Apa itu firewall

Apa itu firewall – Di masa sekarang ini, internet dapat kamu akses dengan mudah dan cepat untuk menggali berbagai macam informasi maupun hiburan. Semakin luasnya internet, semakin bebas pula kita ber-ekspresi didalamnya.

Nah, untuk itu di dalam internet kamu juga perlu meningkatkan keamanan jaringan komputer agar terhindar dari hal-hal negatif seperti virus, malware, worm, web scripting, scam, phising dan berbagai jenis virus berbahaya lainnya. Firewall merupakan salah satu solusi yang dapat kamu gunakan untuk menghadang ancaman tersebut masuk ke komputer kamu.

Apa itu Firewall?

Firewall adalah sistem keamanan untuk mengelola dan memantau trafik masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan (security rules) yang sudah ditentukan. Firewall berfungsi mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam jaringan atau server.

Secara umum, firewall sebagai pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berguna untuk melindungi ancaman-ancaman atau konten yang berbahaya dari komputer luar.

Terdapat dua macam firewall, yaitu hardware dan software. Kedua firewall ini memiliki konfigurasi atau pengaturan yang berbeda-beda. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi keamanan jaringan komputer.

  • Firewall berbasis hardware, merupakan perangkat keras yang terdapat dalam sistem jaringan, misalya router. Firewall jenis ini memerlukan konfigurasi untuk dapat bekerja secara efektif. Teknk yang digunakan biasanya adalah teknik filter untuk menentukan packet utama, sumber dan tujuannya. Secara internal, sistem akan membandingkan data menurut aturan yang ditetapkan. Kemudian, ia memutuskan data mana yang perlu di-drop atau diteruskan.
  • Firewall berbasis software, merupakan solusi untuk perlindungan jaringan bagi pengguna internet dirumah. biasanya firewall ini diciptakan dalam bentuk aplikasi terpisah maupun sebagai fitur tambahan dari anti virus. Jenis firewall macam ini melindungi trafik inbound dan juga outbound, selain juga menghindarkan kamu dari virus trojan serta worm.
Baca juga :  Jangan Salah, Ternyata ini Perbedaan Programmer dan Developer

Mengenal Fungsi Firewall

Pengertian firewall

Banyak yang mengatakan bahwa, penggunaan firewall merupakan hal wajib dan penting untuk menjaga melindungi ancaman yang membahayakan. Berikut beberapa fungsi atau manfaat firewall yang perlu kamu ketahui untuk keamanan komputer kamu.

#1. Melindungi data dari hacker atau pengguna ilegal (unauthorized)

Firewall berfungsi sebagai sekat antara data internal dengan akses luar. Karena firewall mampu menghalangi akses hacker dan pengguna asing yang ingin mencuri data yang kamu miliki. Dengan kata lain, data akan rawan dicuri apabila komputer tidak terinstal firewall.

#2. Block pesan (spam) yang tidak diinginkan

Ketika kamu mendapatkan pesan misterius (secara terus menerus) yang mengatakan komputer kamu dalam bahaya, bisa jadi hal tersebut adalah sebuah pesan spam yang tidak diinginkan.

Bahkan ada juga yang menyuruh kamu untuk menginstall program tertentu, kemudian komputer akan mati dalam hitungan detik. Merepotkan bukan? Oleh karena itu, kamu perlu menginstall firewall, sehingga ancaman tersebut dapat segera teratasi dan membuat kinerja komputer kamu menjadi normal.

#3. Memblock konten yang tidak diinginkan

Selain memblokir pesan spam dan mengandung virus, firewall juga dapat mambantu kamu memblock website atau konten dari alamat yang spesifik. Kamu dapat mengatur secara manual konten-konten macam apa yang tidak diperbolehkan diakses melalui komputer.

#4. Monitor bandwidth

Firewall tidak hanya bermanfaat untuk memastikan keamanan jaringan komputer terjaga. Disamping fungsi firewall yang utama, ia juga dapat digunakan untuk memonitor dan membatasi bandwith yang digunakan. Seperti, kamu bisa menetapkan batasan untuk konten hiburan, gambar, dan musik. Kemudian memprioritaskan bandwidth untuk konten-konten lebih penting untuk bisnis.

#5. Mengakses layanan VPN

Firewall juga dapat kamu pakai untuk memfasilitasi koneksi Virtual Private Network atau VPN. Lewat layanan ini, pengguna dapat akses jaringan internal kamu. Dengan layanan yang sama, kamu dapat mengakses konten atau website yang sedianya di blokir oleh pihak tertentu. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan data sharing.

