Bootloop pada Smartphone

Penyebab HP Android Bootloop – Bootloop berasal dari gabungan kata boot yang berarti proses memulai sistem komputer, sedangkan loop berarti berulang-ulang. Jadi, Bootloop adalah masalah yang terjadi pada perangkat lunak android yang gagal melakukan proses booting sehingga tidak bisa masuk kedalam sistem, Bootloop biasanya ditandai dengan Smartphone yang menampilkan logo Android secara berulang-ulang.

Bootloop ini sering terjadi secara tiba-tiba. Hal menyebalkan ini sebenarnya terjadi karena beberapa faktor sepele yang sering kita abaikan. Jika HP kita sudah terkena bootloop, maka HP kita secara akan otomatis lumpuh total, sehingga kita tidak akan bisa mengoperasikannya lagi. Artinya kita harus memperbaiki dengan beberapa cara. Sebelumnya anda perklu mengenali beberapa penyebab kenapa hp/smartphone anda bisa bootloop.

7 Penyebab HP/Smartphone Android Kamu Tiba-tiba Bootloop

Berikut ini beberapa ulasan mengenai alasan smartphone kamu tiba-tiba bootloop yang harus kamu waspadai. Bootloop ini akan sangat merugikan karena anda tidak bisa mengoperasikan HP anda lagi karena proses booting yang berulang-ulang.

1. Overclock

Kata Overclock sering disebut dengan singkatan OC, yaitu aktivitas yang dapat meningkatkan komponen clock rate. Artinya, Overclock ini merupakan sebuah kondisi dimana handphone anda bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi dari pada biasanya atau standart yang telah ditentukan dalam pengaturan ponsel tersebut.

Mungkin istilah overclock lebih sering kita ketahui pada komputer, namun pada dasarnya semua teknologi informasi pasti memilikinya termasuk smartphone.

Baca juga :  Mengenal Kotlin, Pengertian dan 10 Kelebihan Bahasa Pemrograman Kotlin

Sama halnya dengan komputer, smartphone juga memiliki kecepatan yang sering dikenal dengan nama GigaHertz (GHz). Overclock ini sering terjadi saat anda menginstall aplikasi dengan grafik yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp. Akibatnya HP anda akan dipaksa melakukan pekerjaan yang berat hingga dapat beresiko terjadinya bootloop.

2. Kesalahan dalam melakukan Flashing ROM

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Flashing HP. Ketika HP anda rusak, saya yakin anda akan membawanya ke konter terdekat untuk melakukan flashing. yap, Flashing adalah proses instal ulang pada sistem operasi android yang sama halnya dengan install ulang pada komputer untuk windows.

Lalu kenapa flashing ini dapat menyebabkan bootloop pada HP? karena memungkinkan adanya dalvik-cache atau data lama yang tidak terhapus sehingga digunakan oleh sistem yang baru yang dapat mengakibatkan crash. Saat melakukan flash, terdapat fitur restore yang berfungsi mengembalikan kondisi ponsel sesuai apa yang kita backup. Jika proses restore tidak sempurna otomatis dapat terjadi bootloop pada HP anda.

3. Sering melepas Baterai secara paksa

Sering melepas baterai memang merupakan masalah sepele, namun dapat berakibat bootloop pada hp anda. Melepas baterai secara paksa biasanya sering kita lakukan saat sedang terburu-buru mematikan HP atau bahkan saat HP terjadi lag/macet sehingga jalan utama yaitu dengan mematikan HP secara paksa (copot baterai).

Hal ini sangat beresiko terjadi kerusakan tidak hanya pada sistemnya saja namun juga pada hardware, kerusakan data memori internal/eksternal, mengacaukan kalibrasi pada ponsel, dan parahnya ponsel anda bisa mati total.

4. Salah setting permission

Permission adalah Sebuah hak akses yang dimiliki oleh setiap aplikasi agar dapat mengakses data informasi yang ada pada ponsel kita seperti lokasi, kontak, dan file yang ada pada memori HP kita. Jika kita salah dalam mengatur permission dari smartphone kita maka dapat mengakibatkan bootloop.

Baca juga :  Cara Cepat Melacak Hp Xiaomi yang Hilang Terbaru 2019

5. Menginstall MOD yang tidak kompatibel

Jika kalian seorang gamer, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah MOD, MOD itu sendiri berasal dari kata Modding, yang berarti modifikasi. Jadi, secara umum MOD adalah Sebuah teknik melakukan modifikasi terhadap sebuah sistem, biasanya berbentuk plugin atau addons tambahan. Selain itu, menginstall mod yang tidak kompatibel dengan HP anda akan mengakibatkan bootloop.

6. Memodifikasi Sistem (Root)

Berbeda dengan point nomor 5, modifikasi sistem dalam hal ini yaitu melakukan root pada sistem android. Namun sebelumnya apakah anda tahu apa itu root pada HP Android? Saat anda membeli HP pertama kali, maka anda akan terdaftar sebagai akun user (pengguna saja) bukan super user. Sehingga anda tidak berhak mengubah maupun mengurangi sistem android.

Setelah melakukan root, maka anda akan memiliki hak akses sepenuhnya didalam sistem operasi android. Namun jika proses root tidak sempurna maka akan mengakibatkan ketidak stabilan sistem sehingga ponsel kita dapat mengalami bootloop.

7. Mengotak-atik script pada folder sistem

Jika anda seorang developer game maupun aplikasi pastinya sering melakukan hal yang berhubungan dengan script mapun kode program yang berfungsi untuk menjalankan sebuah sistem dalam Android. Sebaiknya anda harus berhati-hati dalam mengotak-atik scrip dalam Android tersebut jika tidak ingin terjadi sebuah kesalahan yang mengakibatkan ponsel anda bootloop.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Dari beberapa hal yang menyebabkan HP anda bootloop diatas, Disini caraguna juga akan memberikan beberapa cara mengatasi HP yang bootloop. Cara tersebut antara lain :

  1. Melakukan Flash ROM baru dengan penuh
  2. Membersihkan dalvik-cache
  3. Memperbaiki Setting Permission
  4. Menghapus data (Lakukan backup terlebih dahulu)

Untul lebih lengkapnya tutorial-nya silahkan anda kunjungi disini.

Baca juga :  Tips Memperbaiki Headset Mati, Ternyata ini Penyebabnya!

Tips Mencegah HP Android Agar tidak Bootloop

Pastinya anda tidak menginginkan HP android kesayangan anda bootloop bukan? maka saya sarankan untuk melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mencegah HP kamu tiba-tiba bootloop.

  • Sering melakukan pembersihan cache HP secara rutin
  • Membuang aplikasi yang berat dan jarang dipakai
  • Menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi Smartphone
  • Hindari melepas baterai secara paksa dalam kondisi apapun
  • Waspada dalam download dan install aplikasi (antisipasi adanya virus)
  • Disiplin dalam pengisian baterai

Kesimpulan

Itu tadi penyebab dan cara mengatasi HP android yang bootloop. Hal menyebalkan seperti bootloop tidak akan terjadi bila anda merawat HP anda dengan baik dan melakukan pembersihan data yang tidak berguna/cache secara rutin. Semoga apa yang caraguna sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. jika ada yang ingin disampaikan silahkan komen pada kolom komentar dibawah ini.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020