Kegunaan web proxy

Berbicara masalah jaringan komputer, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan web proxy. Setiap kita mengakses internet, secara tidak langsung anda akan melalui beberapa proses yang tanpa kita sadari. Salah satunya anda melewati yang namanya proxy.

Proxy berhubungan erat sekali dengan keamanan data dalam mengakses internet. Seperti yang kita ketahui saat ini pencurian data juga semakin marak apalagi sampai diperjual belikan, cukup membahayakan bukan. Dalam artikel ini, caraguna akan membahas tentang apa itu proxy hingga kegunaannya yang perlu kita ketahui.

Sebenernya apa sih itu proxy? yuk simak selengkapnya artikel mengenai proxy berikut ini.

Pengertian proxy

Apasih itu proxy? Definisi dari proxy itu sendiri merupakan aktivitas server yang menyediakan suatu layanan untuk dapat meneruskan tiap-tiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Proxy dapat dikatakan sebagai program komputer yang memiliki peran dalam penghubung antara suatu komputer dan internet.

Proxy server bertugas untuk menjembatani dan mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yan gmelewatinya. Sehingga dengan adanya proxy server, setiap aplikasi client maupun aplikasi server seperti FTP, web server, web, browser, dan semacamnya dapat dimonitoring dan dikendalikan oleh proxy server.

Selain itu, proxy server pada umumnya digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang telah terhibung dengan jaringan publik. Artinya, proxy server tersebut biasanya diletakkan diantara aplikasi server dan aplikasi client.

Jadi, keberadaan web proxy ini sangatlah penting sebagai jalur perantara untuk memudahkan client dalam memperoleh informasi yang dicari dan telah disediakan oleh server.

Baca juga :  4+ Kelebihan dan Kekurangan Link Dofollow dan Nofollow

Cara Kerja Proxy

Setelah mengetahu apa itu proxy, tentunya kita perlu memahami bagai mana cara kerja dari proxy dan mengapa sebuah proxy itu sangat dibutuhkan.

Cara kerja proxy

Proxy memiliki prinsip cara kerja yang berperan penting sebagai penghubung komputer dengan internet, sehingga user akan menggunakan layanan pada server proxy kemudian akan melakukan permintaan data yang terdapat di internet atau public server. Kemudian, proxy akan meneruskan permintaan tadi ke internet dengan membuat server seolah-olah memintanya.

Apabila user telah menerima permintaannya tadi, maka proxy tersebut akan memberikan respon kepada user dimana seolah ia menjadi public servernya. Artinya, disini server proxy dapat menyamarkan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

Kegunaan Dari Proxy

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan dari proxy server yang juga menjadi alasan kenapa banyak individual maupun organisasi menggunakan proxy.

1. Mempercepat proses request dengan caching

Proxy dapat melakukan cache, sehingga ketika anda me-request data data dari website yang pernah anda kunjugi sebelumnya, maka mereka hanya akan mengambil simpanan mereka saja didalam cache. Hal ini akan membuat akses internet menjadi lebih cepat.

2. Keamanan privacy yang terjaga

Setiap perusahaan yagn menggunakan proxy untuk browsing internet sebenarnya memiliki prifacy yang lebih terjaga. Karena pada umumnya proxy akan menguba alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP. Sehingga membuat data anda lebih aman dan tidak mudah untuk dicuri.

3. Akses internet lebih cepat

Proxy server ini juga mampu meningkatkan kinerja internet. Oleh karena itu maka akses internet juga akan lebih cepat.

Baca juga :  7+ Tips Ampuh Memilih Flashdisk Yang Baik dan Berkualitas

4. Proxy menghemat bandwidth

Selain beberapa kegunaan diatas, proxy juga bisa dimanfaatkan untuk dapat menghemat bandwidth dari koneksi internet user. Hal ini dikarenakan adanya sebuah proses cache yang menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah dikunjungi.

5. Mengontrol penggunaan internet

Dengan menggunakan proxy, anda dapat mengontrol penggunaan internet. Nah, biasanya pada perusahaan-perusahaan juga menggunakan proxy agar para karyawannya tidak membuka situs yang mampu mengganggu produktivitas karyawan.

Selain itu, perusahaan itu sendiri bisa memonitor dan me-log semua permintaan website. Sehingga meskipun mereka tidak mem-block website-websitenya, mereka mengetahui berapa banyak waktu karyawannya yang membuka website ini.

Fungsi Proxy Server

Proxy server memiliki 3 fungsi utama yang perlu anda ketahui, yaitu :

  1. Connection Sharing
    Connection sharing memiliki fungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway juga bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal yang akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama.
  2. Filtering
    Filtering berfungsi sebagai Firewall yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Sehingga dapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.
  3. Caching
    Pada proxy server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server internet. Untuk mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai definisi dari web proxy server. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang belajar tentang proxy. Cukup sekian yang dapat caraguna share pada kesempatan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Baca juga :  Apa Itu Ruby On Rails? Kenali Framework Keren Tersebut Disini

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

One thought on “Berikut Kegunaan Dari Web Proxy Yang Perlu Kamu Ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020