bahasa pemrograman r

Mengenal Bahasa Pemrograman R – halo teman-teman, apa kabar? pada kesempatan kali ini, caraguna.com akan membahas sedikit tentang salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer digunakan untuk analisis data dalam jumlah besar. Apalagi kalau bukan bahasa pemrograman R. Bahasa satu ini dapat diakses secara gratis (open source). Pengguna dari bahasa R sangat aktif diseluruh dunia yang berkontribusi dalam perkembangannya. Fleksibilitas R menjadikan R pilihan terbaik untuk melakukan manajemen data yang kompleks dan analisis statistik untuk kepentingan organisasi di berbagai bidang.

Bahasa R sering diimplementasikan pada bidang e-commerce yang memiliki sumber data beragam seperti spreadsheet dan database SQL maupun noSQL.  Perusahaan e-commerce dapat memanfaatkan R untuk melakukan analisis cross-selling menggunakan data yang dimiliki. Dari hasil analisis ini, perusahaan dapat memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebiasaan berbelanja konsumen. Rekomendasi ini nantinya dapat meningkatkan penjualan untuk perusahaanmu. Itulah salah satu alasan mengapa belajar bahasa pemrograman R sangat menguntungkanmu dan perusahaanmu.

Apa itu bahasa pemrograman R?

Bahasa pemrograman R disebut juga sebagai GNU S adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk  menguji, mengolah, dan menganalisis data statistika, grafik, data science. Bahasa R dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas AucklandSelandia Baru. Namun saat ini, bahasa R dikembangkan oleh R Development Core Team, di mana Chambers merupakan anggotanya. Pada dasarnya bahasa R hampir sama dengan bahasa S atau yang sering kita sebut dengan software SPSS. R merupakan satu kesatuan software yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas untuk manipulasi, perhitungan, dan penampilan grafik yang handal.

Banyak perusahaan besar memerlukan data scientist dengan menggunakan bahasa pemrograman R untuk mengolah dan menganalisis data perusahaan tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan proses bisnis. Kebanyakan perusahaan e-commerce dapat memanfaatkan bahasa R untuk melakukan analisis cross-selling menggunakan data yang dimiliki. Sehingga dari hasil analisis ini, perusahaan dapat memberikan rekomendasi yang nantinya dapat meningkatkan penjualan untuk sebuah perusahaan.

Baca juga :  Apa itu NodeJs? Pengenalan NodeJs Lengkap

Bahasa pemrograman R merupakan bahasa yang bersifat multi-platform. Sehingga anda dapat menggunakan bahasa ini di berbagai sistem operasi seperti windows, mac, maupun linux. Selain itu, aplikasi dari bahasa pemrograman R (RStudio) didukung oleh komunitas secara aktif melakukan interaksi antara satu dengan lainnya menggunakan internet.

Kelebihan bahasa pemrograman R

Setelah mengetahui apa itu bahasa pemrograman R, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dari bahasa yang sering dikatakan efektif untuk menangani data dalam sebuah perusahaan, yaitu bahasa R. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman R, antara lain sebagai berikut.

  1. Sintaks atau kode program pada bahasa R mudah dipelajari dan banyak fungsi statistik yang sudah terpasang.
  2. Sangat efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan. Selain itu, ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
  3. Memiliki perhitungan array yang lengkap.
  4. Terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data. Diantaranya mulai dari statistik deskriptif, fungsi probabilitas, serta berbagai macam uji statistik hingga time series.
  5. Tampilan grafik yang menarik, meskipun dapat diubah-ubah.
  6. Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan yaitu bersifat terbuka, maksudnya setiap orang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam bentuk paket kedalam software R.
  7. R termasuk salah satu jenis bahasa pemrograman komputer. Jika anda sorang programmer pastinya akan sangat mudah menyesuaikan dan mempelajari bahasa ini.
  8. Bagi sebagian pengguna GUI dengan sistem menu, R juga menyediakan banyak GUI yang berbasis sistem menu, antara lain RStudio, Tinn-R, R Commander, dan masih banyak lagi yang lain.
  9. Pengguna R tidak dibatasi, bahkan dapat digunakan untuk tujuan-tujuan komersial.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat tentang apa itu bahasa pemrograman R. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Baca juga :  Pengertian UseCase Diagram (UML), Komponen dan Simbolnya

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020