kelebihan dan kekurangan bahasa pemrohraman python

Halo para developer, pada kesempatan kali ini caraguna akan membahas salah satu bahasa pemrograman yang digadang-gadang akan menjadi bahasa terpopuler di beberapa tahun kedepan. Yap, apalagi kalau bukan bahasa pemrograman pyhton.

Dalam dunia pemrograman, terdapat banyak sekali bahasa yang dapat kita ekspresikan untuk mengeksekusi berbagai logika sistem, seperti java, php, ruby, termasuk salah satunya python. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kali ini topik tersebutlah yang akan kita bahas. Namun, sebelumnya apakah anda sudah tau apa itu bahasa pemrograman python?

Pengertian bahasa pemrograman python

Python merupakan bahasa pemrograman level tinggi yang saat ini sedang berkembang yang memiliki pengkodean dengan langkah-langkah lebih sedikit jika dibandingkan dengan java maupun C++. Python dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multiguna secara langsung (interpretatif) dengan metode pemrograman berorientasi objek (PBO). Serta menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax.

Banyak perusahaan besar menggunakan python sebagai bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi mereka seperti Instagram, Youtube, dan Google. Salah satu alasan kenapa python digunakan oleh perusahaan besar karena python memiliki paradigma pemrograman yang banyak dengan fitur-fitur yang serbaguna serta penggunaan kode pemrograman yang lebih sedikit.

Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipahami karena sama seperti bahasa pemrograman lainnya dengan menggunakan bahasa inggris.

Proses yang dilakukan saat runtime oleh interpreter python tidak perlu mengkompilasi program anda sebelum dijalankan. Bahasa pemrograman python juga bersifat interaktif, artinya dapat secara langsung berinteraksi dan menafsirkan scripting mengunakan Prompt Python saat menulis program anda.

Sejarah perkembangan bahasa pemrograman python

Python dikembangkan dan dibuat lebih lanjut oleh Guido Van Rossum, beliau adalah seorang programmer yang berasal dari Belanda. Dibuat dan dikembangkan pada tahun 1990 dikota Amsterdam. Lalu ditahun 1995, Python dikembangkan lagi untuk meningkatkan kompatibilitas dari program.

Baca juga :  Pengenalan WebSocket, Kenapa Harus Pakai WebSocket?

Kata python pertama kali bermula dari kata ‘Python’ yang diambil berdasarkan dari sebuah acara televisi yang lumayan terkenal bernama Monthy Python Playing Circus, yaitu sebuah acara sirkus yang disukai oleh Guido Van Rossum.

Di awal tahun 2000, versi python yang dikembangkan telah diperbarui lagi yang hingga saat ini bahasa pemrograman python telah mencapai versi 3.

Kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman python

Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang tidak menggunakan compiler. Proses pengembangan bahasa python dikembangkan secara berkesinambungan oleh programmer, penguji dan pengguna yang kebanyakan bukan ahli IT di seluruh dunia hingga akhinya menjadi seperti sekarang. Berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja kelebihan dan kelemahan dari bahasa pemrograman python.

Kelebihan bahasa pemrograman python

Kelebihan bahasa pemrograman python

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh situs stackoverlow, Bahasa pemrograman python merupakan bahasa yang menduduki urutan pertama sebagai bahasa yang paling banyak dibahas di dunia. Karena memiliki kelebihan atau keunggulan yang membuat bahasa satu ini digemari banyak orang diseluruh dunia. Keunggulan tersebut antara lain ;

1. Memiliki library yang luas dan banyak

Bahasa pemrograman python memiliki banyak library yang siap anda gunakan yang berisi berbagai modul. Didalamnya terdapat berbagai macam kode untuk digunakan seperti regulas expressions, documentation-generation, unit testing, database, CGI, email, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan adanya library ini, anda tidak perlu menulis lagi secara manual.

2. Open Source atau gratis

Python merupakan bahasa pemrograman open source atau dapat anda unduh secara gratis. Bahasa satu ini dikembangkan dibawah lisensi open source yang disetujui oleh OSI dimana bahasa pemrograman ini bebas digunakan, dikembangkan, dan di distribusikan, bahkan termasuk tujuan komersial.

3. Mampu meningkatkan produktifitas developer

Sebagai bahasa yang mudah digunakan dan dipelajari membuat developer menjadi lebih produktif, apa lagi disertai dengan library yang luas. Selain itu dengan bahasa python, anda hanya perlu menulis kode lebih sedikit sehingga anda mempunyai banyak waktu untuk bisa mengerjakan yang lain.

