apa itu kubernetes

Apa Itu Kubernetes – apakah anda sudah mengenal apa itu kubernetes? Jika anda suka dengan hal yang berhubungan dengan cloud computing apalagi tentang container, maka anda mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya kuberbates. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sedikit tentang apa itu kubernetes. Anda juga dapat melihat laman resmi kubernetes di kubernetes.io.

Apa Itu Kubernetes?

Kubernetes adalah platform open source yang berfungsi untuk melakukan manajemen workload aplikasi yang dikontainerisasi, serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi secara deklaratif. Kubernetes berada di dalam ekosistem yang besar dan berkembang cepat. Servicesupport, dan perkakas kubernetes tersedia secara meluas.

Kubernetes diluncurkan sebagai produk open source oleh Google pada tahun 2014 lalu. Salah satu alasan diluncurnya kubernetes ini dibangun berdasarkan pengalaman Google selama satu setengah dekade dalam menjalankan workload secara bersamaan dengan kontribusi berupa ide-ide terbaik yang diberikan oleh komunitas.

Kubernetes merupakan sejenis aplikasi cluster manajement open source yang berasal dari aplikasi internal google. Aplikasi ini awalnya digunakan oleh google secara umum dengan nama Borg dengan tujuan untuk mengelola cluster milik mereka sendiri. Bahkan dari segi bisnis, aplikasi ini merupakan senjata yang diandalkan oleh google dengan tujuan mendongkrak naiknya peringkat google di pasar cloud hosting.

Mengapa kubernetes dibutuhkan?

Kubernetes menyediakan manajemen environment yang berpusat pada container. Kubernetes melakukan orkestrasi terhadap computing, networking, dan infrastruktur penyimpanan. Fitur inilah yang kemudian membuat konsep PaaS (Platform as a Service) menjadi lebih sederhana dilengkapi dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh IaaS (Infrastrucrure as a Service).

Kubernetes dapat melakukan penjadwalan serta menjalankan container pada aplikasi dikelompok mesin virtual dan fisik. Namun, aplikasi cluster management open source ini dapat dijadikan pengembangan bertahap terhadap “cut the cord” menuju mesin virtual maupun fisik. Pergerakan dimulai dari infrastruktur host-sentris menuju infrastruktur kontainer.

Baca juga :  Apa Itu React Native? Kelebihan React Native Dibanding Framework Lainnya

Kelebihan atau keunggulan dari kubernetes

apa itu kubernates

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan dari menggunakan kubernetes pada aplikasi anda.

1. Automated Rollouts dan Rollback

Deployment di kubernetes dapat menggunakan fila YAML. Sehingga anda bisa mendeskripsikan terlebih dahulu deployment yang anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan file YAML tersebut untuk melakukan deployment lainnya atau untuk mengubah deployment yang ada. Anda bisa melakukan rollback jika anda memiliki file YAML yang sebelumnya. Sehingga semua terdokumentasi dan semua bisa dilakukan secara otomatis.

2. Service Discovery and Load Balancing

Kubernetes mampu mengekpos container yang digunakan dengan nama DNS atau IP Address server sendiri. Saat trafik berada di container cukup besar, maka aplikasi secara otomatis bisa melakukan load balancing trafik atau penyeimbang workload (beban) serta distribusi trafik, dengan demikian sehingga aplikasi yang dijalankan dapat stabil.

3. Automatic bin packing

Kubernetes mengizinkan anda untuk memberikan container dengan CPU dan RAM yang secara spesifik. Saat container memiliki daya yang ditentukan, kubernetes dapat memberikan keputusan yang lebih baik dalam mengelola sumber daya untuk container.

4. Self Healing

Kubernetes akan merestart komputer yang gagal, mematikan dan menggantikan container yang tidak menanggapi request. Selain itu, kubernetes juga tidak akan memberikan trafik ke container sampai container sampai benar-benar siap untuk menerima request (ready to serve).

5. Secret and configuration management

Kubernetes memungkinkan anda untuk menyimpan data-data yang sensitif, seperti password, auth token, dan ssh keys. Anda juga dapat membangun dan meng-update secret tanpa harus membangun ulang container image yang ada dan tentunya tanpa mengekpose secret anda didalam konfigurasi anda.

6. Storage orchestration

Dengan menggunakan kubernetes memungkinkan anda untuk me-mount sistem storage yang anda inginkan, seperti local storage, atau storage dari cloud provider seperti AWS, Azure, Alicloud, dan lain sebagainya.

Baca juga :  Apa itu Preloader Blog? Dan Apa Manfaatnya? Cek Disini!

Kesimpulan

Kubernetes merupakan platform open source yang berfungsi untuk melakukan manajemen workload aplikasi yang dikontainerisasi, serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi secara deklaratif. Dengan kubernetes mampu menerapkan konsep PaaS (Platform as a Service) menjadi lebih sederhana dilengkapi dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh IaaS (Infrastrucrure as a Service).

Itulah yang dapat caraguna share pada artikel tentang apa itu kubernetes. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawh terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020