Apa itu FTP

Apa itu FTP – Banyak aplikasi server yang sudah digunakan dalam jaringan internet. Salah satunya adalah FTP Server. Dalam jaringan internet, diketahui terdapat aplikasi server yang digunakan untuk melayani permintaan akses dari komputer client.

Pada artikel kali ini, akan membahas tentang apa pengertian dari FTP, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu FTP?

FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga pengguna dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload). FTP saat ini banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, karena lebih mudah daripada menggunakan perangkat kabel atau fisik.

FTP dapat digunakan oleh banyak orang, sehingga semua orang dapat mengakses data dalam suatu komputer dengan mudah. FTP sudah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya client yang terdaftar dan memiliki izin saja yang bisa mengaksesnya.

Kelebihan FTP

FTP berfungsi sebagai protokol yang menjembatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer. Berikut beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan FTP.

  • Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sehingga kamu tidak perlu khawatir akan peretasan data pribadi.
  • FTP berfungsi sebagai penyimpanan, dimana data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus oleh komputer dan perangkat elektronik lain.
  • Meski menggunakannya memerkukan verifikasi, namun sudah ada software yang akan membantu kamu melakukannya, beserta degan petunjuk verifikasi. Biasanya verifikasi pada FTP hanya menggunakan dua langkah saja.
  • FTP dapat menjembatani pertukaran informasi dan file antar komputer. Selama prosesnya, sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang kamu kirim ataupun terima.
  • FTP mampu melakukan backup data dan file, termasuk restore pada sebuah website.
  • Transfer data dan informasi melalui FTP sangat mudah dan efisien.
  • FTP dapat digunakan sebagai indirect computer atau implicit remote computer.

Kekurangan FTP

Selain beberapa kelebihan diatas, FTP juga memiliki kelemahan. Kekurangan tersebut antara lain :

  • FTP sangat bergantung dengan adanya sistem keamanan enkripsi. Tanpa ada sistem keamanan enkripsi, maka FTP tidak aman digunakan untuk transfer data dan informasi.
  • Desain interface yang sederhana dan tidak terlalu kuat sehingga membahayakan administrator karena minimnya informasi tentang faktor risiko yang akan dihadapi.
  • Kesalahan dalam menyampaikan informasi sering terjadi sehingga administrator sulit memahami yang diterima.
Baca juga :  Zoom vs Google Meet, Ini 10 Perbandingannya!

Cara kerja FTP

FTP bekerja menggunakan salah satu protocol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server. Yaitu, protocol TCP dengan port 21 yang digunakan untuk mengirimkan command (perintah). Port ini sering disebut juga sebagai command port.

Dengan adanyha protocol tersebut, antara client dan server dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung. Terdapat beberapa persyaratan untuk menggunakan FTP, yaitu :

  1. Pada komputer pengguna sudah telah dilakukan instalasi FTP client, seperti contoh FileZilla.
  2. Pengguna memiliki cukup informasi tentang FTP server yang ingin terhubung dengan komputer. Informasi tersebut mencakup alamat FTP server dan username serta pasword.

Alamat FTP server memiliki bentuk mirip dengan alamat domain sebuah website. Alamat FTP server basanya diawali dengan kata FTP, seperti :ftp.namadomain.com atau ftp://ftp.namadomain.com.

Sedangkan untuk username dan password, beberapa FTP memang membiarkan para client mengakses data secara anonim, namun beberapa memerlukan input username dan password yang harus diketahui oleh client.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Monday, May 17, 2021