page actions are temporary disabled

Halo teman-teman blogger semua, pada kesempatan kali ini saya ingin sharing atau berbagi suatu hal yang baru kali ini terjadi selama saya menjadi blogger, dimana saya mendapati error atau masalah ketika melakukan request pengindeksan ke google search console. yak, error tersebut adalah :

“Page Actions are temporary disabled”

Pada awalnya saya bingung dan panik, kenapa ya?, apa yang terjadi dengan website saya, apakah saya melakukan kesalahan atau melanggar salah satu kebijakan dari google sehingga membuat website saya tidak dapat di indeks lagi. Setelah lama kebingungan dan mencari sebuah solusi, akhirnya datanglah penyelamat turun dari internet.

Bagaimana cara mengatasi “PAGE ACTIONS ARE TEMPORARILY DISABLED”

Sebenarnya anda tidak perlu panik, karena sebenarnya pemberitahuan tersebut bukanlah error, namun pemberitahuan dari google bahwa fitur dari pengindeksan untuk sementara dinonaktifkan karena terdapat beberapa perubahan pada konsol pencarian. Pihak google pun juga menegaskan bahwa:

“We have disabled the “Request Indexing” feature of the URL Inspection Tool, in order to make some infrastructure changes. We expect it will return in the coming weeks. We continue to find & index content through our regular methods.”

“Kami telah menonaktifkan fitur request indexing dari alat inspeksi URL, untuk membuat beberapa perubahan infrastrukture. Kami berharap ini akan kembali dalam beberapa minggu mendatang. Kami terus mencari dan mengindeks konten melalui konten dengan metode reguler.”

Dari pernyataan diatas jelas disimpulkan bahwa tidak ada solusi untuk masalah ini. Artinya kita tinggal menunggu sampai proses perubahan infrastruktur selesai. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah menunggu Google selesai membuat setiap perubahan yang diperlukan yang mereka buat dan mengaktifkan fitur itu lagi.

Baca juga :  Pengertian API (Application Programming Interface), Fungsi, dan Alasan Mengapa Harus Pakai API

Apakah website kita tetap terindeks?

Yap, website page kita akan tetap terindeks. Namun dengan cara reguler atau crawling biasanya. Tanpa melakukan request pengindeksan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman support google di

https://support.google.com/webmasters/answer/6211453#url_inspection

Itu saja yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang masih bingung, atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 1 / 5. Jumlah vote: 3

Masih belum ada yang rate nih!

3 thoughts on “Mengatasi “PAGE ACTIONS ARE TEMPORARILY DISABLED” Pada Google Search Console”

  1. Woww, terima kasih informasinya. Saya memang bingung di halaman URL Inspection ada tulisan masalah pengindekan baru bermasalah. Fitur pengindekan juga non aktif. Bersamaan dengan itu, traffic turun. Sampai akhirnya ketemu postingan di halaman ini.
    Ya, sekarang bisa tenang. Harus menunggu sampai masalah di google selesai.

  2. Ya solusi terbaik itu menunggu bbrp minggu seperti yg sudah di publikasi oleh google. kadang tombol itu mendesak dan perlu kalau kita tdk sabar pengen liat artikle kita terlihat di google. mari bersabar kawan… 🙂

  3. Makasih kak,
    Waktu blognya kak, berapa lama nunggunya itu yah?
    btw, caraguna.com pke wordpress atau blogspot, atau hosting dilain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020