apa itu cms

Content Management System – ketika kamu membuka sebuah website, pasti kamu penasaran bagaimana sih cara membuatnya dan apa saja yang perlu disiapkan. Dalam pembuatan website, kamu diharuskan menguasai bahasa pemrograman web seperti PHP, Javascript, styling dengan CSS dan lain-lain.

Namun, bagi kamu yang masih awam atau males mempelajari itu semua, kamu dapat menggunakan sebuah tools yang dapat memanajemen konten untuk situs website kamu. Apa itu? ya, kamu pasti sudah bisa menebak. Tools tersebut adalah CMS.

Apa itu CMS? kenapa kamu harus menggunakan CMS, dan apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan? Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, yuk baca terus artikel ini sampai tuntas.

Apa itu CMS?

Content Management System (CMS) adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs website, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnnya.

CMS atau Sistem Manajemen Konten merupakan salah satu solusi yang cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan situs tanpa harus belajar lebih dalam mengenai bahasa pemrograman. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa mengeksplor dan dapat membangun website sesuai dengan kebutuhan. Bahkan tidak kalah dengan tampilan sebuah website menggunakan proses coding.

CMS memiliki dua elemen yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda yaitu CDA dan CMA. CDA atau Content Delivery Application adalah content yang digunakan untuk meng-update konten dari pemilik situs sebelumnya. Sedangkan CMA atau Content Management Application adalah CMS yang berfungsi untuk mengelola dan mengatur konten yang ingin kamu buat.

Secara sekilas, CMS berupa fitur halamn admin dimana kamu dapat mengubah (edit, tambah, hapus) konten website. Terdapat banyak ekstensi atau plugin gratis yang dapat mendukung pengembangan website kamu menjadi lebih mudah.

Baca juga :  Mengenal Framework Express JS dan Kelebihannya

Apa Saja Kelebihan Menggunakan CMS?

Terdapat beberapa kelebihan dari CMS yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan menggunakan CMS. Tidak hanya sangat mudah pada proses instalasi, cara penggunaannya pun juga sangat sederhana.

Berikut beberapa kelebihan dari CMS:

1. Efisiensi

Seperti yang kita singgung diawal, ketika kamu menggunakan CMS, kamu tidak perlu membangun website dari nol menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Cukup sekali install, dan BOOM! website kamu sudah siap dijalankan.

Bayangkan, apabila kamu seorang pengusaha dan tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat situs web, tetapi ingin mempunyai situs web untuk usaha kamu, maka CMS merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi alat untuk meraih kesuksesan melalui internet.

2. Pemisahan Kontent Mudah

Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya cukup lengkap. Bahkan, kamu dapat mengatur banyak hal melalui CMS. Pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS. Apabila kamu ingin menambah fitur lain, kamu dapat menambhkan fitur instalasi plugin atau ekstensi yang disediakan.

3. Penambahan Fungsi

Selain mengelola fitur-fitur tambahan, CMS juga bisa dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan pemrograman, pasti akan suka dengan fitur custom source code. Karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebelum mengubah source code asli dari template CMS, kamu perlu memastikan sudah mempunyai data backup. Paling tidak melakukan proses penyuntingan hanya menggunakan data salinan saja.

4. Dapat Menambahkan Banyak User

Membangun usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang pasti juga membutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs web dan membuat konten. CMS memberikan kebebasan kepada kamu untuk menambahkan beberapa saja jumlah user yang dibutuhkan. Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing-masing tipe.

Jadi, semua orang yang mengelola bisnis itu bisa memasukkan konten pada situs web perusahaan sesuai dengan peranannya masing-masing.

Baca juga :  10 Website Kompetisi Programming Terpopuler dan Terbaik Untuk Mengasah Skill

5. Pengembangan Bersifat Modular

Situs yang dibuat dengan CMS atau sistem manajemen konten dapat dengan mudah ditambahkan atau menghapus sebuah fitur. Itu karena setiap fitur dan elemen-elemen website bertindak sebagai modul. Misal kamu ingin mengganti template, maka dengan mudah, kamu dapat mencari yang baru dan menghapus yang sudah tidak ingin dipakai lagi.

