Apa itu FileZilla

Apa itu Filezila – ketika kamu ingin terhubung pada server hosting yang menangani seluruh file yang tersimpan didalamnya, biasanya kamu akan diberikan akses ke cPanel. cPanel itu sendiri adalah salah satu control panel berbasis linux yang paling banyak digunakan untuk mengelola semua layanan hosting dalam satu tempat.

Lalu apa hubungannya dengan Filezilla? Software ini akan membantu kamu mempermudah proses upload file baik dalam ukuran kecil maupun besar dalam website tanpa melalui cPanel. Filezilla atau Filezilla Client adalah salah satu software FTP gratis (open source), cross platform dan mendukung SFTP dan FTPS (FTP di SSL/TLS)

Sedangkan, FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga pengguna dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload).

Fitur FileZilla dan kenapa kamu harus menggunakan software ini

FileZilla merupakan software yang mudah digunakan (user friendly) sehingga membuatnya populer dikalangan FTP client lainnya. FileZilla support terhadapt berbagai sistem operasi mulai dari Windows, BSD, MAC, Linux, dan sebagainya.

#1. Site Manager

Site Manager atau pengelola situs adalah fitur yang dapat membantu kamu mengelola dan membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya akan disimpan.

Baca juga :  Top Level Domain Terbaik 2021 Untuk Websitemu

Untuk menghubungkan site manager pada FileZilla cukup mudah, kamu dapat melakukan akses pada site manager ini dengan menekan CMD + A pada Mac atau CTRL + S pada site manager. Alternatif lainnya adalah klik pada palikasi FileZilla icon di bagian kiri atas.

#2. Message Log (Log Pesan)

Fitur message log ditampilkan dibagian atas jendela yang berfungsi menampilkan output berjenis konsole (console type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.

#3. File and folder view

File and folder view menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Kamu dapat menavigasi folder serta melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan serve dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya explorer. Kamu dpan men-drag and drop file antara komputer lokal dan server.

#4. Transfer Queue

Transfer Queue atau transfer antrian ditampilkan disepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer yang aktif.

#5. Support SFTP – SSF file transfer protocol

Pada umumnya, banyak orang menganggap bahwa beberapa aplikasi FTP kurang memperhatikan keamanan dimana memiliki pengaturan kredensial secara default. Namun, dengan SSF file transfer protocol (SFTP), file yang sedang transit dapat disembunyikan dibawah koneksi yang aman Secure Shell (SSH) terenkripsi.

#6. Support google drive, onedrive, amazon S3, dan Dropbox

Fitur ini tersedia pada FileZilla Pro, kamu dapat mentransfer file ke penyedia cloud dengan Filezilla yang sudah mendukung google drive, dropbox, one drive, amazon S3, layanan penyimpanan file microsoft azure dan google cloud storage.

#7. Dapat menjalankan beberapa transfer server secara bersamaan

Salah satu fitur terbaik Filezilla adalah kamu dapat menjalankan beberapa tab atau koneksi untuk terhubung dengan server yang berbeda dalam waktu yang sama. Hal ini tentu saja bergantung pada kecepatan internet dan jumlah file yang ditransfer. Kamu dapat membatasi jumlah koneksi server simultan dari menu “transfer”.

Baca juga :  Apa itu NodeJs? Pengenalan NodeJs Lengkap

#8. Transfer dan Resume file yang berukuran besar dengan cepat

Kamu dapat melakukan transfer maupun resume file dengan ukuran yang cukup besar dengan kecepatan yang tinggi. Bagaimana tidak, kamu dapat mentransfer file yang memiliki ukuran sebesar 4GB atau lebih. Faktanya, ini adalah fitur yang sangat penting untuk aplikasi FTP yang memiliki kualitas yang bagus seperti FileZilla.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Monday, May 17, 2021