Freelancer

Dewasa ini, freelancer merupakan pekerjaan yang sangat populer. Sebuah pekerjaan yang tidak terikat dengan perusahaan membuat kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun.

Pekerja lepas atau yang sering kita sebut dengan freelancer ini merupakan seseorang yang bekerja secara individual yang memiliki kontrak kerja dengan klien dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Dahulu, bekerja masih menggunakan sistem yang sangat konfensional. Dimana kita pergi ke kantor sesuai dengan jam kerja, lalu pulang. Namun tidak untuk freelancer, sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, kita dapat bekerja dari jarak jauh dengan cara remote.

Dengan bantuan internet, menjadi freelancer bukan lagi merupakan hal yang sulit dilakukan. Banyak platform yang mewadahi para pekerja freelance untuk berinteraksi dengan klien. Jika anda ingin tahu lebih jelas tentang apa itu freelance, silahkan kunjungi halaman berikut pengertian freelancer.

Keuntungan atau kelebihan bekerja sebagai seorang freelancer

Menjadi pekerja lepas dapat menjadi awal untuk memulai karir dan mencapai tujuan hidup yang kamu inginkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda bekerja sebagai seorang freelancer.

1. Bebas tidak terikat (Bekerja dimana saja)

Freelancer merupakan tenaga lepas yang tidak terikat oleh perusahaan sehingga bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Kamu bisa mendapatkan kenyamanan rumah dan seisinya sambil bekerja.

Baca juga :  Pilih Mana Windows, MAC, Linux? Gausah Bingung, Yuk Cek Perbedaannya!

Bekerja secara bebas sesukamu tanpa memakai seragam, bahkan kamu juga bisa bebas merancang proyek seperti apa yang kamu inginkan tanpa adanya tingkatan manajemen.

2. Bayaran sesuai kemampuan dan bisa lebih besar

Gaji atau bayaran dari seorang freelancer dapat ditentukan dari kemampuan atau skill yang ditawarkan kepada klien. Namun freelancing juga memungkinkan kita untuk menetapkan harga atau bayaran yang kita inginkan.

Berbeda dengan pekerjaan biasanya, freelancer juga mampu menghasilkan bayaran lebih besar dari biasanya. Tentunya tergantung dari proyek yang akan dikerjakan.

3. Mudah jika mau memulai menjadi seorang freelancer

Di era yang serba digital ini, menjadi seorang freelancer bukanlah hal yang sulit. Dengan internet, segala sesuatu menjadi mudah. Bahkan untuk mempertemukan dengan klien pun bisa sangat cepat.

Banyak situs freelance di internet yang membantu anda menemukan klien untuk menjalin kontrak kerja. Serta disana anda juga bisa membangun portofolio sehingga membuat anda lebih profesional.

Untuk menjadi seorang freelancer, anda cukup memiliki kemampuan layanan tertentu sesuai bidang yang anda kuasai. Artinya, kamu tidak perlu repot mempersiapkan modal yang besar untuk memulai menjadi seorang freelancer.

4. Bebas memilih klien

Anda bebas memilih klien yang akan bekerja sama dengan anda. Anda bisa menawarkan jasa anda kepada klien yang membutuhkan kemampuan anda.

Selain itu, anda bebas memilih mulai dari proyek yang paling mudah sampai yang paling sulit. dimana hal tersebut tidak akan anda dapatkan dengan menjadi karyawan tetap.

5. Fleksibel

Selain dapat bekerja secara bebas, seorang freelancer juga sangat fleksibel. Bagaimana tidak, anda bisa bekerja sambil menikmati makanan, rebahan, bahkan anda juga bisa melakukan aktivitas atau pekerjaan lain dalam satu waktu.

Freelance juga bisa kita jadikan pekerjaan sampingan (freelance part time). Sehingga kita tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama kita jika kita ingin beralih profesi ke freelancer.

7. Banyak pengalaman dan networking

Dengan bekerja freelance, anda tidak akan bekerja untuk beberapa klien atau perusahaan sekaligus. Sehingga anda tidak perlu selalu bekerja demi kepentingan satu perusahaan saja.

Baca juga :  Apa Itu Software House? Apa Saja Strukturnya?

