CEO adalah

Banyak orang yang bertanya apa itu artinya CEO, dan apa sih peran CEO dalam sebuah perusahaan? CEO atau kepanjangan dari Chief Executive Officer atau dalam bahasa Indonesia artinya Pejabat Eksekutif Tertinggi atau direktur utama yang memiliki tugas bertanggung jawab penuh atas jalannya suatu perusahaan.

CEO sering disamakan dengan jabatan seorang pimpinan atau presiden direktur, namun tidak jarang dalam suatu perusahaan presiden direktur dan CEO memiliki posisi berbeda. Dalam hal ini, presiden direktur berperan sebagai pengiring valuasi atas jalannya perusahan yang dikelola oleh CEO.

Nah, pada kesempatan kali ini caraguna akan mengulas lebih lengkap tentang Pengertian CEO, Kriteria dan Bagaimana cara menjadi seorang CEO. Agar anda dapat memahami dan dimengerti lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

CEO Adalah

Pengertian CEO menurut wikipedia adalah jenjang tertinggi dalam perusahaan yang diberi tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan suatu organisasi maupun perusahaan. Setiap keputusan yang diambil oleh CEO harus mampu dipertanggung jawabkan sebagai seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan.

CEO sendiri sebenarnya jabatan yang sudah digunakan di banyak negara di penjuru dunia. Seorang CEO harus mampu mengatur kestabilan perusahaan yang dipimpinnya. Selain itu, seorang CEO tidak hanya memberikan perintah tentang berjalannya perusahaan saja, namun juga harus memimpin perusahaan dengan baik.

Tugas CEO (Chief Executive Officer)

Tugas seorang CEO

Tugas CEO secara umum meliputi seluruh aspek dalam kemajuan suatu perusahaan seperti pembentukan visi dan misi, menentukan strategi, serta menentukan bagaimana manajemen perusahaan secara menyeluruh. Berikut beberapa tugas CEO selengkapnya.

Sebagai Pengelola

CEO memiliki tugas untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di lingkungan perusahaan agar lebih berkompeten dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai, sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan. Pengelolaan ini tentunya sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Selain itu, seorang CEO harus mampu mengatur pendanaan, material produksi, hingga pada proses pemasaran (marketing) sebaik mungkin demi mencapai target dan pengeluaran biaya yang seminim mungkin.

Baca juga :  Pengenalan Startup, Definisi, Kharakteristik, dan Contoh Bisnisnya di Indonesia

Sebagai Eksekutor

Ekskutor adalah orang yang akan mengeksekusi sebuah ide atau gagasan. Seorang CEO mampu mengambil berbagai keputusan strategis yang dapat berdampak baik bagi sustainabilitas perusahaan berdasarkan hasil analisis data, baik yang telah menjadi jejak rekam (record) perusahaan maupun analisis terhadap berbagai lingkungan bisnis. Dalam hal ini, CEO lah yang membuat keputusan strategis dalam hal intregrasi, divestasi, investasi, aliansi dan join venture.

Secara umum, CEO harus mampu memperhitungkan setiap detail dampak positif dan negatif serta langkah-langkah eksekusi ide yang tepat untuk perusahaan.

Sebagai Komunikator

Sebagai seseorang yang memiliki jabatan tertinggi di dalam suatu perusahaan, CEO bertugas menjadi penghubung atau komunikator antara karyawan perusahaan dan jajaran direksi yang ada didalam perusahaan. CEO harus mampu menyampaikan aspirasi dari pekerja dan menyampaikan solusi terbaik agar keduanya dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, CEO juga yang menjadi komunikator dengan perusahaan luar. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa CEO adalah wajah dari perusahaan.

Sebagai Pemimpin

CEO bertanggung jawab untuk mengatur keseluruhan struktur organisasi dalam perusahaan. CEO bertugas memimpin perusahaan yang bersifat visioner untuk mempertimbangkan semua langkah yang akan diambil perusahaan dimasa depan.

Selain itu, seorang CEO harus mampu berfikir kreatif dan inovatif untuk perkembangan perusahaan sehingga menghasilkan produk dengan target pasar yang tepat, mampu mengidentifikasikan dan meninkatkan performa operasional peruasahaan dengan cara memotivasi berbagai divisi di perusahaan.

Memiliki Analisis yang Baik

CEO menganalisis segala masalah dalam perusahaan dan mengkoordinasikan manaemen puncak dalam menyelesaikan permasalahan tersebut secara efektif dan efisien. Mengelola dan merencanakan pross penganggaran, kemudian mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya.

