Software Engineer

Apakah anda tertarik dengan hal yang berbau it atau teknologi informasi? lalu apakah anda memiliki keinginan untuk bekerja di salah satu perusahaan teknologi? Jika iya, maka anda wajib tau salah satu pekerjaan menarik satu ini, salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh orang-orang khususnya pada bidang teknologi informasi.

Pekerjaan yang dimaksud adalah software engineer. Software engineer merupakan orang yang bekerja dibaling software engineering perusahaan. Software engineering itu sendiri adalah proses analisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi dan uji aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui penggunaan bahasa pemrograman.

Secara umum, software engineering ini adalah penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak.

Apa itu software engineer?

Software engineer adalah seseorang yang bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan.

Software engineer mampu meneliti, merancang, dan men-develop sistem software untuk memenuhi keperluan client. Sehingga mereka perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai macam bahasa pemrograman komputer dan aplikasi. Hal ini berkaitan dengan luasnya bidang pekerjaan yang dapat terlibat didalamnya.

Banyak orang menganggap software engineer ini sama dengan programmer maupun developer. Namun sebenarnya mereka memiliki perbedaan dan peran masing masing.

Seorang programmer biasanya mampu menyelesaikan masalah-masalah kecil dan dapat menyelesaikannya dengan aplikasi yang dibuat. Developer tidak hanya bisa membuat aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah saja, namun dapat membuat aplikasi yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga :  Apa Itu TypeScript? Kelebihan TypeScript, dan Perbedaannya dengan Javascript

Sedangkan software developer mampu membangun aplikasi atau sistem yang se-efektif mungkin dan pastinya dapat dikembangkan terus-menerus. Selain itu, seorang software engineer harus menguasai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal dalam mengembangkan perangkat lunak, memahami kebutuhan aplikasi (requirement) sampai maintenance.

Prospek Kerja Sebagai Seorang Software Engineer

Peluang kerja seorang software pada masa sekarang ini cukup banyak dan menjanjikan. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan startup yang membutuhkan seorang software engineer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka buat.

Potensi seorang software engineer dalam dunia kerja cukup menjanjikan seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Berikut beberapa pekerjaan dari software engineer yang paling dibutuhkan dimasa yang akan datang.

1. Mobile Programmer

Mobile developer

Saat ini banyaknya perangkat gadget yang digunakan menjadikan lahan baru bagi para pencari kerja, khususnya para programmer. banyak perusahaan yang mencari programmer aplikasi mobile yang dapat membuat aplikasi yang mampu berjalan di android maupun iOS. Kebutuhan mobile programmer didunia kerja ini cukup luas, sehingga tidak heran jika mobile programmer dikenal dengan memiliki penghasilan yang sangat tinggi.

2. Software Quality Assurance Tester

Software Quality Assurance

Software quality assurance adalah proses untuk memeriksa apakah sebuah software yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya. Seseorang yang melakukan pekerjaan ini biasa disebut sebagai QA Tester atau seorang QA Engineer.

Sebagai seorang QA Tester melakukan tugas utama dalam pengujian terhadap perangkat atau emulator, membuat alut ujian, serta membuat laporan hasil pengujian.

Pekerjaan satu ini merupakan salah satu pekerjaan bidang it yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan SQA, membuat produk perusahaan tersebut lebih terpercaya dan meminimalisir terjadinya bug maupun error yang ada dalam sebuah produk atau aplikasi sebelum dirilis secara publik kepada pengguna.

Baca juga :  Pengertian SSD (Solid State Drive), Kenali Fungsi dan Kelebihannya

3. Software Analyst atau data analyst

Data Analyst

Pengertian data analyst menurut Morning Future yaitu sebuah profesi yang berkaitan dengan data, profesi yang menuntut seseorang untuk memahami asal-usul data dan distorsi dengan cara menganalisis data-data tersebut.

Saat ini, pekerjaan yang membutuhkan sebuah analisa yang mendalam seperti analisa perangkat lunak maupun analisis data juga sangat dibutuhkan, mengingat dalam sebuah perusahaan pastinya mengolah data dalam jumlah yang besar.

Data-data tersebut biasanya akan mereka analisis yang nantinya akan dipakai untuk kepentingan perusahaan tersebut. Seperti untuk kepentingan marketing, mengetahui data konsumen, dan lain sejenisnya.

4. Web developer

web programmer

Web developer adalah pengembang web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi dapat diartikan sebagai seseorang yang berhubungan dengan pembuatan sebuah website.

Kenapa web developer ini penting bagi seorang software engineer? Saat ini, dunia digital berkembang dengan pesat. Setiap perusahaan yang ingin produknya dikenali oleh banyak orang, biasanya mereka membutuhkan sebuah website seperti web profile maupun toko online agar perusahaan tersebut memiliki konsumen atau pelanggan yang diinginkan dengan mudah.

5. Full stack developer

Full Stack Developer

Dalam membangun sebuah aplikasi baik dalam bentuk website maupun mobile apps, pasti didalamnya terdapat seseorang yang bekerja keras merancang dan membangun sistem aplikasi tersebut dengan sangat baik. Dalam dunia kerja, proses pengerjaan aplikasi tersebut biasanya terbagi menjadi dua macam, yaitu backend system dan front end development.

Apa itu backend system? Backend system adalah perintah logika dalam sistem yang menentukan alur data dalam sebuah aplikasi. Back end bekerja dibalik layar yang biasanya terdapat interaksi antara server dan database menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Baca juga :  Container VS Virtual Machine, Apa Bedanya?

Sedangkan front end adalah pengembangan website yang berhubungan dengan tampilan atau interface dalam sebuah aplikasi. Seseorang yang bekerja sebagai front end developer adalah orang-orang yang mengolah desain murni menjadi aplikasi yang interaktif dengan pengguna.

Full stack developer merupakan sebutan bagi mereka yang membangun sebuah aplikasi dari frontend hingga backend. Profesi ini banyak dicari oleh perusahaan dimana dengan satu programmer full stack developer saja mampu menghandle frontend dan backend, tanpa harus mencari programmer secara terpisah. Selain itu, dalam website ikigai juga menyatakan bahwa gaji rata-rata seorang full stack developer cukup tinggi, yaitu sekitar 13 juta.

Penutup

Itulah sekilas mengenai penjelasan apa itu software engineer dan apa saja prospek kerja di masa yang akan datang. Setelah membaca artikel diatas, semoga dapat memberikan pandangan kepada anda tentang pekerjaan software engineer ini. Jika ada yang ingin disampaikan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Sep 24, 2021