Dengan demikian, anda akan memperoleh pengalaman lebih banyak dibandingkan saat bekerja penuh waktu untuk satu perusahaan. Pengalaman ini tentunya akan meningkatkan kemampuan anda dari waktu ke waktu.

8. Menjadi Bos untuk diri sendiri, tidak ada atasan maupun bawahan

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bekerja freelancer artinya anda tidak terikat dengan perusahaan, karyawan, maupun majikan. Anda bebas mengambil pekerjaan sekaligus, yang artinya anda bisa bekerja sebanyak yang anda mau.


Kelemahan atau kekurangan bekerja sebagai seorang freelancer

Selain kelebihan diatas, freelancer juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan anda, jika ingin memulai karir menjadi seorang freelancer. Kelemahan tersebut antara lain :

1. Penghasilan tidak menentu

Menjadi seorang freelancer memang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besar, namun karna sifatnya yang fleksibel, membuatnya bisa juga mendapatkan penghasilan yang tidak diinginkan.

Hal ini bisa saja terjadi disaat kebutuhan klien terhadap bidang yang kita punya sedikit pada saat itu. Bisa juga freelancer terkadang dihadapkan pada suasana dimana pekerjaan proyek sedang surut sehingga penghasilan per bulan menjadi tidak menentu.

Penghasilan seorang freelancer bergantung pada bagaimana kemampuan mereka dalam membangun jaringan untuk mempromosikan diri dan mencari proyek yang bisa dikerjakan.

2. Tidak mendapatkan fasilitas perusahaan

Freelancer bekerja secara individu tanpa terikat dengan perusahaan, sehingga tidak heran kalau mereka tidak mendapatkan fasilitas sebuah perusahaan.

Contoh sederhana yaitu anda tidak akan mendapatkan tunjangan maupun program pensiun dari perusahaan. Artinya, disini anda bertanggung jawab penuh atas diri anda sendiri.

3. Membutuhkan personal branding yang bagus

Personal branding atau mempromosikan diri anda sendiri sangatlah penting bagi seorang freelancer. Namun untuk melakukan personal branding ini tidaklah mudah, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sala satu contoh sederhana melakukan personal branding adalah dengan memamerkan hasil karya kalian untuk menarik perhatian klien. Mempromosikan diri tentunya merupakan hal yang krusial dalam meningkatkan reputasi freelance.

Baca juga :  Mau Jadi Freelancer? Kenali Pengertian, Syarat, dan Contoh Kerjanya

4. Butuh kedisiplinan

Kedisiplinan yang dimaksud disini adalah seorang freelancer harus mampu meyelesaikan segala proyek dengan tepat waktu sesuai dengan kontrak yang telah disepakati sebelumnya.

5. Persaingan antar freelancer sangat ketat

Dalam dunia kerja lepas, semua orang freelancer saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan dan portofolio untuk menarik perhatian klien agar percaya kepada mereka. Sehingga timbul persaingan yang ketat antar freelancer lainnya.

Hal ini akan sangat menyulitkan bagi anda jika ingin memulai berprofesi sebagai seorang freelancer untuk membuat klien tertarik kepada kita.

6. Resiko berhadapan dengan klien yang kurang menyenangkan

Untuk mendapatkan seorang klien, kita harus memiliki komunikasi yang baik, bahkan kita dituntut untuk bersikap ramah kepada klien agar klien nyaman dengan pelayanan yang kita berikan.

Namun, terkadang anda juga harus siap jika berhadapan dengan klien yang kurang menyenangkan nantinya. Hal ini mungkin saja terjadi ketika si klien merasa kurang puas dengan pelayanan anda.

Penutup

Bagaimana teman-teman? setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan seorang freelancer, apa yang anda pikirkan? Tertarik atau malah tambah ingin menjauhi profesi ini?

Setiap pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semua tergantung dari kita sendiri. Yang terpenting adalah kita selalu berusaha dalam melakukan sesuatu yang baik dan berkah. Karena sejatinya setiap hasil tidak akan menghianati usaha.

Cukup sekian yang dapat caraguna sampaikan, jika ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Jan 22, 2022