4. Mendukung Internet Of Things (IoT) yang baik

Manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan bahasa pemrograman python salah satunya yaitu mampu mendukung ekosistem Internet Of Things (IoT) dengan sangat baik, dimana python mampu menghubungkan benda-benda disekitar lingkungan kita kedalam sebuah jaring-jaring (internet) yang menghubungkan satu sama lain.

Baca juga :  Pengertian UseCase Diagram (UML), Komponen dan Simbolnya

5. Bahasa yang mudah dipelajari dan mudah digunakan

Python merupakan bahasa yang mudah dipelajari bahkan untuk pengembang pemula. Kode bahasa python ini mudah dibaca dan bisa menjalankan banyak fungsi kompleks dengan mudah, karena banyaknya library.

Selain itu, proses pengembangan bahasa python bisa dilakukan dengan cepat menggunakan kode yang lebih sedikit. Bahkan tim kecil pun bisa menangani bahasa python secara efektif.

Python merupakan bahasa yang sangat dinamis dimana dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi. Sehingga kode tersebut mudah dipahami dan dicerna. Berbagai macam jenis library memuat banyak perlengkapan dan fungsionalitas yang sangat luar biasa, sehingga kemudahan dalam membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman satu ini.

6. Fleksibel

Kode program yang ditulis menggunakan bahasa python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi seperti Windows, Mac, maupun Linux, termasuk beberapa perangkat-perangkat seluler. Kode python dapat di integrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain dengan mekanisme tertentu. Misal, kode python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan sama halnya dengan perkembangan .NET Framework.

Kekurangan bahasa pemrograman python

Kekurangan bahasa pemrograman python

Selain kelebihan diatas, bahasa pemrograman python juga memiliki kekurangan. Seperti halnya bahasa yang lain, tidak ada bahasa pemrograman yang sempurna. Berikut ulasan lengkap mengenai apa saja kelemahan bahasa pemrograman python.

1. Tidak cocok untuk aplikasi mobile

Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat baik digunakan untuk platform dekstop dan server namun tidak dalam urusan komputasi aplikasi mobile. Pengembangan aplikasi dan game kurang cocok jika menggunakan python. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa mustahil membuat game dalam bentuk tiga dimensi dengan grafis tinggi menggunakan python.

2. Eksekusi relatif lambat

Python merupakan bahasa interpreter yang bekerja dengan menggunakan kompiler. Dimana ketika dijalankan, python akan bekerja lebih lambat jika dibandingkan dengan bahasa lain. Tetapi hal ini juga bergantung dari besar dan kecilnya program yang akan kita buat. Python tidak baik jika diperuntukkan dalam pekerjaan multi-processor atau multi-core.

Python dinilai memiliki performa yang relatif lambat jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Bahkan beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, serupa bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman compilasi serupa bahasa C.

Baca juga :  Top Aplikasi PDF Reader Teringan & Gratis 2020 Untuk PC

3. Kesulitan jika beralih ke bahasa pemrograman lain

Python memiliki banyak library yang luas sehingga pengguna python terbiasa dengan fitur yang ada pada library tersebut. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan masalah seperti pengguna mengalami kesulitan ketika belajar maupun beralih ke bahasa pemrograman yang lain. Karena kebiasaan menggunakan library tersebut membuat pengguna tidak mengetahui bagaimana asal pembuatan source code library tersebut.

4. Kesalahan saat runtime

Python merupakan bahasa pemrograman yang dinamis, dimana anda tidak perlu mendeklarasikan tipe variabel saat menulis kode. Meskipun ini memudahkan developer selama pengkodean, namun pastinya dapat meningkatkan terjadinya kesalahan saat run-time.

5. Efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by

Python memberikan flesibilitas tradeoff by dengan tidak diberikan secara meluas. Python menyiapkan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk di integrasikan dengan bahasa pemrograman lain.

Penutup

Bahasa pemrograman python sama seperti pemrograman lainnya dimana menerapkan Object Oriented Programming (OOP), untuk mempermudah developer dalam maintenance source program. Python dinilai merupakan bahasa pemrograman yang cocok untuk anda pelajari jika ingin memulai terjun dalam dunia pemrograman. Karena python memiliki penggunaan rumus dan syntax yang lebih sedikit dibanding bahasa pemrograman lainnya.

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan dari projek yang ingin anda kerjakan. Cukup sekian yang dapat caraguna share pada kesempatan kali ini, jika ada yang ingin disampaikan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Sumber referensi :
https://medium.com/@wan.knowledge/kelebihan-dan-kekurangan-bahasa-pemrograman-python-50c5ad7926ef
https://materibelajar.co.id/pengertian-python/
https://www.nesabamedia.com/pengertian-python/
https://www.ekrut.com/media/4-kelebihan-bahasa-pemrograman-python

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 4.6 / 5. Jumlah vote: 10

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “10 Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021