakan.

4. Macet Karena Virus

Virus Keyboard

Virus dapat menyerang apa saja yang terdapat pada sistem maupun komponen dalam komputer, tidak terkecuali pada keyboard. Virus tertentu akan membuat keyboard menjadi bertingkah aneh.

Salah satunya yaitu beberapa tuts atau tombol keyboard akan menekan dengan sendirinya.

Memang terlihat seperti keyboard rusak, padahal terkena virus. Langkah utama yang harus anda lakukan adalah dengan menyalakan software antivirus terbaik yang anda miliki untuk melakukan scanning agar virus tersebut dapat terdeteksi.

Baca juga :  10 Kelebihan Framework Django yang Harus Kamu Ketahui

5. Laptop dalam kondisi panas

Laptop Kondisi panas

Ketika laptop anda sudah terlihat panas, sebaiknya anda perlu memberikan waktu istirahat terlebih dahulu untuk laptop kesayangan anda. Selain tidak baik untuk baterai, ternyata kondisi panas yang berlebih pada komputer dapat berpengaruh buruk terhadap kinerja laptop baik itu pada komponen, layar, maupun pada keyboard sekalipun.

6. Adanya debu pada keyboard

Laptop anda bisa terkena debu jika sering mengoperasikannya langsung diluar ruangan. Debu dapat masuk melalui rongga tombol keyboard yang dapat menghalangi tombol melakukan proses input. Debu akan mengganjal dan keyboard tidak bisa memunculkan karakter saat salah satu tombol ditekan.

Jika anda megalami masalah tersebut, hal yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan kotoran debu pada keyboard. Anda bisa menggunakan sikat kalus agar proses pembersihan lebih maksimal.

7. Masalah Driver Laptop

Driver komputer

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengatur serta mengontrol setiap perangkat keras (hardware) yang terpasang di komputer, sehingga setiap hardware yang terpasang dapat berinteraksi dengan sistem operasi. Kerusakan pada keyboard laptop bisa juga disebabkan oleh driver yang bermasalah.

Driver dapat tidak berfungsi dengan baik apabila versi driver yang anda miliki sudah out of date, tidak kompatibel dengan laptop anda, atau mengalami kesalahan saat proses instalasi. Cara mengatasinya cukup mudah, anda tinggal melakukan update pada driver keyboard dengan melakukan install ulang.

8. Karet Tombol Keyboard Rusak

Karet tombol pada keyboard berada tepat dibawah tombol keyboard laptop anda. Kemungkinan karet tombol tidak berfungsi karena pelumas karet yang sudah mengering. Cara mengatasinya yaitu anda cukup mengganti atau memperbaiki karet tombol yang mengalami kerusakan.

9. Menekan Tombol terlalu kuat

Keyboard rusak

Kebiasaan menekan tombol dengan sangat kuat ini harus anda tinggalkan mulai sekarang juga. Kebiasaan ini biasanya terjadi saat anda sedang kesal entah waktu kalah bermain game, chat mantan, ngerjakan skripsi, dan lainnya. Menekan tombol dengan kuat akan membuat tombol mendapatkan tekanan yang berat sehingga bisa mengakibatkan elastisitas tombol dari keyboard mejadi berkurang, bahkan dalam kasus lain bisa menyebabkan tombol lepas dengan sendirinya.

Baca juga :  GraphQL : Pengenalan dan Kelebihannya

10. Penggunaan yang berlebihan

Penggunaan komputer berlebih

Jika anda seorang penulis blog maupun buku, anda pasti menggunakan keyboard untuk kebutuhan utama dalam menciptakan artikel yang berkualitas. Namun anda perlu membatasi penggunaan dari keyboard agar tidak digunakan secara berlebihan. Sama halnya dengan komponen lain, keyboard juga memiliki kapasitas tersendiri untuk waktu penggunaan agar tidak cepat rusak.

11. Konektor Keyboard tidak terhubung dengan benar (Longgar)

Konektor keyboard laptop

Kemungkinan terakhir yang menjadi penyebab keyboard anda bisa cepat rusak yaitu konektor keyboard yang tidak terhubung dengan benar/longgar. Penyebabnya bisa jadi Anda tidak sengaja menggeser konektor tersebut saat laptop berada dalam tas. Karena konektor yang dimaksud berada pada komponen luar laptop. Untuk mengatasinya pun Anda harus membongkar keyboard pada laptop. 

Itulah 11 penyebab keyboard komputer anda cepat rusak. Keyboard anda akan awet jika memiliki perawatan yang bagus meskipun ada faktor lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada keyboard. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah!

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 3.8 / 5. Jumlah vote: 11

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “Wow, Ternyata Ini 11 Penyebab Keyboard Laptop Cepat Rusak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021