manfaat server

Manfaat Server – dewasa ini kebutuhan akan persaingan bisnis dalam dunia teknologi kian meningkat. Apalagi perusahaan maupun organisasi yang mengelola sebuah informasi dalam jumlah besar. Dengan menggunakan server, kamu dapat mengelola dan memonitoring data dengan penyimpanan yang lebih luas.

Pada artikel kali ini, caraguna akan membahas tentang apa saja manfaat yang dapat perusahaan ketika menggunakan server. Namun, sebelum melangkah lebih jauh lagi, kamu perlu mengetahui apa itu komputer server dan klien.

Komputer Server adalah sebuah komputer yang menyediakan berbagai macam data, dokumen dan hal lain yang dibutuhkan komputer klien. Komputer klien membutuhkan komputer server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data yang terdapat pada server.

Manfaat Menggunakan Server

Manfaat server

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari server secara umum yang dapat meningkatkan value atau kualitas perusahaan kamu dalam persaingan dunia teknologi.

1. Mempermudah Kolaborasi

kolaborasi

Manfaat pertama yang pasti akan kamu dapatkan adalah mudah untuk mendapatkan akses data dari perangkat apapun dan juga lokasi dimanapun berada. Dengan begitu, server dapat membantu dan meningkatkan produktivitas perusahaan kamu dengan sangat baik.

Selain itu, hal ini pun sangat aman untuk dilakukan oleh kamu dan tim karena data sudah terenkripsi dengan sangat baik, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkan aksesnya.

2. Menghemat Biaya dan Waktu

menghemat biaya dan waktu

Selain mendapatkan akses dengan mudah, kamu juga akan menghemat biaya pengeluaran sehingga menjadi lebih ekonomis. Hal ini dikarenakan sever bisa berbagi sumber daya, sehingga kamu bisa menghemat untuk membeli peralatan atau kebutuhan seperti printer, internet dan lain sebagainya.

Baca juga :  Zoom vs Google Meet, Ini 10 Perbandingannya!

Apabila dalam sebuah perusahaan menerapkan server yang terhubung ke semua komputer lain sebagai clientnya, maka sebuah data bisa dibagikan secara cepat ke seluruh client dalam jaringan tersebut.

Kemudian, apabila ada komputer client yang ingin mencetak sebuah dokumen, maka dapat langsung melalui komputer server, sehingga hanya diperlukan satu buah printer di setiap komputer yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Hal ini pastinya akan menghemat biaya dan waktu dalam proses administrasi perusahaan.

3. Menjamin Keamanan Data

keamanan data

Dengan adanya server, maka kamu dapat menjaga dan menyimpan seluruh data lebih aman dan termonitoring setiap saat. Selain itu, data yang telah kamu simpan dapat diakses dengan cepat sesuai dengan kebutuhan. Dan yang paling penting, kamu juga dapat menghemat penyimpanan data dari perangkat komputer client dan dialihkan menuju server.

4. Meningkatkan Reliabilitas

Reabilitas

Jika nantinya terdapat gangguan teknis yang bisa menghambat pekerjaan kamu, maka kamu tidak perlu risau. Karena, dengan adanya server, data kamu akan terpusat di komputer dan sudah memiliki komponen handal dan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi.

Tentu saja hal ini berbeda dengan mengandalkan perangkat komputer yang memang tidak terkoneksi dalam satu jaringan. Jika nanti terdapat komputer mengalami masalah, sudah dipastikan kamu tidak akan bisa mengakses data dan tidak bisa melanjutkan pekerjaan sampai perangkat tersebut diperbaiki.

5. Highly Available

highly available

Manfaat satu ini mungkin sudah dijelaskan sebelumnya. Highly available (ketersediaan tinggi) adalah manfaat yang dapat kamu peroleh dimana data yang kamu miliki akan selalu tersedia dimanapun dan kapanpun. Bahkan ketika perusahaan kamu mengalami bencana yang dapat mengakibatkan kehilangan data, kamu tidak perlu khawatir. Data kamu akan ter-cover dengan aman.

Baca juga :  Container VS Virtual Machine, Apa Bedanya?

Highly available sangat erat kaitannya dengan cloud computing, dimana kamu menyewa server dari pihak ketiga (AWS, AZURE, GCP) untuk menyimpan semua data kamu agar lebih aman.

6. Pusat Lalu Lintas Data

pusat lalu lintas data

Keberadaan server sebagai pusat jaringan komputer juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data yang masuk atau pun keluar. Dengan adanya fungsi ini, komputer klien dapat tetap terhubung ke internet melalui jaringan server proxy.

Server yang berfungsi sebagai pusat jaringan komputer secara otomatis juga berfungsi sebagai pusat aplikasi atau menu. Semua menu yang diatur di server akan dapat diakses oleh setiap klien dari berbagai tempat dengan syarat klien tersebut terhubung dalam satu sistem jaringan server.

7. Menyediakan Database untuk Dijalankan

database

Server juga mempunyai fungsi memberikan fasilitas database sebagai tempat penyimpanan dan pengolah data. Pada umumnya, perusahaan besar dapat memanfaatkan fungsi ini agar dapat menerapkan big data.

nantinya, semua data yang tersimpan dalam database ini bisa diolah dan diakses oleh pengguna. Dengan adanya layanan ini, banyak perusahaan yang bisa mengembangkan produk bisnisnya.

Selain manfaat diatas, server ternyata memiliki berbagai jenis. Apa saja? yuk baca Jenis – jenis Server.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Sep 25, 2021