Di era yang serba digital ini, perkembangan dunia teknologi modern semakin pesat. Pada kesempatan kali ini caraguna akan membahas tentang sebuah pekerjaan yang lagi viral pada tahun 2020, yang tentunya dengan prospek yang menjanjikan. Apa lagi kalau bukan tentang pengolahan big data. Yang didalamnya terdapat data analyst dan data scientist.

1. Definisi Big data

Big data

Big data adalah sebuah data yang berukuran sangat besar dan melebihi kapasitas pemrosesan database konvensional, dengan kecepatan yang tidak sesuai dengan kemampuan struktural dari arsitektur database biasanya. Sehingga perlu dilakukannya proses big data analytics dimana sistem telah terintegrasi dan mampu mengolah big data tersebut.

– Manfaat Big Data

Berikut ini beberapa manfaat jika kita menggunakan teknologi big data, antara lain :

  • Perkembangan sosial media memiliki pertumbuhan data yang paling cepat,
  • Menangani data transaksi finansial yang memerlukan resource yang lebih besar,
  • Mengolah Data sensor, data sensor adalah data yang diolah oleh suatu perangkat berupa input dan output.
  • data intern yang berjumlah besar, misalnya data pelanggan, data lisensi, data penjualan, dan lain-lain

– Big Data Analytics

Sebelumnya kita sempat menyinggung mengenai big data analytics. Apakah anda sudah tau apa itu big data analytics? Big data analytics adalah proses mengumpulkan, merapikan, dan menganalisis big data secara keseuruhan sehingga memperoleh informasi yang bernilai guna untuk membantu penentuan keputusan atau keberlangsungan suatu sistem. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknologi big data seperti Pig, Hadoop dan Hive.

Baca juga :  Definisi Framework? Berikut Pengertian Framework dan Fungsinya

2. Definisi Data Analyst

Data Analyst

Data analyst merupakan kegiatan meneliti dan memeriksa data mentah untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Dengan mengecek serangkaian data yang berguna untuk meningkatkan sistem spesialisis dan software.

Secara istilah, data analytics diartikan sebagai rangkaian aplikasi mulai dari Basic Business Intelligence (BI), Reporting and Online Analytical Processing (OLAP) dan beberapa fitur analytic yang lebih canggih.

Berprofesi sebagai data analyst, mengharuskan anda behadapan dengan banyak data untuk dibersihkan, dianalisis, dan dibuatkan visualisasinya. Tugas seorang data analyst adalah mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, selanjutnya diberikan pada data engineer. Data analyst juga bertanggungjawab untuk mengolah bahan yang diberikan untuk membuat eksperimen dan menentukan strategi bisnis lanjutan. 

– Tugas dari seorang data analyst

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang data analyst, Berikut ini adalah beberapa tugas yang dikerjakan oleh seorang data analyst. Antara lain,

  • Menafsirkan data, menganalisa hasil menggunakan teknik statistik dan memberikan laporan yang sedang berjalan,
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database, sistem pengumpulan data, analisis data dan strategi lain yang mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistik,
  • Dapatkan data dari sumber data primer atau sekunder dan pertahankan database / sistem data,
  • Mengidentifikasi, menganalisa, dan menafsirkan tren atau pola dalam kumpulan data yang kompleks,
  • Filter dan data “bersihkan” dengan meninjau laporan komputer, cetakan, dan indikator kinerja untuk menemukan dan memperbaiki masalah kode,
  • Bekerja sama dengan manajemen untuk memprioritaskan kebutuhan bisnis dan informasi,
  • Cari dan tentukan peluang peningkatan proses baru.

3. Data Scientist

Data Scientist

Data science adalah penggalian atau bisa juga disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa data science merupakan suatu hal yang dipekerjakan dan banyak pula perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan ini.

Baca juga :  Apa itu Preloader Blog? Dan Apa Manfaatnya? Cek Disini!

Apa itu Data Science? Menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka, pengertian data science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. 

Sumber :
https://openbigdata.wordpress.com/2015/10/05/apa-sih-data-analytics-itu/
https://www.pointstar.co.id/apa-itu-data-analytics/
https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-data-analyst/#.XqvFNagzbDc
https://www.ekrut.com/media/bagaimana-cara-menjadi-data-analyst
https://www.advernesia.com/blog/data-science/apa-itu-big-data-dan-big-data-analytics/

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

6 thoughts on “Apa Itu Data Analyst? Bedanya dengan Big data dan Data Scientist?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021