pengertian dan jenis flowchart

Ketika kita ingin membuat kegiatan, program, maupun sistem, maka kita juga harus mendefinisikan alur nya dengan jelas agar dapat dimengerti oleh orang lain. Sehingga sistem yang kita buat dapat berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Untuk mendefinisikan alur tersebut kedalam bentuk diagram, maka kita dapat menggunakan flowchart. Apa itu flowchart? tahukah anda flowchart memiliki berbagai jenis, simbol dan memiliki peranannya masing-masing.

Pengertian Flowchart (Diagram Alir)

Flowchart atau biasa disebut dengan diagram alir adalah sebuah bagan (chart) yang berbentuk simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail yang berhubungan antara proses satu dengan proses yang lainnya berupa instruksi dalam sebuah program.

Bagan alir (flowchart) biasanya digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi dimana dapat membuat sebuah program menjadi lebih sempurna. Misal, sistem informasi perpustakaan, penggajian karyawan, sistem pergudangan dan lain-lain.

Dengan menggunakan flowchart, mampu memberikan solusi selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan masalah yang ada didalam proses. Selain itu, flowchart sangat penting untuk diterapkan guna meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan didalam program.

Jenis-jenis flowchart (diagram alir)

Berikut ini adalah macam-macam flowchart yang memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing. Flowchart tersebut dibagi menjadi 5 macam, antara lain :

1. Flowchart system

Sistem diagram alir (flowchart system) adalah bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan didalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada didalam sistem, atau sebagai diagram alir program yang menggambarkan urutan pengerjaan dari suatu program dengan memanfaatkan simbol-simbol tertentu.

Baca juga :  Cara Cepat Screenshoot Komputer atau Laptop di Windows

Contoh flowchart system :

Contoh flowchart system

Jenis flowchart sistem menunjukkan sebuah kontrol dari sistem aliran secara fisik. Bagan dari flowchart data ini menunjukkan apa yang dikerjakan oleh sebuah sistem.

Flowchart sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data tersebut.

2. Flowchart dokumen

Bagan alir dokumen (document flowchart) atau biasa disebut dengan paperwork flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusannya yang berfungsi untuk menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem.

Contoh flowchart dokumen :

contoh flowchart dokumen

Pada flowchart ini menggunakan berbagai simbol yang sama dengan yang digunakan pada flowchart sistem.

Selain itu, bagan alir dokumen ini menggambarkan tentang alir dokumen dan informasi dalam setiap bidang yang bertanggung jawab dalam suatu organisasi.

Bahkan flowchart document ini dapat menampilkan asal dari setiap dokumen, bagaimana proses distribusinya, tujuan penggunaannya, tempat tujuan akhirnya, serta segala hal yang terjadi selama dokumen tersebut mengalir melewati alir sistemnya.

3. Flowchart skematik

Jenis flowchart selanjutnya yaitu Flowchart skematik adalah bagan alir yang biasanya digunakan sebagai alat penghubung antar analis sistem dengan orang yang belum paham dengan simbol atau notasi flowchart yang konvensional.

Contoh flowchart skematik :

Contoh flowchart skematik

Flowchart skematik ini mirip dengan flowchart system, dimana menggambarkan sebuah sistem atau prosedur. Namun flowchart skematik tidak hanya memakai simbol atau notasi flowchart biasa, tapi juga memakai gambar-gambar peripheral, komputer, form-form atau peralatan lain yang dipakai dalam sebuah sistem.

Penggunaan gambar tersebut bertujuan sebagai ganti dari notasi atau simbol dari flowchart yang akan menghemat waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mendalami simbol abstrak sebelum dapat memahami flowchart.

Memang dalam menggunaakan gambar-gambar tersebut dapat menjadikan flowchart menjadi lebih mudah dipahami, namun sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menggambarnya.

Baca juga :  Apa Itu TypeScript? Kelebihan TypeScript, dan Perbedaannya dengan Javascript

4. Flowchart program

Flowchart program (bagan alir program) adalah suatu bagan yang menggambarkan secara detail langkah demi langkah dari proses program yang dibuat berdasarkan derivikasi atau paradigma bagan alir sistem (flowchart system).

Contoh flowchart program :

Contoh flowchart program

Bagan alir program itu sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Program logic flowchart adalah flowchart yang berfungsi untuk menggambarkan tiap langkah didalam program komputer secara logika.

Sedangkan detailed computer program flowchart adalah bagan alir program yang digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci dimana bagan alir ini disiapkan oleh sipemrogram.

5. Flowchart proses

Jenis flowchart yang terakhir adalah bagan alir proses (flowchart process). Bagan alir jenis ini merupkan bagan yang sering digunakan di teknik industri yang berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan suatu proses dalam suatu prosedur.

Selain analis sistem, flowchart process ini juga digunakan oleh seorang perekayasa industrial untuk mempelajari serta mengembangkan dari berbagai proses manufactoring.

Contoh flowchart process :

contoh flowchart process

Flowchart process merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.

Simbol flowchart lengkap :

Simbol flowchart lengkap

Kesimpulan dan penutup

Flowchart sangat penting sekali dalam perancangan sistem untuk membangun atau mengembangkan aplikasi maupun program yang akan anda kerjakan. Setiap sistem harus memiliki alur dan prosedur yang jelas agar dapat menciptakan sebuah produk yang baik dan berkualitas.

Anda dapat menggunakan jenis flowchart seperti penjelasan diatas sesuai dengan kebutuhan sistem (system requirement) mulai dari input, process, dan output. Untuk membuat flowchart sendiri anda bisa menggunakan tools seperti microsoft visio. Anda juga bisa membuatnya langsung pada platform online seperti apps.diagrams.net, smartdraw, dan lain-lain.

Baca juga :  Mau Jadi Freelancer? Kenali Pengertian, Syarat, dan Contoh Kerjanya

Itulah pengertian dan jenis-jenis dari flowchart yang dapat caraguna share pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin disampaikan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

One thought on “Pengertian dan Jenis-jenis Flowchart Beserta Simbolnya, Ternyata Berbeda!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020