#6. Mencatat segala aktivitas pengguna komputer

Firewall dengan cekatan akan mencatat seluruh akivitas yang terjadi di komputer sebagai dokumentasi. Dokumentasi tersebut digunakan pengembangan sistem sebagai keamanan komputer dalam melakukan autentikasi terhadap akses ke jaringan komputer.

Baca juga :  Deface Website Adalah : Pengertian dan Jenisnya

#7. Mencegah keyloggers

Keyloggers adalah perangkat lunak yang berbahaya dengan tujuan untuk merekam penekanan tombol komputer. Target utamanya yang pasti adalah mengetahui username dan password akun-akun penting yang kamu miliki. Dengan firewall, keyloggers bisa dihindari sejak awal.

#8. Blokir Trojan

Trojan adalah salah satu jenis malware yang sering menyamar sebagai software atau perangkat lunak yang sah, meskipun sebenarnya didalam software tersebut terdapat malware yang dapat mencuri data dan merusak sistem.

Nah, dengan menggunakan firewall ini, Trojan mampu dicegah sehingga data penting kamu akan aman dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jenis – jenis Firewall

Jenis firewall

Terdapat beberapa jenis firewall yang memiliki fungsi spesifik yang berbeda-beda.

#1. Packet filtering firewall

Jenis firewall satu in merupakan yan gpaling dasar dan paling lama. Firewall paket filtering tugasnya memeriksa pada router dan switch kepada pket data yan gdatang mulai dari IP tjuan dan asal, port number tipe paket data dan informasi yang dibawa kemudian baru diteruskan kepada alamat tujuan.

Jika dalam proses filtering tersebut ada masalah, maka paket data yang dikirimkan akan ditolah oleh firewall. Jenis paket filtering firewall ini bekerja dalam level IP (Internet Protokol) saja.

#2. Circuit level gateway

Circuit level gateway berfungsi untuk verifikasi proses TCP (Transfer Controll Protocol) handshake, proses ini memastikan bahwa session yang dikirimkan adalah sah tidak mengandung malware dan ancaman keamanan lainnya.

#3. Stateful Inspection Firewall

Stateful inspection firewall adalah gabungan dari packet filtering firewall dan circuit level gateway. Firewall ini memiliki fungsi untuk melakukan filtering paket data yang masuk dan verifikasi proses TCP handshake sehingga meningkatkan keamanan firewall secara ganda.

Baca juga :  Mau Jadi Desainer Grafis? Kenali Prospek Kerjanya Berikut ini

#4. Software firewall

Software firewall adalah jenis firewall yang diinstall bebarengan dengan software. Manfaat utama firewall yang ada pada software ini adalah menciptakan pertahanan lebih pada software dari ancaman berbahaya dari pihak luar.

#5. Hardware Firewall

Firewall hardware memiliki kesamaan tugas seperti firewall yan gada pada router. Tugas utamanya untuk melakukan filtering paket data yang terhubung ke server jaringan.

Firewall ini akan memastikan bahwa paket data yang dikirim aman, jika ada masalah akan langsung ditolak. Namun, kekuatan firewall akan bergantung pada spesifikasi hardware tersebut makin bagus spesifikasi makin kuat pula petahanan dari firewall.

#6. Cloud firewall

Cloud firewall adalah salah satu dari firewall yang berfungsi untuk mengamankan server cloud dari ancaman berbahaya. Karena dalam server cloud tersimpan berbagai data penting yang sangat berbahaya jika jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika ada lalu lintas yan gmencurigakan, cloud firewall ini akan langsung melakukan eksekusi untuk mengamankan cloud server.

Keunggulan dari Firewall

Agar pemahaman kamu lebih lengkap mengenai firewall, berikut beberapa keunggulan tambahan dari firewall untuk jaringan komputer kamu.

  • Meningkatkan performa komputer
  • Dapat diterapkan pada jaringan router dan switch
  • Lebih efisien, efektif, dan praktis
  • Aman dari situs berbahaya
  • Dapat memblokir situs-situs tertentu
  • Tanggap memberikan peringatan
  • Mengatasi pembajakan software
  • Dapat memberi koneksi pada tempat umum
  • Aman untuk komputer

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu firewall, jenis, dan fungsinya yang dapat Caraguna share pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat kamu yang sedang mendalami dunia jaringan komputer yang berhubungan dengan firewall.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Thursday, Jun 17, 2021