Apa itu react native?

Ketika kalian membuka sebuah aplikasi baik itu aplikasi android maupun dekstop, pernahkah anda berpikiran tentang bagaimana sih cara membuat aplikasi tersebut? Setiap sistem operasi baik android maupun IOS pasti membutuhkan aplikasi mobile untuk menjalankan berbagai fungsi.

Nah, untuk membuat aplikasi tersebut anda bisa menggunakan salah satu framework yang populer, apalagi kalau bukan react native. Pada kesempatan kali ini, caraguna akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu react native dan apa aja sih kelebihan-kelebihannya.

Jika anda seorang developer mobile apps, pastinya sudah tidak asing lagi dengan framework satu ini. Tren dalam membuat aplikasi android saat ini selain dengan flutter, React Native juga semakin meningkat. Namun apakah anda sudah mengetahui apakah itu react native?

Apa itu React Native?

React native adalah framework yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile yang dapat berjalan di dua operasi sekaligus yaitu android dan iOS. React native disebut sebagai cross-platform network karena dapat membuat satu aplikasi yang dapat digunakan di kedua platform tersebut. Selain itu, react native mampu mengkompilasi aplikasi ke dalam sebuah native code pada android maupun iOS.

Pada dasarnya, react native adalah sebuah framework dari javascript yang banyak dikembangkan oleh perusahaan besar dalam bidang teknologi seperti Facebook. Reat native menggunakan bahasa pemrograman javascript dengan library react.js-nya yang dibuat oleh facebook pada tahun 2013.

Baca juga :  [PHP] Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman PHP

React native sangat mendukung desain tampilan UI dan UX dengan membuat render component yang berbeda antara iOS dan android namun ada beberapa komponen yang dapat kita gunakan secara bersamaan antara android dan iOS.

Kelebihan atau Keunggulan React Netive Dibanding Framework Lainnya

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari react native jika dibandingkan dengan framework aplikasi mobile lainnya.

1. Digunakan oleh perusahaan besar

React native merupakan framework yang dibuat oleh facebook dan telah digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Tesla, Walmart, hingga Instagram. Selain itu facebook juga menggunakannya juga pada Airbnb, Baidu, dan Gyroscope.

2. Mudah digunakan dan dipelajari

React native tentunya dapat memberikan kemudahan bagi anda meskipun masih pemula atau masih belum mahir dalam hal coding. Karena kamu dapat menemukan berbagai solusi pemasalahan di situs diskusi, karena komunitas developer react native ini sudah cukup besar.

3. Lebih cepat dan efisien dalam hal pengeluaran

React native menggunakan bahasa pemrograman javascript, sehingga ketika anda membutuhkan mobile app developer, anda bisa menghaddle nya dengan developer web karena keduanya memiliki kesamaan. Anda tidak perlu mencari developer android native biasanya, apalagi bebeda platform berbeda juga developernya. Dari segi kecepatan, performa react native tidak kalah dari aplikasi native biasa.

4. Aplikasi yang dibuat lebih stabil

React native menawarkan salah satu fitur atau manfaat dengan menyederhanakan proses data binding. Menyebabkan aplikasi anda menjadi lebih stabil dan performanya meningkat. Selain itu, elemen child pada react native juga tidak memiliki pengaruh pada data parentnya. React native hanya memungkinkan pembaruan komponen yang diijinkan.

5. Open Source

React Native ini merupakan sebuah framework yang bersifat open source. Sebagai pencipta asli, Facebook juga tetap berkomitmen untuk kesuksesan kerangka kerja react native, yang merupakan tanda positif untuk pengembangannya di masa depan.

Baca juga :  Mengenal Bahasa Pemrograman R dan Kelebihannya

6. Cocok untuk startup

React native sangat cocok digunakan untuk startup, karena framework ini dibangun dengan javascript sehingga sangat mudah ketika diprogram dan proses pembuatannya yang bisa cross-platform. Selain itu, untuk sekelas perusahaan yang baru merintis, react native ini merupakan pilihan yang tepat, karena perusahaan hanya perlu merekrut satu orang developer yang menguasai react native dan bisa menghasilkan aplikasi berjalan di dua sistem operasi sekaligus.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan dari framework React native, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin belajar pemrograman pada aplikasi mobile. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Dec 5, 2020