PDF Reader

PDF Reader gratis & ringan – membaca memang sudah menjadi hal yang penting jika kita ingin belajar sesuatu. Peran buku sangat penting sebagai media untuk memperoleh materi maupun berbagai informasi. Di masa perkembangan teknologi saat ini, buku sudah dikemas dalam bentuk ebook sehingga kita lebih mudah membaca dimanapun dan kapan pun.

Buku elektronik (Ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.

Tidak jarang ebook memiliki format file yang berekstensi .pdf, sehingga kita memerlukan aplikasi bantuan yang mampu membaca isi dari file pdf tersebut. Tenang sob, kali ini mimin akan menunjukkan beberapa rekomendasi aplikasi pdf reader yang ringan, gratis, dan terbaik yang dapat digunakan di windows 7,8, maupun 10.

Ada banyak software yang dapat anda gunakan untuk membaca file pdf, mulai dari yang sangat ringan dengan penggunaan sumberdaya sistem yang minimal karena dibuat hanya untuk membaca file dokumen PDF hingga software yang memiliki fitur lengkap yang mencakup annotations dan highlighting.

Daftar Software PDF Reader Ringan Gratis dan Terbaik 2020

Berikut ini beberapa daftar pdf reader rekomendasi dari mimin. Tentunya software pilihan yang sangat ringan dan gratis untuk anda gunakan di Windows.

1. Adobe Acrobat Reader DC

Adobe Acrobat DC

Adobe acrobat reader adalah sebuah aplikasi PDF reader besutan dari Adobe yang paling populer dan terbaik di windows 10.  Adobe Reader itu sendiri adalah salah satu pembaca PDF yang paling banyak digunakan karena tersedia secara gratis dan dilengkapi dengan antarmuka yang user-friendly. kamu dapat membuka semua jenis file PDF bahkan walaupun ukurannya besar.

Baca juga :  9 Tips Memilih Hardisk Terbaik dan Berkualitas Untuk Komputer

Adobe Acrobat Reader DC memungkinkan kita mencetak, melihat serta membaca file dalam bentuk portable document format atau yang lebih dikenal dengan nama PDF. Acrobat Reader menyediakan sejumlah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan formulir PDF dibuat dengan kolom formulir diisi dengan aplikasi seperti Adobe Acrobat Professional dan Adobe Formulir Designer.

Melalui layanan Acrobat anda bisa membuat, menyimpan dan berbagi dokumen dengan teman anda.

Kelebihan dari adobe acrobat ini dibanding yang lain yaitu terdapat pada standar global untuk sharing dokumen elektronik. Ini merupakan satu-satunya aplikasi pembuka file PDF yang dapat membuka dan berinteraksi dengan semua dokumen PDF.

Program Adobe Reader banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna Laptop & komputer personal, bisnis dan pendidikan.

2. Foxit Reader

Foxit Reader

Foxit reader merupakan satu-satunya pdf reader yang memiliki tampilan interface menyerupai microsoft office. Selain itu foxit reader merupakan aplikasi open source yang ringan serta mendukung fitur multi tab, sehingga memudahkan kita saat membuka banyak file PDF.

Tidak hanya itu, foxit reader dapat digunakan untuk membuat file pdf dari scanner, file maupun dokumen kosong serta support scan dan optical character recognition atau OCR.

Memiliki fitur convert to pdf dari berbagai jenis file lain seperti word, image, dan lainnya melalui windows contet menu. Selain itu, foxit reader juga memudahkan kita dalam share file yang sedang kita buka langsung ke facebook wall atau group.

Sebenarnya masih banyak fitur unggulan yang terdapat pada foxit reader. Sehingga tidak jarang aplikasi ini dipilih sebagai pdf reader default.

3. Browser PDF Reader Built-in

Browser pdf reader build in

Jika kalian memiliki software browser di komputer kalian, sebenarnya kalian sudah pernah menggunakan pdf reader satu ini. Yap, Build-in PDF readers merupakan tools pdf reader yang tersedia pada browser seperti chrome, mozila, opera, dan lainnya.

