Definisi VGA

Ketika kita membeli sebuah komputer atau laptop baru, tentunya kita menginginkan sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang terbaik dengan harga yang relatif murah. Salah satu yang menjadi poin penting dalam menentukan spesifikasi dari komputer adalah melihat dari VGA yang dimiliki komputer tersebut.

Jika anda penggemar game PC, pastinya anda sudah mempertimbangkan terlebih dahulu VGA yang akan dipakai sebelum digunakan untuk bermain. Karena kartu VGA ini berhubungan dengan grafis pada layar monitor.

Selain game, bagi anda yang bergelut dibidang multimedia seperti editing video, fotografi, animasi dan lain sebagainya memiliki VGA yang berkualitas tinggi akan membuat anda merasa lebih nyaman.

VGA (Video Graphic Array) atau biasa kita sebut dengan video card, video adapter, display card, graphics card, atau display adapter memiliki fungsi utama untuk mengelola dan menerjemahkan output komputer atau PC ke layar monitor.

Definisi dari VGA Card

Apa itu VGA? Menurut pengertian dari wikipedia, Video Graphic Array (VGA) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Sampai saat ini, Windows pun masih menggunakan modus VGA karena didukung banyak produsen monitor dan kartu grafis.

VGA adalah suatu perangkat komputer yang berfungsi untuk mengelola dan menerjemahkan inputan data berupa grafis komputer yang kemudian mengeluarkan output berupa tampilan ke layar monitor.

Selain itu, VGA memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai processor dan juga membutuhkan memory. Pada umumya, komputer memiliki VGA Card yang telah terintegrasi dengan motherboard atau CPU. VGA yang tertanam pada motherboard adalah “on-board video”, sedangkan VGA yang tertanam pada CPU disebut “Accelerated Processing Unit (APUs)”.

Fungsi dari VGA Card

Fungsi utama VGA Card ini adalah mengelola dan menerjemahkan data grafis atau sinyal digital pada komputer menuju layar monitor dalam bentuk tampilan grafis. Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat yang akan anda dapatkan jika memiliki VGA card yang memorinya besar.

  1. Membuat tampilan grafik game tinggi menjadi lebih jelas dan cepat (fps),
  2. Memiliki tampilan kombinasi warna, grafis, dan kecepatan transfer menjadi lebih bagus,
  3. Membuat tampilan komputer menjadi lebih jernih, jelas, dan tajam,
  4. Anda juga bisa melakukan setting pada Graphics option windows,
  5. Mampu meningkatkan kemampuan sistem,
  6. Dapat menghubungkan komputer dengan perangkat TV ataupun ke beberapa monitor sekaligus (multi monitor),
  7. Memasok data-data yang nantinya akan di proses oleh prosesor,
  8. Menyimpan data dari hardisk,
  9. Membuat gambar dan video menjadi lebih tajam, terang, dan sangat jelas.
Baca juga :  Rekomendasi Merk Flashdisk Terbaik dan Awet Tahun 2021

Seperti yang mimin sampaikan sebelumnya, bagi anda yang menyukai bidang multimedia maupun game, sangat penting bagi anda memiliki VGA card tambahan dengan kualitas yang bagus.

Jenis-jenis VGA

Berikut ini adalah beberapa jenis VGA Card berdasarkan bentuk dan type. Biasanya tiap jenis dari VGA menggunakan slot expansion yang tersedia pada motherboard.

1. VGA ISA ( Industry Standart Architecture)

ISA merupakan sebuah standard slot VGA card yang dipasang pada slot ekspansi ISA bus dan mempunyai sistem I/O 8-bit atau 16 bit. Jenis kartu ini digunakan sejak 1980an dan sekarang sudah tidak digunakan lagi karena memiliki kecepatan transfer data yang lama dan memiliki tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warnanya sangat terbatas. VGA card jenis ISA ini hanya mampu mengirimkan data 2 hingga 3 megabytes per detik.

2. VGA EISA (Extended Industry Standard Architecture)

VGA EISA merupakan sebuah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA bus dimana memiliki sistem I/O nya 32-bit. Sama halnya dengan ISA, saat ini VGA EISA sudah tidak digunakan lagi. Karena, memiliki kecepatan yang terbatas, kehalusan gambar, dan kombinasi warna yang dihasilkan pun terbatas.

Teknolog EISA pertama kali dikenalkan oleh Gangs of nine pada tahun 1988 yang mempunyai tegangan 5 volt dan 12 volt serta memiliki kecepatan clock nya sebesar 8,33 MHz sedangkan kecepatan transfernya mencapai 32MB/s.

3. PCI (Pheriperal Component Interconnect)

PCI adalah salah satu standar slot VGA card yang dapat menggantikan ISA pada awal tahun 1990an. Slot jenis ini dirancang agar GPU dapat secara langsung mengambil data dari memory tanpa harus menggunakan CPU.

VGA jenis ini merupakan jenis kartu VGA yang dipasang pada slot PCI bus pada komputer 32 bit dan 64 bit. Selain itu, PCI sudah jarang digunakan oleh generasi komputer saat ini karena keterbatasan dalam fitur-fiturnya.

Baca juga :  Container VS Virtual Machine, Apa Bedanya?

4. VGA AGP (Accelerated Graphic Port)

VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi AGP bus pada sistem I/O nya ddalah 128bit atau 256bit. Pada awalnya, VGA ini dibuat untuk meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat “tampilan atau displai”.

Kartu VGA ini dikeluarkan berdasarkan pada nilai voltase yang digunakan, yaitu AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 1,5 volt, dan AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt dan AGP Universal.

5. VGA Card PCIe (2004 PCIe)

VGA PCIe adalah sebuah kartu VGA yang dipasangkan pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) komputer yang berangkaian seri sistem I/O nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). VGA jenis ini memiliki kecepatan trasnferr mencapai 32GB/s sehingga termasuk perangkat teknologi mutakhir yang dipasang untuk perangkat interface sekarang ini.

Penutup

Itulah definisi seputar pengertian VGA, jenis serta fungsinya. VGA pada laptop biasanya tertanam yang mampu mengurangi biaya dan lebih simpel serta memiliki konsumsi daya yang dibutuhkan lebih sedikit.

Namun, layaknya RAM, anda juga bisa menambah VGA untuk meningkatkan performa yang lebih tinggi dari VGA yang tertanam pada komputer anda. Karena pada umumnya, setiap komputer menyediakan slot expansion pada motherboardnya untuk menambahkan motherboard baru.

Sekian yang dapat caraguna sampaikan pada artikel kali ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada anda semua. Jika ada yang ingin di tanyakan atau ada yang ingin di sampaikan, silahkan lemparkan pendapat anda di kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021