Kunci kode otomatis

Pada kesempatan kali ini, caraguna akan membahas sedikit tentang bagaimana cara membuat script atau kode secara otomatis di PHP mysql yang nantinya bisa digunakan sebagai primary key pada tabel dalam database. Tentunya kode yang dihasilkan nantinya bersifat unik.

Kenapa harus membuat kode otomatis?

Mungkin salah satu dari kalian ada yang masih bingung kenapa harus membuat kode otomatis? bukannya di database mysql juga sudah ada fitur auto increment. Memang benar, dalam mysql ada fitur yang namanya auto increment dimana nantinya field tabel akan terisi secara otomatis, namun kode yang dihasilkan sangat sederhana, hanya berupa nomor urut saja dari 1 sampai n (banyak data).

Nah, jika kita ingin membuat kode yang kita inginkan, maka kita perlu membuat kode secara manual melalui script yang akan saya jelaskan nantinya. Tentunya dengan adanya custom kode yang akan kita generate, membuat tingkat keamanan database kita semakin baik.

Oke, langsung saja ya kita mulai tutorial untuk membuat kode otomatis di php mysql ini. Pertama yang perlu kalian siapkan adalah

  • Xampp,
  • Browser,
  • Code editor.

Buat database di phpmyadmin, disinisaya mencontohkan dengan memberi nama database saya caraguna-database. Setelah itu buat tabel barang dengan field kode barang dan nama barang. Atau jika tidak ingin ribet, kalian bisa menjalankan sintaks dibawah ini :

CREATE TABLE IF NOT EXISTS `tbl_barang` (
`kode_barang` varchar(20) NOT NULL,
`nama_barang` varchar(40) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`kode_barang`)
)

1. Buat koneksi ke server

Karena kita membuat kode pada bahasa pemrograman php, maka kita perlu menjalankannya kedalam sebuah server dengan memakai bantuan aplikasi xampp. Buat file dengan nama koneksi.php seperti dibawah.

$host       =   "localhost";
$user       =   "root";
$password   =   "";
$database   =   "caraguna_database";
$connect = mysqli_connect($host, $user, $password, $database);

2. Generate Kode

Setelah itu, buat file baru lagi dengan nama getid.php. Jangan lupa untuk menempatkan file ini dalam satu folder dengan file koneksi.php

include "koneksi.php";

$query = "SELECT max(kode_barang) as maxKode FROM tbl_barang";
$hasil = mysqli_query($connect,$query);
$data = mysqli_fetch_array($hasil);
$kodeBarang = $data['maxKode'];

$noUrut = (int) substr($kodeBarang, 3, 3);
$noUrut++;

$char = "BRG";
$kodeBarang = $char . sprintf("%03s", $noUrut);
echo $kodeBarang;

// Output :
// BRG001

3. Bedah kode

Oke teman-teman, jika kalian belum paham kode diatas, jangan khawatir karena mimin juga akan membahas kode yang barusan kita buat dari baris ke baris.

Baca juga :  Apa Itu React Native? Kelebihan React Native Dibanding Framework Lainnya

Untuk bagian poin pertama yaitu membuat tabel dalam database maupun menghubungkan php dengan database mysql, kita tidak perlu bahas lah ya, karena saya yakin kalian sudah paham. yang akan kita bahas kali ini yaitu poin ke dua, generate kode otomatis.

Pertama, agar file getid.php dapat terhubung juga dengan database maka kita perlu mengimport file koneksi.php yang sudah kita buat tadi dalam satu folder.

include "koneksi.php";

Kedua, jalankan sebuah query untuk menyeleksi tabel dan field mana yang akan dibuatkan sebuah kode baru. Cari nilai maksimalnya lalu simpan didalam tabel sementara dengan nama maxKode.

$query = "SELECT max(kode_barang) as maxKode FROM tbl_barang";

Jangan lupa eksekusi query tersebut dan tangkap (fetch) nilai/hasilnya dalam bentuk array lalu simpan kedalam variabel $data.

$hasil = mysqli_query($connect,$query);
$data = mysqli_fetch_array($hasil);

Ingat, tadi kan kita sudah menyeleksi tabel dan field kedalam tabel sementara yaitu maxKode, lalu kita panggil saja nilainya dan masukkan kedalam variabel $kodeBarang.

$kodeBarang = $data['maxKode'];

Kemudian kita dapatkan nilai kode baru dengan cara menjumlahkan 1 angka pada kode barang agar tidak terjadi redundansi data serta kode bertambah secara terus menerus apabila kita panggil file getid.php. fungsi substr berfungsi untuk memecah huruf dan angka pada kode barang sebelumnya (jika kode sebelumnya berupa gabungan huruf dan angka), simpan dalam fairabel $noUrut.

$noUrut = (int) substr($kodeBarang, 3, 3);
$noUrut++;

Setelah itu, jika kita ingin menambahkan huruf didepan kode, buat variabel baru dengan nama $char dan isikan sesuai keinginan kalian. gabung dengan kode baru yang kita simpan didalam variabel $noUrut tadi. Simpan hasil gabungan ke dalam variabel $kodeBarang. Tampilkan dengan menggunakan echo, selesai.

$char = "BRG";
$kodeBarang = $char . sprintf("%03s", $noUrut);
echo $kodeBarang;

Itulah tadi tutorial membuat sebuah kode otomatis pada php mysqli dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Baca juga :  Definisi Jaringan Komputer, Jenis, dan Manfaatnya Lengkap

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 2

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Sunday, Jul 12, 2020