Bahasa pemrograman golang

Bahasa Pemrograman Golang – mempelajari sebuah bahasa pemrograman didalam dunia teknologi informasi memanglah menyenangkan bagi anda yang tau cara menikmatinya. Semakin berkembangnya zaman, banyak teknologi-teknologi mutakhir yang semakin canggih pula. Baik disisi perkembangan hardware maupun software.

Untuk membangun teknologi tersebut, nantinya anda akan dikenalkan dengan bahasa pemrograman yang pada dasarnya berfungsi untuk menginisialisasikan instruksi agar dapat dimengerti oleh komputer sehingga sistem dapat berjalan sesuai keinginan.

Pada pembahasan kali ini, caraguna akan mengulas tentang bahasa pemrograman Golang, dimana bahasa ini cukup populer digunakan saat ini. Baca terus artikel ini sampai tuntas agar anda lebih paham tentang bahasa Golang. Anda dapat mengunjungi website resminya di Golang.org.

apa itu golang

Apa itu Golang?

Golang atau Go Language adalah salah satu bahasa pemrograman open-source yang dikembangkan Google oleh Robert Gresemer, Rob Pike dan Ken Thompson pada tahun 2007 dan mulai diperkenalkan di publik pada tahun 2009. Golang dibuat berdasarkan kekuatan bahasa pemrograman lama seperti keluarga C (C++, C#, C) dan digabungkan dengan kenyamanan saat mengembangkan aplikasi dengan bahasa modern sehingga memiliki performa yang cepat.

Bahasa Golang biasanya digunakan untuk bahasa backend dalam aplikasi website, mobile, maupun dekstop. Golang terkenal dengan kemudahannya dalam menggunakan konkurensi (concurrency) dengan fitur goroutine-nya. Selain itu, Golang mampu membangun aplikasi web yang aman dan scalable, mampu mengatasi sistem yang kompleks yang membutuhkan kinerja tinggi.

Baca juga :  Perbedaan Perulangan Rekursif dan Iteratif

Sejarah singkat Golang

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, Golang dirilis perdana pada bulan November 2009. Golang pada awalnya merupakan sebuah percobaan oleh para insinyur Google untuk merancang bahasa pemrograman baru untuk menyelesaikan beberapa permasalahan umum yang timbul dari bahasa pemrograman lain.

Pengembang membuat Golang dengan memepertimbangkan beberapa hal seperti bahasa yang scalable, artinya mampu menangani sistem yang besar dan kompleks, mudah dibaca dan dipelajari, tidak memerlukan lingkungan pengembangan terintegrasi, namun masih mendukung mereka dengan baik. Bahkan Golang mendukung jaringan dan multiprocessing.

Golang telah digunakan dilingkungan produksi oleh Google dan perusahaan lain. Google Go compiler yang dikembangkan sebagai perangkat lunak open source menargetkan berbagai platform, termasuk Linux, OS X, Windows dan berbagai BSD dan versi UNIX.

kenapa golang

Kelebihan menggunakan bahasa pemrograman Golang

Bahasa pemrograman Golang memiliki beberapa keunggulan menarik yang membuat perusahaan seperti Dropbox, Cloudfare, dan Soundcloud menggunakan bahasa ini.

1. Memiliki Goroutines

Golang memiliki goroutines yang mampu membuat manajemen memori bekerja dengan efektif. Untuk setiap new thread yang anda buat di java, pada umumnya akan menggunakan memori sebesar 1 Mb. Namun ketika anda menggunakan Golang, memori yang dibutuhkan sangat kecil yaitu sebesar 2 KB. Hal ini tentu sangat berguna ketika anda memiliki multiple thread yang harus dijalankan.

2. Golang bekerja sangat cepat

Meskipun Golang dirancang untuk menghasilkan aplikasi dengan performa yang tinggi, namun struktur dan sintaks yang dimiliki cukup sederhana. Hal ini dapat memudahkan anda untuk menulis kode dengan cepat. Golang juga mampu memproses kompilasi dengan cepat, sehingga proses pengembangan dapat selesai dengan waktu yang lebih singkat.

3. Sederhana dan mudah dipahami

Golang sangat mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Sintaks yang digunakan sederhana sehingga mudah diakses oleh pemula sekalipun. Di dalamnya juga tidak terdapat berbagai fungsi komplek yang harus dipelajari. Selain itu, dokumentasi yang dimiliki juga terstruktur dengan baik dan rapi. Jika anda sudah mahir menggunakan C++ atau C#, anda pasti bisa mempelajari bahasa Golang dengan cepat karena sintaksis yang digunakan mirip dengan bahasa pemrograman C.

Baca juga :  Perbedaan Session dan Cookies

4. Memiliki fungsi garbage collection

Bahasa pemrograman Golang mempunyai fungsi garbage collection yang dapat membantumanajemen memori bekerja dengan baik. Fungsi ini memiliki pengaruh signifikan untuk menjaga performa serta membuat concurrency bekerja efisien.

5. Memiliki dukungan dari Google

Google memiliki salah satu infrastruktur cloud terbesar di dunia dan terus ditingkatkan secara masif. Bahasa pemrograman ini sengaja dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh tim Google untuk mendukung skalabilitas dan efektivitas sistem meraka. Oleh karena itu, ketika anda mengembangkan suatu sistem dan memikirkan masalah skalabilitas, Golang menjadi bahasa pemrograman yang dapat anda andalkan.

6. Software Helper

Software helper merupakan tools yang digunakan untuk membangun suatu program dan membantu mempermudah pengerjaan suatu logika tertentu dalam suatu bahasa pemrograman agar menjadi lebih efektif. Biasanya membutuhkan instalasi tersendiri dan memakan size yang besar.

Namun, pada bahasa pemrograman Go berbeda, karena alat bantu untuk membuat aplikasi bahasa Go mudah dan sangat bersahabat dengan sumber daya. Tidak membutuhkan size yang besar dalam instalasinya. Sehingga anda tetap dapat membuat program yang sangat kompleks tanpa takut komputer akan kehabisan sumber daya.

7. Clean Code

Bahasa Golang termasuk dalam bahasa pemrograman yang bersih dan rapi. Para developer akan dipaksa menggunakan aturan penulisan serta metodologi yang sesuai dengan ketentuan bahasa pemrograman go sendiri. Aturan-aturan ini akan membuat para developer memahami tentang konsep clean code sesungguhnya. Bahasa yang tersusun rapi selain memudahkan dalam proses maintenance, juga berpengaruh terhadap kecepatan proses compailing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Friday, Sep 24, 2021