cloud computing

Perkembangan dunia teknologi internet pada masa sekarang ini jauh lebih cepat sehingga mau tidak mau kita harus mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi seiring perkembangan teknologi. Pada kesempatan kali ini, caraguna akan membahas sedikit tentang apa itu cloud computing atau biasa disebut dengan komputasi awan.

Jika melihat dari istilahnya, kayaknya kita bakal berfikiran tentang bentuk awan putih yang berada di langit sana, atau mungkin tentang bagaimana cara awan bekerja. Namun sebenarnya, istilah awan merupakan sebuah perumpamaan dari teknologi dimana kita bisa melihat dan mengakses dimanapun kapanpun.

Pengertian Cloud Computing atau Komputasi Awan

Menurut siwiki, definisi komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (disimbolkan dengan awan). Cloud computing mengolah daya komputasi melalui jaringan internet dimana memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui koputer yang telah terkoneksi satu sama lain dalam waktu yang sama.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kamu telah merasakan manfaat dari cloud computing ini, dimana menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi kamu. Dengan adanya cloud computing memudahkan kamu untuk menjalankan program untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Cloud computing ini berupa layanan komputasi termasuk server, basisdata, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan intelijen melalui internet. Tujuan dari cloud computing ini untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan skala yang ekonomis.

Baca juga :  Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Disqus Ketimbang Default Komentar Wordpress!

Cara Kerja Cloud Computing

Dari penjelasan mengenai definisi dari cloud computing diatas, setidaknya kamu memiliki gambaran bagaimana cara kerja cloud computing ini. Cloud computing bekerja secara online secara terus menerus melalui jaringan internet yang berpusat pada komputer server dan setiap jenis data akan langsung disimpan.

Media penyimpanan data yang digunakan dalam bentuk virtual sehingga kamu tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer.

Selain itu, cloud computing ini memungkinkan kamu menjalankan suatu aplikasi yang dijalankan akan tersimpan pada komputer server dengan end user disimpan oleh switch maupun router untuk meng-extend jaringan anda. Sehingga kita dapat menjalankan aplikasi tersebut dimanapun dan kapanpun.

Ketika aplikasi dijalankan dan diterima oleh server, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbarui sesuai dengan request yang diberikan. Contoh dari penggunaan cloud computing yaitu google drive, Yahoo, dropbox, dan masih banyak lagi.

Fungsi atau manfaat Cloud Computing

Benefit atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi cloud computing ini adalah semakin banyaknya perangkat yang berkemampuan web dalam lingkungan bisnis. Selain itu, peningkatan penggunaan komputer akan semakin meningkat sehingga membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar.

Kebutuhan teknologi yang berkapasitas tinggi ini merupakan hal yang menjadikan cloud computing menjadi solusi dari permasalahan ini karena merupakan teknolgi yang bagus dan murah. Selain itu, cloud computing ini sangat fleksibel dan efisien untuk diterapkan dalam sektor bisnis.

Berikut ini beberapa manfaat penting yang bisa kamu rasakan jika menggunakan layanan cloud computing.

1. Keamanan data terjamin

Penerapan cloud computing memiliki keamanan yang terjamin dari pihak penyedia layanan karena mengingat teknologi ini menggunakan internet yang dapat diakses oleh siapapun. Cloud computing akan membuat data dan informasi anda lebih aman dan terlindungi sehingga data tidak muda corrupt atau rusak.

Baca juga :  11+ Tips Ampuh Beli HP Baru Online Agar Tidak Tertipu!

Selain itu, anda tidak perlu kawatir melakukan perawatan atau maintenance. Karena semua itu sudah dikerjakan dengan baik oleh penyedia layanan. Contoh penyedia cloud computing di Indonesia antara lain idcloudhost.com, jagoanhosting, rumahweb, dan masih banyak lagi.

2. Media penyimpanan terpusat pada server

Selain keamanan data terjaga, cloud computing memudahkan kamu untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai dengan layanan yang disediakan oleh cloud computing.

Dengan cloud computing ini juga mampu meningkatkan mobilitas kamu karena dapat mengakses dokumen dimanapun dan kapanpun. Dengan penyimpanan terpusat dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pertukaran informasi lebih cepat.

3. Penyimpanan yang lebih besar

Ketika kita membangun sebuah teknologi informasi yang ingin diakses oleh semua orang, tentu saja kita juga perlu menyiapkan media penyimpanan untuk menampung semua data dan informasi ke dalam sebuah memori.

Dengan menggunakan cloud computing, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang dalam penyimpanan. Karena cloud computing memiliki penyimpanan yang lebih besar dan dinamis sesuai dengan kebutuhan data.

4. Memiliki pengaturan yang mudah

Kamu bisa mengatur layanan cloud computing dan menyesuaikannya dengan pengaturanmu sendiri sesuai kebutuhan. Misalnya memilih kata sandi, memilih perangkat yang akan kamu sambungkan ke jaringan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mulai menggunakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi yang ditawarkan.

5. Biaya yang lebih murah

Cloud computing memiliki biaya yang lebih murah karena tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hardisk dimana sudah ada media penyimpanan terpusat pada server.

Penutup

Itulah penjelasan tentang apa itu cloud computing atau komputasi awan. Jadi, cloud computing awan ini memiliki manfaat dan tujuan yang baik untuk perkembangan teknologi saat ini. Cloud computing memiliki kemampuan yang cepat dan efisien, serta dapat meminimalisir data.

Baca juga :  Pengertian SQL: Fungsi dan Jenis Perintah SQL

Cukup sekian, semoga apa yang dapat caraguna sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin ditanykan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan lemparkan pendapat kalian di kolom kometar dibawah 😁.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 1 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

5 thoughts on “Apa Itu Cloud Computing, Cara Kerja, dan Fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Apr 18, 2021