apa itu bahasa pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman – bahasa memang menjadi salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan bahasa, kita juga dapat mengekspresikan suatu emosi tertentu yang ingin kita ungkapkan. Hal ini juga berlaku pada sistem komputer dimana kita perlu menginisialisasikan instruksi agar dapat dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman sehingga program dapat berjalan sesuai keinginan.

Pada artikel kali ini, caraguna akan membahas lebih jelas tentang definisi dari bahasa pemrograman, dan bahasa pemrograman apa saja yang saat ini populer digunakan.

Apa itu bahasa pemrograman?

Apa itu bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman sering disebut juga bahasa komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang biasanya berupa aturan sintaks dan semantiks yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa program merupakan sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk dapat melakukan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Bahasa program berfungsi untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer. Bahasa tersebut memungkinkan seorang programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan, diubah bahkan dihapus. Serta jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Tingkatan bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu bahasa program tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi.

1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level)

Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan perintah atau instruksi yang ditujukan kepada komputer dengan menggunakan kode biner (binary). Kode-kode tersebut akan langsung diterjemahkan oleh komputer tanpa harus melalui proses kompilasi.

Baca juga :  Apa itu DDoS (Distributed of Denial Service)? Cara Mengatasi DDoS?

2. Bahasa pemrograman tingkat menegah (middle-level)

Bahasa program tingkat menengah yaitu instruksi yang berupa kode mnemonic seperti ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP dan lainnya. Namun, bahasa dalam tingkat menengah ini harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin, karena komputer hanya mengerti penggunaan bahasa mesin.

3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (hight-level)

Bahasa program tingkat tinggi ini berisi instruksi-instruksi yang menggunakan bahasa alamiah yang dimengerti manusia, seperti bahasa Inggris atau matematika. Tingkatan ini diciptakan untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki tingkat menengah dan tingkat rendah.

Contoh bahasa pemrograman yang populer dan disukai banyak orang

Berikut ini adalah hasil dari survey stackoverflow mengenai bahasa pemrograman yang populer dan paling disukai selama empat tahun terakhir. Stackoverflow itu sendiri adalah salah satu dari sekian banyak platform dalam dunia IT yang menjadi favorit banyak programmer

Survey bahasa pemrograman paling disukai 2020

Beberapa bahasa pemrograman diatas dijelaskan pada link berikut:

Kesimpulan

Jika anda ingin membuat sebuah software maupun aplikasi, maka wajib bagi anda mempelajari minimal satu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan instruksi standar untuk memerintah komputer yang biasanya berupa aturan sintaks dan semantiks yang digunakan untuk mendefinisikan alur program komputer untuk membuat sebuah aplikasi.

Pada dasarnya semua bahasa pemrograman memiliki kualitas yang bagus yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana anda menggunakannya layaknya seorang pilot dalam mengendalikan pesawat. Cukup sekian yang dapat caraguna share pada kesempatan kali ini, jika ada yang ingin disampaikan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Baca juga :  Apa Itu Software Engineer? Kenali Prospek Kerjanya Berikut

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

One thought on “Pengertian Bahasa Pemrograman dan Contohnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Oct 29, 2020