Kriteria Seorang CEO

Tertarik dengan profesi seorang CEO? jika iya, maka anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut sebelum menjadi seorang SEO agar anda dapat membangun perusahaan dengan baik. Berikut ini terdapat beberapa kriteria seorang CEO, antara lain.

  1. Pendidikan, seorang CEO penting sekali memiliki pendidikan yang mumpuni atau setidaknya pernah mengenyam bangku pendidikan. Karena seseorang yang terdidik biasanya memiliki pola pikir dan mindset yang kritis dan kreatif. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang CEO.
  2. Manajemen keuangan, Memiliki ilmu keuangan yang baik akan sangat membantu seorang CEO dalam membuat keputusan bisnis yang bijak. Hal ini berkaitan dengan tugas dari CEO itu sendiri yaitu mengelola pendanaan produksi sampai pemasaran (marketing).
  3. Banyak koneksi, Untuk mendukung karir anda, memiliki banyak koneksi dengan orang lain sangat dibutuhkan. Gunakan berbagai event sosial dan event lainnya yang bisa anda gunakan untuk berhubungan dengan orang-orang bisnis dimasa depan.
  4. Fleksibel, Anda harus bersifat fleksibel dan terbuka dalam membangun karir, hal ini sangat berguna untuk dipunyai oleh seorang pemimpin bisnis dimana tidak hanya mengelola produk perusahaan saja, namun juga seluruh sumber daya manusia (SDM).
Baca juga :  Yuk Cek 10 Manfaat Utama Internet Dalam Kehidupan Berikut Ini!

Tips dan Cara Menjadi CEO

Tips menjadi seorang CEO

Berikut ini adalah beberapa tips dan bagaimana cara menjadi seorang CEO.

Membangun tim yang solid

Untuk menjadi seorang CEO, setidaknya anda harus memiliki tim dimana sebagai seorang CEO menjadi jembatan penghubung antara para pegawai dengan dewan direksi dalam perusahaan. CEO juga harus mampu membentuk dan memangun tim yang solid.

Selalu menjadi perwakilan perusaan

Peran CEO sangat penting ketika berurusan dengan kualitas produk dan citra perusahaan yang diwakilinya. Keberadaan CEO sangat berpengaruh pada opini publik terhadap suatu produk atau perusahaan.

Mengalokasi anggaran dengan baik

Perencanaan investasi finansial suatu perusahaan harus melalui proses analisis dan evaluasi. Sehingga diharapkan distribusi anggaran belanja suatu proyek menjadi tepat sasaran. Proses tersebut merupakan tanggung jawab sebagai seorang CEO, sengan resiko dan keuntungan perusahaan dimasa depan menjadi tangung jawab seorang Chief Executive Officer.

Membangun budaya kerja yang positif

Kondisi lingkungan kerja dalam suatu perusahaan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan seorang CEO. Setiap pesan yang disampaikan CEO kepada karyawannya akan sangat bermakna dan berpengaruh terhadap kinerja karyawan perusahaan. Selain itu, CEO juga harus mengetahui dan dan dapat meneliti apa yang sedang terjadi di perusahaan terkait masalah kepegawaian karena akan berpengaruh pada budaya kerja.

Kesimpulan dan Penutup

CEO adalah orang yang bertanggung jawab atas segala hal dalam perusahaan dimana sebagai pejabat eksekutif tertinggi atau direktur utama dalam suatu perusahaan. CEO sudah dianggap sebagai wajah perusahaan yang berarti menggambarkan opini publik tentang perusahaan tersebut. CEO yang baik akan menghasilkan produk dan perkembangan perusahaan dengan baik. Untuk menjadi seoerang CEO sendiri tidaklah mudah, kerja keras, ketekunan, serta konsistensi sangat dibutuhkan. Salain itu CEO harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk mengolah dan mengatur kemajuan perusahaan yang dipimpinnya.

Baca juga :  Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP), Berikut Penjelasan Lengkapnya.

Itulah penjelasan tentang apa itu CEO (Chief Executive Officer), tugas, kriteria, dan tips/cara menjadi seorang CEO. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki cita-cita atau bertujuan menjadi seorang CEO. Sekian yang dapat caraguna sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, apabila ada yang ingin ditanyakan silakan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Segala Cara Yang Berguna

Thursday, Aug 13, 2020