apa itu framework

Apa itu Framework? pertanyaan ini sering muncul dikalangan orang-orang yang terjun di bidang pemrograman dimana ingin mempelajari tentang keefektifan dan efisiensi dari kode program. Tidak jarang pula orang belum mengetahui apa itu framework. Secara umum framework merupakan struktur nyata atau konseptual yang berfungsi sebagai pendukung atau panduan membangun dan memperluas struktur menjadi sesuatu yang lebih efektif dan efisien.

Framework yang sering digunaakan sampai saat ini antara lain framework laravel untuk bahasa pemrograman PHP, Django untuk python, ExpressJs untuk Javascript, Cobit untuk tata kelola dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah tentang definisi dari framework itu sendiri dan apa saja fungsinya.

Apa itu Framework?

Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para developer dalam membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi atau software menjadi lebih terstruktur dan dinamis. Framework berisi fungsi dasar dan perintah yang biasanya dipakai untuk membuat dan mengembangkan sebuah software atau aplikasi.

Selain itu, Framework memiliki komponen-komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap untuk digunakan kapan saja, sehingga pengembang aplikasi tidak perlu membuat script aplikasi mulai dari awal. Dengan meggunakan framework, aplikasi yang anda buat menjadi lebih terstruktur dan memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik, karena semua sudah diatur oleh framework tersebut.

Framework biasanya tersusun dengan struktur MVC (Model-View-Controller) yang memungkinkan pengembang dapat mengelompokkan fungsi-fungsi seperti fungsi inputan, proses, dan output dari aplikasi.

Fungsi Framework

Berikut ini adalah fungsi atau manfaat yang dapat anda rasakan ketika menggunakn framework dalam pengembangan aplikasi atau software yang akan anda buat. Beberapa fungsi berikut ini juga menjadi alasan kenapa kamu harus menggunakan framework.

  1. Mampu mempercepat pembuatan proses aplikasi baik itu aplikasi pada mobile, web, dan dekstop.
  2. Membantu dalam proses perencanaan, pembuatan dan pemeliharaan sebuah aplikasi.
  3. Aplikasi yang anda buat menjadi lebih stabil dan handal karena framework sudah melalui proses uji baik itu stabilitas dan keandalannya.
  4. Memudahkan dalam membaca program dan mencarian bug, karena semua sudah disediakan dalam sebuah dokumentasi masing-masing framework.
  5. Kode program anda lebih terstruktur dan terlihat praktis.
  6. Dari segi keamanan lebi unggul.
Baca juga :  Kenali Perbedaan Native, Hybrid, dan Web Berikut

Berikut adalah beberapa contoh framework yang sering digunakan oleh banyak developer diseluruh dunia.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang apa itu Framework dan apa saja sih fungsinya terutama untuk kalian para developer. Sekian yang dapat caraguna sampaikan. Jika ada yang ingin disampaikan, silahkan komen pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kasih rate untuk artikel ini yaa!

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

4 thoughts on “Definisi Framework? Berikut Pengertian Framework dan Fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Nov 26, 2020