Baca juga :  Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Disqus Ketimbang Default Komentar Wordpress!

Walaupun tidak banyak fitur, tapi Built-In PDF Readers sangat cepat, menjadikanya cara yang mudah untuk membaca dokumen PDF di browser kamu tanpa harus menginstal dan meluncurkan aplikasi terpisah.

Sampai saat ini, windows juga dilengkapi dengan build-in PDF readers dimana sudah terintegrasi dengan browser dan sistem operasi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

4. slimPDF Reader

slimPDF Reader

SlimPDF Reader adalah salah satu pdf reader teringan yang sudah lama menjadi incaran alternatif dengan kapasitas yang kecil yaitu hanya 5mb saja. Selain itu, software ini juga tersedia secara gratis.

Sama halnya dengan software pdf reader lainnya, dengan slimPDF reader ini, anda dapat mengambil bantuan dari  keyboard shortcut untuk membuka file, mengedit atau untuk melakukan operasi lainnya. Kotak pencarian akan membantu kamu dalam mencari konten dalam file PDF mu dengan mudah.

5. Nitro Reader

Nitro PDF Reader

Nitro Reader merupakan sebuah software pdf reader yang dapat kamu jalankan di windows dengan gratis. Fitur dari nitrini cukup banyak dengan model tampilan layaknya microsoft office seperti foxit reader.

Selain gratis, tampilan atau user interface dari nitro reader cukup nyaman didominasi warna putih flat sehingga tidak membuat mata cukup lelah saat kita membaca ebook.

Dengan menggunakan nitro kamu dapat mengisi formulir pdf, convert pdf ke text, bahkan bisa untuk mengekstrak gambar yang ada pada dokumen pdf. Nitro reader jiga berfungsi sebagai PDF virtual printer untuk menyimpan dan mencetak dokumen menjadi pdf. Sehingga disaat kita install nitro, maka otomatis device dan printers kita akan bertambah satu yaitu Nitro PDF Creator.

6. PDF-xchange viewer

PDF-xchange viewer

PDF-xchange viewer – aplikasi ini dikenal sebagia pdf reader yang paling cepat. Meskipun tidak seringan pdf reader yang lain, PDF-Xchange Viewer punya dukungan yang baik untuk mengedit dan anotasi, meskipun untuk proses editing yang lebih kompleks akan membutuhkan aplikasi yang memiliki fitur lebih lengkap seperti Adobe Acrobat versi berbayar.

Baca juga :  Pengenalan WebSocket, Kenapa Harus Pakai WebSocket?

PDF XChange Viewer juga disediakan dalam versi portable bagi anda yang tidak menginstallnya, kalau anda ingin menggunakan OCR dalam versi portable maka akan membutuhkan OCR Lang Files yang khusus untuk versi portable.

PDF XChange Viewer selain gratis, kecil juga menawarkan fitur – fitur yang menjadi keunggulan dibanding aplikasi pdf reader lainnya.

7. Sumatra PDF

Sumatra PDF

Sumatra PDF Merupakan PDF reader paling ringan dari aplikasi lainnya. Antarmuka yang sederhana dan terdapat versi portabel yang dapat anda gunakan dimana-mana.

Metode pencarian dari aplikasi ini jauh lebih cepat terutama jika dibandingkan dengan adobe acrobat. Sumatra PDF mendukung cara pintas keyboard, sehingga ideal untuk membaca file PDF cepat. Sumatera juga mendukung jenis file lainnya, termasuk eBook dalam format ePub dan Mobi dan buku komik pada format CBZ dan CBR.

Itulah beberapa rekomendasi dari aplikasi pdf reader gratis dan ringan yang dapat anda gunakan di windows 7,8,10. Semua memiliki kualitas yang bagus. Silahkan anda pilih sesuai selera. Cukup sekian, semoga apa yang dapat caraguna share dapat bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang disampaikan silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 3.5 / 5. Jumlah vote: 4

Masih belum ada yang rate nih!

One thought on “Top Aplikasi PDF Reader Teringan & Gratis 2020 Untuk PC”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021