apa itu expressjs

Express JS dan Kelebihannya – dalam proses pengembangan aplikasi web, biasanya dibagi menjadi dua proses yaitu frontend dan backend. Jika di ibaratkan sebuah mobil, tampilan luar, desain mobil dan kenyamanan pengguna adalah bagian dari pengerjaan frontend, sedangkan mesin, pengolahan bahan bakar dan mengukur laju kendaraan adalah tugas dari backend.

Di pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang kerangka kerja atau framework backend yang cukup populer digunakan untuk pengembangan aplikasi web yaitu Express.Js. Sama halnya dengan mobil, Backend merupakan inti dari sebuah aplikasi, tanpa mesin atau backend, mobil tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

express js ranking

Gambar diatas diambil dari situs Hotframeworks yang membahas tentang framework-framework yang paling populer digunakan di seluruh dunia berdasarkan score pada github dan stackoverflow. Dari gambar tersebut dapat anda lihat bahwa, Express.JS termasuk kedalam salah satu top framework yang paling banyak digunakan, hal ini menandakan bahwa Express JS merupakan framework yang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Apa itu Express JS?

ExpressJS adalah salah satu framework javascript untuk pengembangan backend terbaik yang di desain secara minimalis dan fleksibel yang menyediakan serangkaian fitur menarik untuk pengembangan aplikasi web maupun mobile (react). Anda dapat melihat website resminya di expressjs.com yang didalamnya terdapat beberapa penjelasan singkat tentang expressjs.

expressjs definition

ExpressJS memudahkan anda dalam pembuatan aplikasi web dimana dengan expressjs, anda tidak perlu menggunakan module http bawaan dari NodeJS. Framework ini menawarkan beberapa fitur seperti routing, rendering view, dan mendukung middleware dengan kata lain anda akan banyak menghemat waktu dalam pengembangan aplikasi Node.js.

Baca juga :  Definisi VGA, Jenis dan Fungsinya Yang Perlu Kamu Ketahui

Pada dasarnya Express JS berupa library javascript dimana kita dapat membangun sistem backend dengan mudah mulai dari pengaturan NPM, instal express package, membuat model, routes, dan lain-lain. Banyak perusahaan besar yang menggunakan framework expressjs seperti IBM, Paypal, GoDaddy, Walmart, Storylens, Flickr dan masih banyak lagi.

Selain itu, anda juga bisa membuat web server HTML, server file statik, aplikasi chat, search engine, social media, layanan web dengan akses melalui REST API atau aplikasi hybrid yaitu selain pengguna mempunyai akses melalui REST API juga mempunyai akses ke HTML page. Hal ini sesuai dengan penggunaan utamanya yaitu membuat Restful API yang meneripa permintaan dari frontend dan mengirim respons yang sesuai.

Kenapa harus ExpressJS?

Framework pengembangan aplikasi web sebenarnya ada banyak sekali seperti Laravel, Django, Ruby on Rails, dan lain-lain. Namun, mengapa anda harus memilih ExpressJS?

  • Anda hanya perlu mempelajari satu bahasa untuk pengembangan frontend dan backend, yaitu javascript. Pada pengembangan frontend, anda pasti akan menggunakan HTML, css, dan javascript (termasuk backend). Namun jika menggunakan framework lain, untuk backend anda diharuskan menggunakan bahasa tertentu pada framework yang digunakan, hal ini akan sangat merepotkan jika anda masih belum familiar dengan bahasa pemorgraman lain.
  • Dukungan penuh dari Node.js merupakan salah satu alasan terbaik kenapa anda harus memilih Express.Js. Sehingga anda dapat mengembangkan backend Express.Js dengan dukungan semua paket NPM yang membuat proses pengembangan menjadi lebih mudah.
  • Anda dapat melakukan proses debuging aplikasi menjadi lebih cepat dari sebelumnya dengan bantuang mekanisme debugging yang telah disediakan. Hal ini akan membantu anda dalam menemukan error maupun bug dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu.
Baca juga :  Junior, Middle, Senior Programmer Apa Bedanya?

Kelebihan ExpressJS untuk backend development

Express.Js memiliki banyak keunggulan menarik, meskipun sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh expressJS, namun pada bagian ini saya akan menjelaskan lebih detail kelebihan utama dari ExpressJS yang dilihat dari segi pengembangan backend development.

1. Men-skalakan aplikasi anda lebih cepat

Manfaat pertama yang akan anda dapatkan ketika menggunakan Express.Js adalah anda dapat menskalakan aplikasi dengan cepat. Seperti yang anda ketahui bahwa Express.js di support oleh Node.Js sehingga terdapat dukungan penambahan node dan resource tembahan. Bahkan, anda dapat dengan cepat menskalakan aplikasi anda dengan banyak cara.

2. Menggunakan Javascript

Express.Js menggunakan bahasa pemrograman Javascript dimana bahasa ini termasuk bahasa yang mudah dipelajari. Anda dapat mengerjakan bagian frontend dan backend secara langsung dengan bahasa yang linear yaitu javascript. Hal ini tentunya akan membuat waktu proses pengembangan menjadi lebih cepat.

Selain itu, dengan express.js dapat mengurangi biaya pengembang untuk maintenance aplikasi. Karena Express.Js adalah full-stack javascript, sehingga anda tidak perlu menyewa developer yang berbeda untuk mengelola frontend dan backend suatu aplikasi.

3. Didukung oleh Google v8 Engine

Express.Js didukung oleh mesin Google V8, sehingga membuat kinerja dari aplikasi anda lebih tinggi tanpa adanya lah atau error dalam proses pengembangan.

4. Dukungan komunitas yang cukup besar

Jika anda mengalami masalah saat bekerja dengan Express.Js, anda dapat dengan mudah mendapatkan bantuan dari komunitas yang dapat membantu anda kapan saja. Sudah banyak website yang membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Express.Js, seperti solusi bug, tutorial, bahkan dokumentasi dari Express.js dibuat dengan baik dan mudah dipelajari.

5. Mendukung caching

Express.Js mendukung fitur caching, keuntungan dari fitur ini adalah anda tidak perlu mengeksekusi kode lagi dan lagi atau secara berulang. Sehingga hal ini membuat halaman web memuat lebih cepat dari sebelumnya. Alhasil performa dari aplikasi yang akan anda buat akan semakin tinggi.

Baca juga :  Tips Jitu Dapatkan Ide Artikel Blog Dengan Mudah

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Sunday, Feb 28, 2021