Kelebihan framework django

Kelebihan Framework Django – kenapa harus django? pertanyaan ini pasti muncul di benak anda apabila ingin mempelajari framework unggulan dengan bahasa pemrograman python. Django bersifat open source (gratis) yang dapat anda gunakan secara bebas dengan library yang bertebaran alias banyak.

Framework django awalnya dikembangkan pada tahun 2003-2005 oleh beberapa web developer yang bertugas membuat dan merawat web portal (newspaper website). Namun setelah membuat beberapa website, para web developer tersebut mulai membuat ulang kode-kode yang mereka buat dengan menerapkan beberapa design pattern, hingga projek mereka disebarkan secara open source dengan nama Django pada bulan Juli 2005.

Apa itu Django?

Django adalah framework (kerangka kerja) pemrograman web yang menggunakan bahasa Python tingkat tinggi (high-level) yang digunakan sebagai server-side dengan proses pengembangan yang lebih cepat daripada framework lainnya.

Framework Django sangat populer akhir-akhir ini dikalangan developer. Bahkan, perusahaan besar seperti Instagram, Sportify, DropBox, dan masih banyak lagi mengimplementasikan framework satu ini. Django sering digunakan dalam pemrograman Full Stack, yaitu pengembangan aplikasi pada front-end dan back-end dimana memiliki konsep kerja DRY (dont repeat yourself) sehingga memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik.

10 Kelebihan Framework Django

python django

Sebelum memulai menggunakan Django, alangkah baiknya anda mengetahui apa saja kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh framework satu ini. Beberapa kelebihan ini juga merupakan alasan lain mengapa Django dapat populer dikalangan developer. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga :  Inilah 10 Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Ditulis dengan bahasa Python

Framework Django ditulis menggunakan bahasa pemrograman python yang notabene merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami dibanding bahasa lainnya. Dengan python, anda bisa merasakan beberapa kelebihan yang akan ditawarkan oleh si python, antara lain:

  • Portabilitas, anda dapat melakukan porting ke berbagai platform,
  • Multi-paradigma : Python mendukung OOP (Object Oriented Programming),
  • Interaktif : Python dianggap lebih interaktif dari pada bahasa pemrograman yang lain sehingga dapat membantu anda untuk lebih fokus pada penyelesaian tugas bukan pada sintaksis.

2. Aman digunakan (Reassuring Secure)

Django dapat dengan mudah menangani berbagai masalah keamanan serius serta membantu para developer menghindari banyak kesalahan secara umum. Fitur keamanan internal yang disediakan oleh framework django membantu pengembang untuk melindungi aplikasi mereka dari berbagai serangan seperti cross-site scripting atau SQL injection. Selain itu, Django juga selalu update secara teratur dengan merilis keamanan path baru untuk mempertahankan sistem keamanan aplikasi.

3. Fitur untuk menyederhanakan Development Process

Django memiliki segala hal yang diperlukan untuk mengembankan sistem secara lengkap serta dapat menyelesaikan tugas-tugas umum dengan mengdopsi pendekatan “batteries included”, seperti user authentication, URL Routing, Database schema migration, dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak tools atau packages yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda ketika bekerja dengan teknologi mutakhir seperti analisis data, teknologi AI, serta machine learning. Bahkan, framework ini mudah diatur untuk digunakan dalam berbagai proyek.

4. Konsep kerja KISS dan DRY

Framework telah memenuhi prinsip KISS (Keep It Short and Simple) dan DRY (Dont Repeat Yourself). KISS berarti kode django yang ditulis harus singkat, mudah dimengerti , dan metode yang tidak lebih dari 40-50 baris. Selain itu, django juga mengikuti prinsip DRY, yaitu software pattern yang sering muncul dapat digantikan dengan abstraction sehingga pihak pengembang dapat menyederhanakan proses pengembangan dan membantu mempercepat waktu produksi secara keseluruhan.

Baca juga :  Top Aplikasi PDF Reader Teringan & Gratis 2020 Untuk PC

5. Mengimplementasikan ORM

Django memiliki build-in ORM (Object-relational Mapping) yang sangat powerfull. ORM ini memudahkan anda untuk melakukan query ke database dengan penulisan kode SQL yang minim. Selain itu, dengan ORM Django dapat memudahkan anda dalam mendesain schema database, karena setiap field yang didefinisikan calam class ORM anda dapat diubah langsung ke schema database.

6. Dokumentasi yang jelas dan lengkap

Django memiliki web dengan dokumentasi yang sangat lengkap dan terstruktur. Dokumentasi pada django dapat mudah dipahami meskipun anda seorang pemula sekalipun. Selain itu, dalam dokumentasinya juga terdapat code examples sebagai bahan belajar. dokumentasi dari django dapat anda lihat disini.

7. Fleksibel (Exceedingly Scalable)

Framework Django bersifat fleksibel, artinya anda dapat menggunakan framework ini pada projek kecil maupun projek dengan skala besar. Bahkan perusahaan yang memiliki bandwith besar pun dapat menggunakan django yang mampu menskalakan dengan cepat.

8. Cross Platform

Karena Django menggunakan bahasa pemrograman python, maka django dapat dijalankan pada platform apapun yang sudah terpasang python. Seperti mobile maupun pada komputer dan tablet.

9. Template Engine

Django memiliki build-in template engine, namun juga bisa menggunakan templating engine lain seperti jinja 2. Selain memiliki template, Django juga memiliki library dan API (Application Programming Interface) yang dirancang untuk bekerja sama untuk bertumbuh dan konektivitas.

10. Framework Serbaguna (Incredibly Versatile)

Framework Django telah digunakan oleh banyak perusahan, organisasi, bahkan pemerintah sekalipun. Django dapat digunakan untuk membangun berbagai macam sistem, seperti manajemen konten, sosial media hingga platform untuk komputasi ilmiah.

Kesimpulan dan Penutup

Django merupakan framework yang populer di beberapa tahun terakhir ini. Dengan fitur dan librarynya mampu membuat para developer beralih menggunakan framework satu ini. Django dinilai mudah dipelajari bagi pemula karena penulisan kode programnya yang simple dan dokumentasi yang jelas dan terstruktur.

Baca juga :  Yuk Cek 10 Manfaat Utama Internet Dalam Kehidupan Berikut Ini!

Itulah 10 kelebihan dari framework Django yang dapat caraguna share pada artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020