Impression

Jika anda seorang publisher maupun adverstiser iklan terutama dalam dunia internet marketing (website), sepertinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah CPM, CPC, Pageview, dan salah satunya yang akan kita bahas yaitu Impression.

Ketika kita melakukan research keyword untuk menemukan keyword yang pas untuk website maupun iklan kita, maka kita akan menemukan istilah impression, tidak sedikit orang yang bingung atau kurang paham apakah itu impression, dan apa pengaruhnya dalam dunia internet marketing.

Nah, pada kesempatan kali ini caraguna akan mengulas sedikit tentang definisi dari impression, dimana sangat penting untuk diketahui bagi anda yang bergelut di bidang internet marketing maupun SEO (search engine optimization).

Pengertian Impression

Impression adalah jumlah tayangan iklan yang tampil didalam website atau blog yang mana tidak memperdulikan iklan dalam web tersebut di klik atau tidak. Misalkan, katakanlah jika iklan anda muncul sebanyak 400 kali dilayar pengguna, maka total impression untuk iklan tersebut sebanyak 400.

Analisa Impression

Menurut google, Impression diartikan sebagai tayangan yang muncul dari hasil pencarian melalui URL yang dimasukkan oleh pengguna, dimana google akan merekam tayangan tersebut sebagai impression. Artinya, setiap kali iklan anda muncul di pencarian google atau website yang berada dalam jaringan google, maka impression untuk iklan tersebut akan bertambah.

Impression berguna ketika anda ingin mengetahui jumlah tayangan iklan anda apakah sudah mencapai target berdasarkan konten maupun keyword yang diterapkan.

Selain itu, impression dapat membantu anda mengetahui apakah ada yang salah dengan iklan (ads) anda. Jika iklan anda telah menjangkau banyak orang tetapi belum ada konversi yang terjadi seperti peningkatan followers, likes, dan sebagainya, berarti anda harus memperbaiki konten pada iklan tersebut.

Baca juga :  Top Aplikasi PDF Reader Teringan & Gratis 2020 Untuk PC

Fungsi atau Kegunaan dari Impression

Setelah mengetahui apa itu impression, saya yakin anda pasti juga sudah bisa menebak apa fungsi dari si impression ini. Fungsi utama dari impression yaitu untuk membantu mengukur jumlah orang yang telah melihat halaman web, postingan, dan iklan bahkan ketika mereka tidak mengklik, berkomentar atau terlibat dengan iklan tersebut.

Impression sangat penting bagi seorang advertiser atau pengiklan untuk mengetahui berapa banyak tayangan yang dihasilkan iklan CPM untuk memahami biaya campaign atau penayangan iklan.

Hal ini juga sangat membantu para marketer (pemasar) dalam menghasilkan sejumlah metrik untuk pemasaran lainnya. seperti Rasio Klik Tayang (RKT) atau Click-Through-Rate (CTR). Metrik tersebut digunakan untuk menghitung efektivitas penayangan iklan dimana mereka membutuhkan jumlah impression yang akurat agar memenuhi target yang sesuai.

Jenis-jenis Impression

Ada beberapa jenis impression yang perlu anda ketahui dimana setiap jenis memiliki perbedaan sesuai kondisi penayangan masing masing. Jenis-jenis impression antara lain.

  1. Page impression adalah tampilan yang dihitung setelah pemuatan halaman itu sendiri.
  2. Ads impression adalah tayangan yang terjadi ketika iklan dimuat di halaman web.
  3. General impression adalah tayangan iklan dari atas flip atau tayangan yang dapat dilihat pada umumnya.
  4. Social media impression adalah impression yang terjadi ketika sebuah postingan dimuat oleh pengguna media sosial yang lainnya.
  5. Advertising impression adalah tayangan dalam iklan online.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah pengertian tentang definisi impression dan apa saja jenis serta fungsinya yang biasa digunakan dalam dunia internet marketing. Anda harus memahami dengan baik matrik pemasaran digital advertisement serta penentuan konten dan keyword untuk meningkatkan penayangan iklan serta memenuhi target bisnis yang di inginkan.

Baca juga :  Apa itu DevOps? Berikut Pengertian, Keunggulan dan Manfaat dari DevOps

Semoga apa yang caraguna sampaikan tentang impression dapat bermanfaat bagi anda yang masih bingung tentang definisi dari impression. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Jan 22, 2022