pengertian solid state drive

Pengertian SSD, Fungsi dan Kelebihannya – apa kabar teman-teman semua, pada kesempatan kali ini caraguna akan membahas tentang salah satu media penyimpanan komputer yang populer digunakan saat ini, yaitu SSD atau singkatan dari Solid State Drive.

Banyak yang mengatakan SSD lebih baik ketimbang harddisk drive (HDD) konvensional biasanya. SSD belakangan ini sudah mampu menggantikan HDD di beberapa laptop lama dan biasanya dilakukan oleh pengguna yang ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerja perangkatnya tersebut. SSD merupakan salah satu pilihan ruang penyimpanan tertipis yang tersedia dipasaran.

Jadi, apa itu SSD,? bagaimana bisa ia dikatakan lebih baik dari pada HDD? agar kamu dapat mengenal lebih jauh tentang pengertian dari SSD, baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Apa itu SSD?

SSD (Solid State Drive) adalah sebuah hardware (perangkat keras) penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

SSD dapat dikatakan sebagai versi canggih dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Harddisk yang selama ini digunakan di perangkat komputer.

Lalu apa bedanya dengan harddisk?

Berbeda dengan Harddisk, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak didalamnya. Data atau informasi hanya disimpan didalam microchips. Sedangkan Harddisk memiliki lengan mekanik yang bergerak untuk menulis dan membaca data diatas piringan magnetik. Perbedaan tersebut membuat SSD bekerja lebih cepat dari pada Harddisk.

Oiya, berapa ukuran SSD? apakah lebih besar dari HDD?

SSD dapat kamu gunakan di PC maupun Laptop. Ukuran SSD sendiri sebenarnya seukuran HDD laptop (2,5″). Jadi, jika kamu berniat memasang SSD ke laptop, ya tinggal pasang saja. Namun, apabila kamu ingin memasang SSD ke PC, biasanya memerlukan adapter 3,5″ untuk bisa dipasang di PC.

Baca juga :  Iklan CPC? Lihat Pengertian Cost Per Click, Apa Bedanya Dengan PPC?

Tenang, biasanya terdapat beberapa paket penjualan SSD yang sudah termasuk adapternya. Meskipun ada juga pembelian SSD yang tanpa adapter, seperti pada SSD Samsung EVO 850.

Fungsi SSD (Solid State Drive)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi utama dari SSD adalah sebagai media penyimpanan data dalam komputer. Kamu dapat menyimpa data berupa gambar, audio, video, dokumen dan masih banyak lagi didalam SSD. Selain sebagai media penyimpanan, SSD memiliki fungsi umum yaitu :

  • Mempercepat kinerja komputer, SSD memiliki kinerja yang lebih baik dari pada harddisk biasanya. Apabila kamu menggunakan SSD sebagai penyimpanan disk C pada Windows, maka hal tersebut akan membuat kinerja komputer lebih cepat, misalnya ketika proses booting menjadi jauh lebih cepat. Bahkan ketika kamu membuka aplikasi berat seperti Adobe akan terasa sangat cepat.
  • Sebagai pengganti Harddisk, SSD digadang-gadang akan menggantikan HDD sebagai media penyimpanan. Meskipun banyak yang mengatakan SSD lebih mahal dari pada HDD.

Kelebihan SSD (Solid State Drive)

Setelah kamu mengetahui pengertian dan fungsi dari SSD, kamu wajib mengetahui apa saja kelebihan dari SSD jika dibandingkan dengan HDD yang dilihat dari beberapa aspek. Kelebihan tersebut antara lain :

  • Memiliki performa lebih baik, dalam hal kecepatan baca dan tulis, SSD lebih cepat ketimbang HDD. Misalnya saja dalam membuka program berat, saat mentransfer file atau mencari file. Bahkan waktu boot menggunakan SSD jauh lebih cepat timbang SSD.
  • SSD tidak berisik, karena komponen SSD terbuat dari memori dan tidak bergerak, sehingga tidak mengeluarkan suara.
  • Lebih ringan, komponen SSD tersusun rapi sehingga membuat perangkat ini lebih rapi dibandingkan HDD.
  • Hemat daya listrik, komponen dari SSD lebih canggih, meskipun penggunaan daya listrik tidak bisa dilihat dengan jelas, namun penggunaannya lebih rendah daripada harddisk.
  • Tahan terhadap guncangan, SSD tidak mempunyai disk di dalmnya, sehingga ia lebih aman dari guncangan. Disk memiliki sifat sensitif terhadap guncangan, karena saat berputar ada banyak mekanikal didalamnya.
  • Transfer file lebih cepat, SSD memiliki kecepatan transfer file yang baik. Kecepatan transfer filenya 5 kali lebih cepat daripada HDD.
  • Perawatan lebih mudah, karena komponen SSD berupa kepingan, membuat perawatan SSD jauh lebih mudah dibanding HDD.
Baca juga :  Kenali 8+ Penyebab Internet Lemot di Laptop Kamu!

Kekurangan SSD (Solid State Drive)

Seperti halnya perangkat komputer lainnya, SSD juga memiliki kekurangan. Sehingga kekurangan ini dapat menjadi pertimbangan bagi kamu terkait penggunaan SSD di komputer kamu. Kekurangan SSD tersebut antara lain :

  • Harga jauh lebih mahal, karena SSD teknologi yang digunakan lebih canggih dan modern, maka tidak heran jika harganya cukup mahal. Harga SSD dengan kapasitas 120 GB saja sekitar 600-800 ribu. Wah, mahal sekali bukan.
  • Umur SSD relatif lebih pendek dari pada HDD, masa pakai SSD jauh lebih pendek dari pada HDD, SSD bisa lebih cepat mengalami gangguan bahkan harus diganti.
  • Kapasitas, SSD tidak menawarkan kapasitas besar dengan rentang harga yang sama. Soal kapasitas, orang lebih banyak memilih HDD berkapasitas besar sebagai penyimpanan atau back data.

Kesimpulan

Media penyimpanan data dalam komputer terdapat dua jenis yaitu Harddisk dan SSD (solid state drive). Kamu dapat menggunakan salah satunya sesuai kebutuhan. Jika kamu menginginkan performa yang cepat untuk laptop, maka SSD wajib kamu coba. Sedangkan apabila kamu kurang dari segi finansial, namun ingin memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, maka Harddisk drive adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana, setelah mengetahui apa pengertian dari SSD serta kelebihan dan kekurangannya, kamu sudah tidak bingung lagi kan memilih media penyimpanan data komputer yang pas untuk komputer kamu?

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

One thought on “Pengertian SSD (Solid State Drive), Kenali Fungsi dan Kelebihannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021