Apa itu Progressive Web Apps

Pengertian Progressive Web Application (PWA) – sebagai seorang web developer sepertinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah PWA atau Progressive Web Application. Memiliki sebuah website yang memiliki performa yang baik adalah kebutuhan utama bagi setiap perusahaan terutama yang bergerak di bidang teknologi informasi. Website yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung dalam mengakses dan berinteraksi dengan website kita.

PWA saat ini sudah sangat populer dimana memiliki kecepatan yang tinggi dalam mengakses sebuah website.

Apa itu PWA – Progressive Web Application?

Pengertian PWA (Progressive Web Application) adalah metode mengkombinasikan antara penggunaan website reguler dengan aplikasi mobile & dekstop. Hasil dari penggunaan metode ini yaitu kemampuan aplikasi untuk memiliki fitur-fitur seperti aplikasi web-based pada umumnya, dengan optimasi mobile-experience.

Secara umum, PWA merupakan gabungan dari web apps dan mobile apps. Sebelumnya, mobile apps adalah aplikasi javascript yang bekerja di browser dan bertujuan untuk membawa fitur-fitur native app ke web. Dengan kata lain, PWA berupa web aplikasi tradisional yang disempurnakan dengan teknologi web modern, memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman seperti aplikasi.

PWA muncul dengan pertimbangan kemungkinan keterbatasan smartphone dalam menginstall aplikasi, sehingga pilihan untuk menginstall aplikasi native menjadi pertimbangan dikarenakan resource yang terbatas dan dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat.

Progressive Web application

PWA didukung dengan sistem yang bernama Service Worker, dimana teknologi ini memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, pergantian konektifitas dan lainnya. Sehingga, dalam koneksi yang lambat atau koneksi yang tidak stabil, Anda dapat mengakses website dengan cepat dan mempunyai tampilan yang sama seperti terakhir anda membuka aplikasinya melalui web browser.

Baca juga :  Cara Cepat Screenshoot Komputer atau Laptop di Windows

Banyak perusahaan besar IT yang menerapkan metode Progressive Web Application (PWA) seperti Tokopedia, Shopee, Tiket.com, Google, Twitter, dan masih banyak lagi.

Kelebihan PWA (Progressive Web Application)

Hingga saat ini Setiap komponen fitur dari Progressive Web App terus berkembang. Berikut adalah beberapa keuntungan atau kelebihan dari penerapan PWA pada website yang perlu anda ketahui.

1. Kemudahan di berbagai perangkat

Membuat website yang menerapkan PWA adalah hal yang memungkinkan untuk kamu membuat tampilan aplikasi yang seragam dan kompatibel di semua perangkat baik smartphone, tablet, dekstop atau perangkat dengan berbagai ukuran layar. PWA sebenarnya adalah bentuk responsive website yang di build sehingga cocok digunakan pada smartphone.

2. Instant Loading

Dalam PWA ada yang namanya Service Worker, artinya dengan ini kita bisa membuat aplikasi yang memiliki proses load yang cepat dan reliable, tidak peduli seberapa baik koneksi internet ada atau bahkan saat offline sekalipun.

3. Hemat biaya produksi

Salah satu yang tidak kalah penting adalah mengenai budget. Mengembangkan sebuah Progressive Web Apps tidak memerlukan budget yang terlalu besar. Anda cukup mengembangkan website kamu dengan metode progresif yang ditawarkan oleh Progressive Web Apps. Lalu anda akan mendapatkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan pada semua perangkat dan sistem operasi.

4. Memiliki kemanan yang terjamin

Dengan menggunakan PWA, website akan memiliki tingkat keamanan yang terjaminĀ karena melihat protokol jaringan HTTPS yang di gunakan. HTTPS sendiri menerapkan tiga lapis perlindungan keamanan saat pengguna akan mengakses situs web Anda. Keamanan yang terjamin dari PWA ini tentu saja sangat cocok untuk beberapa situs yang mengelola pembiayaan elektronik, misalnya saja situs bisnis.

Baca juga :  Pengenalan Konsep MVC (Model View Controller)

5. Bekerja seperti mode aplikasi

PWA yang diterapkan didalam webapp anda dapat dibuat mirip layaknya aplikasi native yang biasa kita install dari App Store, termasuk navigasi dan interaksi yang ada didalamnya. Hal ini memungkinkan karena PWA sendiri dibuat dengan model App Shell dalam full screen mode.

6. Proses instalasi yang cepat

Proses instalasi pada website PWA terbilangsangat cepat. Karena, anda bahkan sudah tidak perlu membayangkan proses instalasi yang terlalu berbelit-belit seperti biasanya dimana anda diharuskan mendownload apk terlebih dahulu.

Komponen PWA (Progressive Web Application)

PWA memiliki 4 (empat) komponen dasar yang digunakan untuk membangun sebuah Web App. Komponen tersebut antara lain:

  • Service Workers, adalah file JavaScript yang berjalan di background process. Memungkinkan kita melakukan caching (offline support), dan memberikan akses ke fitur PWA lainnya. Contohnya, Background sync dan web push notification.
  • Application Manifest, adalah file JavaScript yang umumnya digunakan untuk proses instalasi dan menambahkan icon ke homescreen. Namun masih banyak fungsi lainnya yang akan kita bahas pada lecture berikutnya.
  • Responsive design, layout dari web app yang dapat diakses dari berbagai device.
  • Akses Device System, seperti Geolocation API (akses ke user location), Media API (akses ke kamera dan microphone).

Kesimpulan

Dewasa ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menerapkan PWA ke dalam website bisnis mereka. Selain memiliki performa yang bagus, dengan PWA dapat menggait user experience lebih baik ketimbang website biasanya. Banyak kelebihan dari PWA yang menjadi tombak keberhasilan bisnis dalam dunia digital web.

Cukup sekian yang dapat caraguna share pada artikel kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Baca juga :  Apa Itu Flutter? Berikut 10 Kelebihannya Yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak šŸ˜€

Average rating 1 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Oct 29, 2020