Apa itu freelance

Halo sobat caraguna, apa kabar? Pada kesempatan kali ini, caraguna akan membahas topik mengenai apa itu freelancer, syarat dan contoh kerjanya yang mampu menghasilkan.

Memiliki sebuah pekerjaan memang menjadi salah satu hal yang di inginkan oleh setiap orang, apalagi pekerjaan tersebut sesuai dengan hobi dan passion yang dimiliki.

Didunia yang serba digital ini, pekerjaan yang muncul pun beragam. Bahkan anda bisa bekerja secara online dan tidak perlu terikat dengan jam kantor. Sehingga anda bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Anda juga bisa memiliki penghasilan dengan jumlah besar meskipun tidak terikat dengan kontrak perusahaan. Yap, pekerjaan secara lepas tersebut biasa kita sebut dengan freelancer.

Apa itu freelancer?

Menurut wikipedia, freelancer adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu. Di indonesia sendiri, freelancer merupakan pekerjaan yang cukup populer.

Secara umum, Freelancer adalah seseorang yang bekerja secara lepas (tidak terikat jam kerja) yang memiliki keahlian tertentu untuk menjalin kontrak dengan klien secara individu/personal dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Orang yang bekerja secara freelance(tenaga lepas) adalah bos dari diri mereka sendiri. Karena seperti yang kita ketahui mereka bekerja secara individu. Selain itu, meskipun bekerja secara bebas, seorang freelancer harus mampu menyelesaikan deadline pekerjaannya tepat waktu.

Freelancer Jobs

Freelancer itu sendiri terbagi menjadi dua jenis. Yaitu freelancer full time dimana freelancer bekerja secara full time(penuh) sehingga seluruh penghasilannya berasal dari freelance.

Baca juga :  10+ Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Seorang Freelancer

Selanjutnya yaitu freelancer part time, seorang freelancer yang bekerja secara part time(setengah hari), dimana pekerjaan ini hanya dijadikan sebagai sampingan untuk mengisi waktu luang untuk mendapat penghasilan tambahan.

Syarat menjadi seorang freelancer

Bagaimana, apakah anda tertarik menjadi seorang freelancer? Pekerjaan ini memang terlihat sangat menyenangkan bagi kita yang menyukai kehidupan secara free atau bebas. Namun untuk menjadi seorang freelancer, setidaknya anda harus memenuhi beberapa poin penting dibawah ini.

1. Memiliki keahlian dan pengalaman dalam suatu bidang

Untuk menjadi seorang freelancer, anda dituntut untuk memiliki keahlian yang handal dalam bidang tertentu. Keahlian tersebut nantinya yang akan anda tawarkan kepada klien untuk membuat kontrak kerja untuk mengerjakan sebuah proyek.

Selain itu, anda harus mampu bekerja secara profesional dan memiliki portofolio untuk meyakinkan calon klien nantinya jika hendak melakukan kerjasama dalam sebuah proyek.

2. Paham teknologi dan internet

Seorang freelancer bekerja secara lepas dimana kita dapat berkomunikasi dengan klien yang bisa saja tanpa bertatap muka secara langsung. Untuk itu peran teknologi dan internet disini sangatlah penting untuk menawarkan dan mempromosikan keahlian atau jasa kita kepada orang lain secara luas.

Berikut beberapa situs yang sering digunakan oleh freelancer sebagai media untuk berkomunikasi dengan klien :

Dengan internet kita dapat mempublish hasil kerja, Sehingga klien dapat melihat portofolio kita secara langsung dengan mudah.

3. Fleksibel dan cepat beradaptasi

Freelancer mengerjakan tugasnya secara bebas, dimanapun dan kapanpun. Tentu saja hal ini bisa menjadi keuntungan sekaligus tantangan bagi seorang freelancer.

Kebebasan tersebut harus didukung dengan rasa tanggung jawab yang tinggi karena satu konsumen yang kecewa akan berdampak besar bagi karirnya. Seorang pekerja lepas harus fleksibel dan mudah beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya.

Baca juga :  Ternyata Ini 10 Pekerjaan Yang Paling Dicari Hingga 2025 Mendatang

4. Manajemen waktu yang baik

Meskipun bekerja secara bebas, seorang freelancer harus mampu memiliki manajeman waktu yang baik. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap pengerjaan proyek yang harus diselesaikan tepat waktu sesuai kontrak kerja dengan klien.

Anda juga harus mampu mengatur waktu dimana proyek freelance tidak mengganggu aktifitas lainnya sehingga tidak menghambat waktu selesainya proyek.

5. Kemampuan komunikasi yang baik

Pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain sebagai klien yang memanfaatkan jasa kita. Sehingga kita harus memiliki komunikasi yang baik agar klien merasa puas dengan pelayanan kita.

Selain itu, anda harus bersifat fast respond atau mudah dihubungi oleh klien ketika mereka memerlukan kita.

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan freelance yang paling banyak dicari.

Pekerjaan Freelancer

Pekerjaan freelance dibawah ini merupakan pekerjaan yang dapat anda kerjakan dimanapun dan kapanpun. Apalagi pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling sering dicari karena banyak klien yang membutuhkan jasa pekerjaan ini.

  1. Analisis dan konsultan bisnis,
  2. Voice over,
  3. Data entry,
  4. Desainer grafis,
  5. Web desainer,
  6. Digital marketing,
  7. Penulis konten atau copywriter,
  8. Jasa SEO (Search Engine Optimization),
  9. Programmer,
  10. Editor video dan animator,
  11. Data scientist,
  12. Membuat website atau blog,
  13. Jasa penerjemah bahasa asing, Dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu freelancer, syarat, dan contoh kerjanya yang dapat caraguna sajikan pada kesempatan kali ini. Setelah membaca artikel diatas, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda jika ingin terjun ke dunia freelancer. Tentunya setiap pekerjaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kasih rate artikel ini ya sob 😁.

Baca juga :  Top 10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Rekomendasi Untuk Kamu

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

2 thoughts on “Mau Jadi Freelancer? Kenali Pengertian, Syarat, dan Contoh Kerjanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Saturday, Jan 22, 2022