6. Keamanan

CMS memiliki fitur keamanan yang canggih untuk melindungi konten atau database sebuah website dari serangan yang berbahaya. Kamu dapat membatasi akses konten ataupun memodifikasi login admin.

Sistem Manajemen Konten memliki fitur keamanan canggih yang melindungi konten dan basis data kamu dari jenis serangan berbahaya. Kamu dapat dengan mudah membatasi akses ke konten dengan sistem berbasis izin (permission).

7. SEO Friendly

Website yang dibuat dengan CMS memiliki dukungan kuat terkait SEO (Search Engine Optimization). Kamu dapat menggunakan berbagai plugin SEO yang memudahkan kamu mengatur kebutuhan SEO untuk website.

Dengan menerapkan SEO, website kamu dapat tampil pada halaman pertama pada mesin pencari seperti google, bing, ducduckgo dan lain-lain. Pembuatan website yang bertujuan untuk meningkatkan trafik pengguna sangat cocok menggunakan CMS.

8. Dukungan Komunitas yang Cukup Besar

Dukungan komunitas terhadap CMS biasanya sangat besar. Sehingga ketika kamu menemukan error pada saat menggunakan CMS, kamu dapat dengan mudah menemukan jawaban yang sesuai dengan permasalahan kamu melalui forum-forum yang sudah tersedia baik itu pada situs CMS atau media sosial.

9. Memudahkan Proses Maintenance

Berbagai perubahan besar yang terjadi pada situs web tentu tidak dapat dihindari. Tanpa memakai CMS, maka hal ini akan semakin sulit serta semakin berisiko khususnya karena memang berkaitan dengan ribuan data serta harus merubahnya satu per satu.

Saat kamu memakai CMS, maka hampir seluruh struktur situs web akan sama dan fokus di satu bagian saja sehingga pembaharuan pada situs tidak merusak situs yang sudah ada sekarang ini. Selain itu, kamu juga tidak harus melakukan pembaharuan secara satu per satu sebab akan dilakukan otomatis oleh CMS.

Baca juga :  Situs Anda di Blokir? Coba Kenali 8+ Penyebab Situs di Blokir Berikut ini!

10. Lebih Mudah Untuk Merubah Desain

Kelebihan selanjutnya yang dapat kamu peroleh dengan CMS ini adalah ketika kamu ingin mengganti tampilan dari situs web. Nantinya, kamu hanya perlu mengunggah template yang sudah dibuat pada lokal atau juga bisa mengunduh template berbayar yang sekarang banyak tersedia di internet.

Sesudah itu, kamu hanya perlu mengunggahnya ke halaman admin dan bahkan terkadang ada juga CMS yang sudah menyediakan template bawaan sehingga kamu tidak lagi harus mencarinya sendiri.

11. Mempermudah Pengelolaan Konten

Apabila kamu pernah membuka website raksasa dengan jutaan halaman atau toko online dengan ratusan ribu produk, mungkin kamu pernah bertanya bagaimana mereka bisa selalu menjaga jutaan halaman tersebut ya?

Adanya CMS memungkinkan pengelolaan konten dalam jumlah besar secara lebih praktis. Dalam sebuah CMS, biasanya terdapat fitur seperti kategori, pencarian, tag, pengurutan, dan filter. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan oleh pengelola website untuk mengurus konten lebih cepat tanpa perlu berurusan langsung dengan database.

12. Open Source (Gratis)

Open Source merupakan istilah untuk memperbolehkan kamu mengubah-ubah baris kode pemrograman yang ada dalam CMS. Terdapat banyak CMS yang tersedia gratis yang dapat kamu gunakan untuk membangun website. Antara lain WordPress, Joomla, Drupal, dan masih banyak lagi.

Biaya yang dikeluarkan pun terbilang cukup murah. Karena kamu bisa saja memilih paket hosting yang paling dasar dan sudah bisa memasang CMS seperti wordpress dengan ketentuan bisa menjalankan PHP dan memiliki database Mysql.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Oct 22, 2021