Internet Lemot

Penyebab Internet Lemot di Laptop – Perkembangan dunia digital pada masa sekarang ini sudah sangat pesat, seperti halnya internet. Kebutuhan akan saling berbagi informasi membuat internet menjadi sesuatu yang sangat penting di dalam kehidupan manusia.

Internet dapat kita akses dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan web browser pada Gadget maupun komputer/Laptop dengan OS yang beragam (Windows 7/8/9/10, MAC, Android). Namun anda pasti pernah mengalami kendala saat mengakses internet. Salah satunya yaitu internet menjadi lemot tiba-tiba. Hal yang menyebalkan ini dapat terjadi karena beberapa hal.

Berikut ini caraguna akan mengulas sedikit mengenai penyebab utama internet pada laptop atau komputer kamu lemot yang dilihat dari beberapa faktor.

Penyebab Utama Internet Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Browser (spesifikasi yang tidak sesuai)

Browser

Browser adalah sebuah software yang digunakan sebagai alat untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Pemilihan browser yang tidak tepat pada laptop/komputer kamu dapat menyebabkan koneksi internet lemot.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ya? Semua browser memiliki spesifikasinya masing-masing. Jika laptop kamu tidak kompatibel dengan browser yang digunakan, alhasil proses load data informasi yang diberikan pun juga akan lambat alias lemot.

Solusi : Cara mengatasi nya yaitu dengan memilih software web browser yang paling ringan atau browser yang memiliki spesifikasi sesuai dengan laptop anda.

Baca juga :  Pengertian SSD (Solid State Drive), Kenali Fungsi dan Kelebihannya

2. Periksa Koneksi Internet

Untuk berselancar didunia internet tentunya kita juga harus memiliki koneksi terlebih dahulu. Semakin kecil koneksi internet yang kamu miliki, semakin lambat pula kecepatan internet. Untuk mengetahui berapa kecepatan internet, kamu dapa melihatnya dengan cara :

  • Buka cmd, dengan cara cari di windows – cmd
  • ketik “ping 8.8.8.8 -t” pada jendela cmd
cmd

Jika sudah, maka hasilnya akan seperti diatas. TTL adalah nilai waktu termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP / IP berbasis jaringan yang memberitahu penerima berapa lama waktu untuk terus atau menggunakan paket atau data yang dimasukkan sebelum waktunya habis dan membuang paket atau data.

Solusi : Periksa kembali provider atau penyedia layanan jaringan internet anda, apakah ada masalah atau tidak.

3. Serangan Virus dalam perangkat

Virus

Virus juga sangat berpengaruh terhadap koneksi internet kamu, dimana cara kerja virus ini biasanya mencuri paket data/informasi yang disisipkan oleh seseorang yang membuat virus tersebut. Tentunya hal ini sangat merugikan kita apabila berpengaruh terhadap koneksi internet yang lambat.

Virus tersebut dapat disebarkan melalui link download, situs pornografi, situs judi, USB, email, maupun dalam jaringan internet. Virus yang harus kita waspadai antara lain : Virus Redirect, Worms, Discusx.vbs, Blaster Worms, My Doom.

Solusi : Cara mengatasi komputer yang terserang virus seperti ini salah satunya yaitu melakukan update atau instalasi pada antivirus terbaik kita, meskipun ada antivirus yang overprotective. hal tersebit tentunya untuk kebaikan komputer kita.

4. Penggunaan Auto Update

Windows autoupdate

Apabila anda merasakan koneksi internet tiba-tiba lambat dimana saat melakukan pengecekan terhadap koneksi internet normal-normal saja. Kemungkinan yang terjadi adalah laptop anda mengaktifkan fitur autoupdate, dimana sistem ini bekerja dengan cara melakukan update aplikasi secara otomatis.

Baca juga :  Laptop Blue Screen di Windows 10? Kenali 10 Penyebabnya disini

Tentunya melakukan update membutuhkan sebuah koneksi internet. Semakin besar ukuran update aplikasi yang dibutuhkan semakin banyak juga paket data internet yang dikeluarkan. Sehingga kebutuhan koneksi untuk berselancar di internet akan terbagi dengan proses update.

Solusi : Cara mengatasi nya yaitu dengan mematikan fitur autoupdate yang ada pada pc anda. Anda dapat menonaktifkan autoupdate windows 10 disini.

5. Bandwidth yang tidak memadai

Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Bandwidth biasanya telah disediakan oleh pihak provider sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Untuk mengecek seberapa besar ukuran bandwidth, anda dapat memanfaatkan layanan speedtest.

Misalkan anda memiliki bandwitdth sejumlah 1 Mb maka besaran bandwidth yang harusnya diterima adalah hanya akan stabil di angka 1 Mb. Selebihnya beresiko akan terjadi gangguan seperti proses load yang lambat.

6. Faktor cuaca

Faktor yang paling umum terjadi adalah faktor eksternal salah satunya pengaruh iklim atau cuaca. Terjadinya cuaca buruk memungkinkan terjadinya gangguan terhadap lalulintas jaringan internet. Misalnya sinyal jaringan terganggu, kabel terputus ditengah jalan karena tersambar petir, tiang listrik roboh, dan lain sebagainya.

Solusi : Untuk faktor cuaca, cara yang tepat adalah memperbaiki jaringan yang rusak atau tunggu cuaca reda hehe.

7. Iklan terlalu banyak

Apabila anda pernah membuka salah satu website yang memiliki iklan yang cukup banyak seperti iklan pop up yang beruntun, pasti tiba-tiba internet anda akan melambat. Website tersebut biasanya terdapat pada situs streaming film atau video. Menyebalkan bukan? disaat kita sedang asik-asiknya menjelajah, eh malah internetnya malah lemot.

Baca juga :  Mengenal Framework Express JS dan Kelebihannya

Sebenarnya hal tersebut bukan bermasalah pada laptop anda, namun banyaknya iklan yang ada pada suatu website. setiap iklan akan melakukan request terhadap platform periklanan masing-masing. Semakin banyak iklan, maka semakin banyak pula request yang diminta. Sedangkan semakin banyak request maka akan membuat website tersebut menjadi lambat yang kemudian berdampak pula pada koneksi internet anda.

Solusi : Hindari membuka situs yang berat seperti streaming film, situs game, dan lainnya.

8. Memilih kecepatan internet yang salah

Untuk mengakses internet pastinya membutuhkan sebuah paket data. Tidak sedikit orang-orang membeli kuota paket data yang salah sehingga sering bingung apabila koneksi internet lambat. Setiap paket data memiliki kecepatan internet masing-masing. Semakin kecil kuota kecepatan internet, semakin lambat pula proses load data. Kecepatan internet ini biasa disebut dengan Mbps (megabits per second).

Solusi : beli paket internet dengan kecepatan rata-rata diatas 10 mbps.

Itu tadi faktor-faktor yang dapat menyebabkan internet pada laptop kamu menjadi lemot. Semoga dengan artikel diatas, anda dapat lebih waspada terhadap hal-hal yang menyebabkan internet menjadi lemot.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah! Terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 3.1 / 5. Jumlah vote: 15

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021