typescript adalah

Pengertian TypeScript – Bahasa pemrograman memang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari jika anda seorang programmer maupun developer. Akhir-akhir ini javascript menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak diperbincangkan dan disukai, apalagi dengan versi backendnya dengan nodejs yang bahkan kini sudah ada pengembangan terbarunya yaitu deno. Berbicara mengenai javascript tentunya tidak jauh dari pembahasan kita kali ini tentang typescript yang tidak kalah populer dengan javascript.

Lalu, apa sih itu TypeScript? Apa hubungan nya dengan javascript? Apakah typescript akan menggantikan javascript? Untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan tersebut, simak terus pembahasan berikut sampai tuntas.

Apa itu TypeScript

TypeScript adalah sebuah bahasa pemrograman open source yang diciptakan dan dikembangkan langsung oleh Microsoft. TypeScript merupakan bahasa pemrograman berbasis javascript yang memiliki fitur strong-typing dan menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) klasik. TypeScript dirancang untuk pengembangan aplikasi dalam skala besar dan transkompilasi ke javascript.

Typescript pertama kali dipublikasikan pada oktober 2012 (pada versi 0.8). Bahasa pemrograman ini menawarkan class, module, dan interface yang dapat membuat developer dapat mengembangkan aplikasi kompleks dengan lebih mudah. Hal inilah yang membedakannya dengan javascript.

TypeScript dapat dikatakan sebagai superset dari javascript, artinya semua fitur yang ada pada javascript juga dapat dilakukan pada typescript. Namun, agar dapat dijalankan, typescript membutuhkan kompiler yang nantinya akan dikonversi menjadi file javascript. Selain itu, typescript dapat berjalan di sisi klien dan juga sisi server.

Baca juga :  10+ Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Seorang Freelancer

Kelebihan dari Typescript

perbedaan typescript dan javascript

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu typescript, anda juga perlu untuk mengetahui apa saja kelebihan dari typescript jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain terutama javascript atau ECMA Script. Kelebihan dari Typescript tersebut antara lain.

1. TypeScript dapat berjalan di semua browser

Berbeda dengan javascript yang sering mendapatkan problem atau issue seperti kompatibilitas atau support untuk dijalankan di versi browser yang berbeda, dimana terdapat beberapa perintah javascript ES5 yang berjalan di Chrome namun sayangnya tidak dapat berjalan pada Internet Explorer / Edge.

Typescript dapat melakukan kompilasi terhadap javscript yang nantinya hasil kompilasi ini akan berjalan pada semua jenis versi browser. Bahkan selain browser, hasil kompilasi typescript javascript ini dapat juga berjalan pada NodeJs ataupun segala jenis mesin yang dapat menjalankan Ecma Script versi 3 keatas.

2. Dapat digunakan untuk aplikasi kompleks

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Typescript merupakan bahasa yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi berskala besar atau kompleks. Typescript terbilang memiliki tatanan penulisan yang lebih statis jika dibanding dengan javascript.

3. Refactoring

Refactoring adalah suatu aktifitas yang mengubah suatu struktur kode dari program tanpa mengubah output dari kode tersebut. Typescript memungkinkan untuk melakukan refactoring code lebih baik berbeda dengan javascipt.

4. Mudah dipelajari dan beradaptasi

Typescript termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipahami, bahkan anda juga dapat cepat beradaptasi dari bahasa pemrograman lain. Kenapa? karena typescript menggunakan tatanan bahasa sama persis dengan javascript meskipun dengan berbagai kemampuan tambahan atau bisa dibilang typescript adalah javascript modern.

5. Menggunakan konsep OOP

Typescript sudah menggunakan konsep OOP mulai dari class, inheritance (pewarisan), polymorphism, hingga interfaces. Hal ini tentunya memudahkan programmer maupun developer dalam berkolaborasi karea struktur kodenya mengikuti standar umum pemrograman.

Baca juga :  Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Disqus Ketimbang Default Komentar Wordpress!

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian typescript, kelebihan, serta perbedaannya dengan javascript. Pada dasarnya setiap bahasa pemrograman memiliki konsep yang sama. Anda cukup menguasai satu bahasa pemrograman saja dengan matang, sehingga nanti jika ingin migrasi ke bahasa pemrograman lain, anda tidak akan merasa kesulitan. Anda tinggal memahami mekanisme dari bahasa tersebut.

Bahasa typescript dapat menjadi salah satu pilihan bahasa pertama yang dapat anda pelajari jika ingin memulai belajar bahasa pemrograman. Selain mudah dipelajari, struktur kode pada typescript tidak jauh beda dengan bahasa pemrograman pada umumnya seperti java, C#, maupun php.

Sekian yang dapat caraguna bahas pada artikel kali ini, dirasa ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020