Framework Yii

Kelebihan Framework Yii – pada kesempatan kali ini, caraguna masih akan membahas seputar framework bahasa pemrograman PHP, setelah sebelumnya kita mengulas tentang apa itu framework Phalcon. Yii termasuk salah satu framework yang cukup populer dalam bahasa pemrograman PHP.

Framework dapat memudahkan kita dalam proses pengembangan aplikasi, karena menjadikan aplikasi lebih cepat, efisien, dan maintainable (mudah dalam perawatan). Kamu dapat mengunjungi website resminya di yiiframework.com.

Buat kamu yang belum tau apa itu framework Yii,

Framework Yii (Yes it is) adalah Framework PHP berbasis komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi web berskala besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan.

Asal usul framework Yii

Framework Yii pertama kali dimulai pada 1 Januari 2008 oleh Qiang Xue, seorang programmer Cina, yang awalnya bertujuan untuk memperbaiki beberapa kekurangan dalam PRADO Framework.

Di versi awalnya, kerangka kerja PADRO dinilai memilki kecepatan lambat saat menangani halaman yang rumit. Nah, sehingga kerangka PADRO tidak banyak diminati lagi karena banyak kontrol yang sulit untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Akhirnya, Qiang Xue mencoba membangun kerangka kerja Yii menjadi lebih stabil. Bahkan ia juga mengadopsi teknik yang digunakan dalam PADRO untuk mengembangkan Yii. Selain PADRO, Yii juga terinspirasi oleh framework Ruby on Rails terutama dalam mekanisme ORMnya.

Baca juga :  Framework Phalcon PHP : Pengertian, Struktur dan Kelebihannya

Versi alpha resmi Yii dirilis pada 3 Desember 2008 pada versi stabil. Diwaktu itu, Yii berhasil menggebrak melalui benchmark performance antara Yii dengan beberapa framework PHP populer. Hasilnya, performa Yii jauh melampaui framework lain hingga kemudian banyak developer PHP bermigrasi ke Yii. Hingga sekarang Yii telah mencapai versi 2.0.0 pada 13 Januari 2021 kemaren.

Kenapa harus memilih Yii dibanding framework lain

Seperti framework PHP lainnya, Yii juga mengimplementasikan arsitektur MVC. Namun, Yii melampaui framework PHP lainnya dalam hal efisiensi, kekayaan-fitur, dan kejelasan dokumentasi.

Yii didesain dengan sangat baik dan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan aplikasi web. Selain itu, Yii bukan berasal dari produk atau beberapa komponen pihak ketiga.

Selain itu, Yii memiliki banyak fitur yang dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi, seperti :

  • Widget, merupakan konsep Yii yang telah menyediakan komponen-komponen user interface yang siap pakai. Misalnya, grid, autocomplete, tree view, dan masih banyak lagi.
  • Extension, merupakan kontribusi dari pengguna-pengguna Yii dengan membuat widget, library, ataupun component yang bisa dipakai dan belum ada di Yii secara build-in.
  • Thema, merupakan konsep skinning sehingga kamu dapat mengkustomisasi tampilan komponen user interface pada aplikasi menggunakan CSS. Dengan konsep theming, kamu dapat merubah seluruh tampilan aplikasi sesuai dengan keinginan.

Kelebihan Framework Yii dalam bahasa pemrograman PHP

homepage Yii framework

Setelah mengetahui apa itu pengertian dari framework Yii, saatnya kamu lebih mengenal lebih dalam tentang apa saja kelebihan yang akan kamu rasakan ketika menggunakan framework Yii. Berikut beberapa kelebihan atau keunggulannya :

1. Mudah di install

Jika kamu seorang web developer, maka kamu akan merasakan mudahnya instalasi dan konfigurasi didalam framework Yii. Instalasi framework Yii ditangani oleh composer serta konfigurasi yang tidak rumit dibanding framework lainnya.

Baca juga :  Page Authority : Pengertian dan Manfaatnya Dalam SEO

2. Praktis

Yii terbilang framework yang praktis karena memiliki banyak fitur dan fungsi yang bisa dilakukan oleh framework Yii. misalnya, GII yang bisa memudahkan anda dalam pembuatan CRUD. GII membuatnya bisa berjalan hanya dengan sekali proses. Dengan demikian program yang kamu jalankan bisa cepat selesai.

3. Teknologi yang modern

Yii framework menggunakan OOP dan menggunakan keunggulan dari PHP untuk fitur yang lebih baik. Hal tersebut termasuk late static binding, SPL classes, dan interfaces anonymous functions.

4. Memiliki keamanan yang terjamin

Framework Yii telah dilengkapi dengan situs web keamanan, sebut saja alat untuk mencegah dan mengatasi serangan XSS, serangan CSRF, dan injeksi SQL.

Bahkan, ada juga fitur dukungan keamanan lainnya, seperti input & output filter validasi standar, dan fitur hash kata sandi untuk mengenkripsi dan mendekripsi saat masuk.

5. Caching yang luar biasa

Kelebihan lain dari Yii adalah kemampuan melakukan caching secara optimal. Didalam Yii, caching dilakukan untuk membuat situs web yang dinamis terlihat seperti situs web statis, sehingga kecepatan akses di situs web akan lebih cepat.

6. Sangat fleksibel

Yii sangat populer dari kemampuannya yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Setiap komponen dari framework ini secara virtual sangat fleksibel. Framework Yii cocok untuk proyek dengan skala menengah keatas dan memiliki waktu produksi yang terbatas.

7. Waktu pengembangan lebih cepat

Kebanyakan projek melibatkan sejumlah task yang berulang. Yii memberikan beberapa tool yang dapat membantu untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk task berulang tersebut. Sehingga lebih terfokuskan menyesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan klien.

Salah satu tool yang bagus dari Yii yaitu GII yang sudah disebutkan sebelumnya. GII merupakantool scaffoling kode berbasis web yang memungkinkan kita untuk secara cepat membuat template kode untuk Model, Controller, form, module, extension, serta CRUD controller action dan view.

Baca juga :  Mengenal Framework Express JS dan Kelebihannya

Kekurangan framework Yii

first yii application

Setiap teknologi yang diciptakan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan framework Yii. Selain beberapa kelebihan framework Yii diatas, berikut beberapa kekurangan atau kelemahan yang perlu kamu ketahui juga.

  • Lambat mengadopsi teknologi baru, Yii termasuk framework PHP yang paling tua, sehingga sistem yang berjalan masih terkesan jadul dan tidak mengikuti perkembangan.
  • Keputusan tidak diambil oleh satu orang, Yii dibangun oleh Qiang Xue, setelah itu dibantu oleh beberapa developer terkemuka dunia yang kemudian menjadi core developer. Hal ini mempengaruhi hak suara dalam pembangunan fitur Yii. Sehingga pengembilan keputusan menjadi lambat.
  • Bukan framework tercepat, jika dibandingkan dengan framework lainnya, Yii berada di peringkat kedua dibawah Codeigniter.
  • Yii bukan kerangka kerja yang paling populer, meskipun tidak semua yang populer mencerminkan banyak keuntungan, namun setidaknya ketika pengembang mengalami masalah, ada banyak orang yang dapat diundang untuk berpartisipasi dalam diskusi.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “Kenalan Framework Yii PHP, 11 Kelebihan dan Kekurangannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Sep 25, 2021