Pengertian devops

Apa itu DevOps?

Pengertian DevOps menurut amazon.com adalah kombinasi dari filosofi budaya, penerapan, dan peralatan yang dapat meningkatkan kemampuan organisasi untuk memberikan aplikasi dan layanan dalam kecepatan tinggi. Secara umum DevOps adalah pengembangan perangkat lunak dan metode pengiriman aplikasi yang mengambil pendekatan kolaboratif dan terpadu antara bagian pengembangan aplikasi (Dev/developer) dengan bagian operasional (Ops).

Dengan kata lain, DevOps sendiri berupa serangkaian pekerjaan yang mengotomasisasi proses antara software development dan development team agar mereka dapat melakukan proses build, test, dan release software menjadi lebih cepat dan handal. DevOps yang telah berjalan dengan baik akan menghasilkan produk yang stabil dan dapat meningkatkan nilai dari produk itu sendiri.

Kunggulan dari DevOps

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan menggunakan DevOps dalam dunia industri maupun perusahan.

  1. DevOps telah mendukung wideAPI serta platform yang telah terintegrasi untuk memudahkan proses otomatisasi pengiriman aplikasi dalam pengembangan, pengujian serta pada saat dipergunakan untuk operasional.
  2. DevOps merupakan upaya pengembangan perangkat lunak terbaru. dimana terdapat perbedaan lingkungan antara pengembang dan user.
  3. Membuat pengembang dan user memiliki pengalaman yang sama.
  4. DevOps merupakan solusi lingkungan perangkat lunak yang berkelanjutan.
  5. DevOps itu sendiri berawal dari kesadaran bahwa infrastruktur bukan hanya untuk mendukung kemampuan produksi saja, namun juga untuk pembangunan secara berkelanjutan.

Manfaat dari DevOps

Manfaat devops

Berapa manfaat dari DevOps antara lain.

1. Kecepatan (Speed)

Apabila perusahaan anda menerapkan DevOps, maka perusahaan anda akan bergerak dengan kecepatan tinggi sehingga perusahaan dapat berinovasi untuk pelanggan lebih cepat, serta dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dengan lebih baik.

Baca juga :  Apa Itu Impression? Berikut Pengertian Impression dalam Dunia Periklanan!

Selain itu, perusahaan anda akan tumbuh lebih efisien dalam mengarahkan hasil bisnis. Model DevOps memungkinkan para pengembang dan tim operasi mencapai hasil ini. Seperti layanan microservices dan continuous delivery memungkinkan tim mengambil kepemilikan atas layanan dan kemudian merilis pembaruan kepada pelanggan lebih cepat.

2. Pengiriman Cepat (Rapid delivery)

Dengan meningkatkan frekuensi dan kecepatan rilis, sehingga perusahaan dapat beinovasi dan meningkatkan produk lebih cepat. Sehingga semakin cepat merilis fitur baru dan memperbaki bug maupun error, semakin cepat pula perusaan dapat merespon kebutuhan pelanggan dan membangun keunggulan yang kompetitif.

3. Keandalan (Reliability)

Peningkatan kualitas pembaruan aplikasi dan infrastruktur membuat perusahaan dapat melakukan pengiriman dengan cepat dan handal sambil mempertahankan pengalaman positif bagi pengguna akhir. Selain itu gunakan praktik seperti continuous integration dan continuous delivery untuk menguji bahwa setiap perubahan berfungsi dan aman.

4. Skala (Scale)

Operasikan dan kelola infrastruktur dan proses pengembangan dalam skala besar. Otomatisasi dan konsistensi membantu perusahaan mengelola sistem yang kompleks atau berubah secara efisien dan dengan resiko yang berkurang.

5. Keamanan (Security)

Setiap perubahan yang terjadi perlu mempertahankan kontrol dan menjaga kepatuhan. Perusahaan dapat mengadopsi model DevOps tanpa mengorbankan keamanan dengan mengunakan kebijakan kepatuhan otomatis (automated compliance policies), fine-grained controlls, dan teknik manajemen konfigurasi.

6. Kolaborasi yang lebih baik (improved collaboration)

Dapat membangun tim yang lebih efektif dibawah model DevOps, yang menekankan nilai-nilai seperti kepemilikan dan akuntabilitas. Pengembang dan tim operasi berkolaborasi secara erat, berbagi banyak tanggung jawab, dan menggabungkan alur kerja mereka. Ini mengurangi inefisiensi dan menghemat waktu (misalnya, periode serah terima yang dikurangi antara pengembang dan operasi, menulis kode yang memperhitungkan environment di mana kode dijalankan).

Baca juga :  Membuat Kode Otomatis di PHP Mysqli dengan Mudah!

Itulah penjelasan seputar apa itu definisi dari DevOps dan apasaja keunggulan dan manfaatnya bagi sebuah perusaan. Cukup sekian yang dapat caraguna sampaikan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020