Page Authority

Pengertian Page Authority – ketika kamu ingin melakukan optimasi website, kamu akan mengenal istilah Page Authority atau biasa disingkat PA. Dalam SEO, page authority merupakan poin penting yang perlu kamu ketahui agar website kamu disukai oleh mesin pencari (search engine).

Terkadang kamu ingin mengetahui apakah website kamu tergolong berkualitas atau tidak dimata mesin pencari. Untuk itu, kamu perlu mengetahui berapa skor ranking page authority website kamu. Untuk melihatnya, kamu dapat menggunakan beberapa SEO tools yang tersedia secara gratis.

Nilai skor PA juga menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam peningkatan traffik website kamu, karena semakin tinggi nilai PA, maka semakin tinggi pula kesempatan website untuk mendapatkan posisi yang bagus pada halaman mesin pencari.

Manfaat dan Cara meningkatkan Page Authority

Page Authority bermanfaat sebagai acuan penilaian komparatif yang membedakan posisi rank website dengan kompetitor. Nilai dalam PA dikembangan oleh Moz, untuk memprediksi ranking sebuah halaman website pada SERP (Search Engine Result Page). Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan nilai dari page authority website kamu.

#1. Melakukan link building

Link building adalah teknik membangun website yang disisipkan link kedalam konten yang memiliki keyword dengan search volume yang tinggi. Link building sering disebut juga dengan backlink. Menempatkan backlink berkualitas dalam website kamu akan membuat nilai Page Authority meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca juga :  Pengertian Tipe Data List dan Map Dalam Bahasa Pemrograman Dart

Penggunaan link building dapat menggunakan dua cara, yaitu internal link dan eksternal link. Internal link merupakan tautan yang menghubungkan artikel satu sama lain namun masih dalam lingkup dalam website kamu sendiri.

Sedangkan eksternal link, merupakan tautan yang menanamkan url website orang lain ke website kamu. Manfaat lain dari link building yaitu dapat memperkuat dan meminimalisir tingkat bounce rate dalam suatu halaman.

#2. Membuat Guest Post

Guest Post adalah artikel yang dibuat di blog atau di platform milik orang lain. Lah, kok malah bikin di website orang lain? Kamu dapat membuat artikel yang isinya berkaitan dengan konten yang biasa ditampilkan disitusmu. Kemudian, jangan lupa masukkan backlink yang mengarahkan ke website kamu.

Pada dasarnya, guest post memiliki fungsi yang sama dari inbound link, namun bedanya yaitu dari segi kualitas. Nah, dengan guest post kamu akan mendapatkan backlink yang berkualitas dari situs yang kamu kirimi artikel.

Selain itu, kemungkinan besar trafik pengunjung kamu juga akan meningkat, dimana kamu akan mendapatkan pengunjung dari website guest post yang kamu buat. Teknik ini bersifat permanen, artinya link yang kamu sisipkan pada artikel yang kamu targetkan akan selalu ada.

#3. Artikel yang berkualitas dan menarik

Situs blog maupun website yang bagus adalah situs yang memiliki banyak artikel atau konten. Namun, banyak artikel saja tidak cukup dan tidak bisa menjadi patokan website tersebut berkualitas atau tidak dimata mesin pencari (google, bing, yandex, dll).

Artikel yang menarik, original atau tidak ada yang menyamai konten kamu serta memiliki banyak keyword yang berobot itulah yang disukai oleh mesin pencari. Oleh karena itu, membuat artikel yang menarik dan enak dibaca penting untuk kamu pelajari dalam meningkatkan nilai page authority pada situs blog atau website.

Baca juga :  Pengertian API (Application Programming Interface), Fungsi, dan Alasan Mengapa Harus Pakai API

#4. Hapus semua link rusak (broken link) dan link spam berbahaya

Link rusak (broken link) merupakan link atau tautan yang sudah tidak aktif lagi atau tidak dapat diakses. Adanya broken link akan berpengaruh terhadap kualitas website kamu, sehingga kamu harus melakukan inspeksi dan menghapus jika terdapat broken link dalam situs kamu.

Selain itu, kamu juga harus mengapus tautan yang berbahaya seperti spam maupun popup link yang mengarah ke halaman ilegal atau situs terlarang lainnya. Karena hal ini dapat menurunkan peringkat atau otoritas halaman dan bahkan mendapatkan pinalti dari google.

Tautan berbahaya tersebut bisa saja mengarah ke halaman yang kamu optimasi dan malah merusak atau membuat tidak berguna tautan berkualitas yang ada. Kamu dapat memeriksa secara khusus tautan dengan anchor text yang tidak relevan atau link dari situs terlarang seperti situs perjudian lainnya.

#5 Konsisten update konten

Selain membuat konten yang berkualitas, kamu juga harus rajin update konten, karena pada dasarnya mesin pencari akan lebih suka dengan website yang aktif setiap harinya. Sehingga hal ini membuat nilai rank website kamu semakin meningkat.

Perbarui konten kamu setiap harinya dengan keyword-keyword pilihan tertarget sesuai dengan niche atau topik website kamu. Buatlah konten yang menarik dan mudah dibaca. Kenyamanan pembaca adalah salah satu hal yang penting kamu perhatikan.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021