Pengertian nodejs

Apa itu NodeJS – Javascript dulu merupakan bahasa pemrograman yang hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi web yang berjalan pada sisi Client web browser saja. Namun sejak ditemukannya NodeJS oleh Ryan Dhal pada tahun 2009, javascript kini dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman Server-side seperti PHP, Java, Ruby, Python dan masih banyak lagi.

Lalu apa sih itu NodeJs, bagaimana cara kerjanya? Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap, silahkan simak pembahasan berikut sampai tuntas.

Apa itu NodeJs?

Pengertian NodeJs adalah sebuah platform yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan javascript seagai bahasa pemrogramannya yang dapat dijalankan di windows, mac, maupun linux.

Diperlukan Engine khusus yang cepat dan memilki performa yang cepat untuk dapat mengeksekusi javascript sebagai bahasa server. Engine javascript bernama V8 yang dibuat oleh google dipakai oleh nodejs yang merupakan engine yang sama dipakai di browser google chrome.

Lalu bagaimana cara kerja nodejs?

Javascript memiliki perbedan dengan bahasa pemrograman lain yang pada umumnya bersifat blocking, nodejs bersifat blocking dimana berjalan berbasis event (event-driven). Artinya, kode program akan dijalankan hingga selesai, lalu beralih ke kode program selanjutnya.

Dengan model event-driven dan no-blocking I/O-nya, nodeJS lebih mampu menangani banyak proses secara bersamaan dari pada platform bersifat Thread-based Networking.

Beberapa kelebihan atau keunggulan dari nodeJS

Kelebihan nodejs

Berikut adalah beberapa keunggulan atau kelebihan dari NodeJS yang menjadi alasan mengapa banyak programmer mengunakan platform ini.

Baca juga :  Cara Cepat Screenshoot Komputer atau Laptop di Windows

Bersifat Non Blocking

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, nodeJS besifat non blocking, sehingga proses yang dilakukan tidak membutuhkan output dari proses sebelumya tetap dapat berjalan bersamaan. Sehingga penggunaan nodeJS dalam sebuah program dapat lebih efektif dan efisien.

Tidak perlu melakukan data buffering

Didalam NodeJS terdapat pengalokasian sebagian porsi penyimpanan server untuk data yang sedang diproses, sehingga program dengan nodeJS tidak melakukan buffering. Dengan tidak adanya proses buffering, dapat memberikan sistem anda memiliki penyimpanan ruang yang lebih besar untuk data storage.

Cepat dalam mengeksekusi kode program

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh nodeJS yaitu memiliki kecepatan dalalm mengeksekusi kode program. Hal ini didukung dengan engine yang dimiliki oleh Google (V8) yang digunakan untuk mengeksekusi kode javascript.

Single Thread

NodeJS memiliki karakteristik single-thread, dimana dengan karakter ini, program yang dibuat dengan nodeJS akan mengalokasikan thread hanya pada proses yang sedang berlangsung sehingga kinerja program tersebut akan lebih ringan daripada program yang multi-threaded.

Mudah dipelajari

Karena nodejs menggunakan bahasa javascript, sehingga jika anda seorang javascript developer, maka anda tidak perlu belajar bahasa server-side lain seperti php, ruby, java, dan lainnya. Javascript merupakan bahasa pemrograman yang menerapkan Object Oriented Programming(OOP), sehingga dapat membuat struktur kode menjadi lebih maintenable dan memiliki standard penulisan kode pemrograman secara umum.

Open source (Gratis)

NodeJS bersifat open-source, artinya siapa pun dapat menggunaakn platform ini secara gratis. Semua orang termasuk anda dapat melihat struktur kode dari program tersebut. Selain itu, anda juga dapat berkontribusi untuk mengembangkan program tersebut agar bisa lebih baik.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian dari nodejs. Jika anda tertarik untuk menggunakan nodejs ini, silahkan install dan ikuti petunjuk instalasinya yang tertera di dokumentasi website resminya di NodeJs. Sekian yang dapat caraguna sampaikan, jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Baca juga :  Definisi Jaringan Komputer, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020