Contest Programming

Website Kompetisi Programming – menjadi seorang programmer rasanya kurang pas kalau belum mengikuti sebuah kompetisi atau kontes koding untuk mengasah kemampuan dalam membuat sebuah program. Menantang kemampuan diri sendiri merupakan salah satu hal menarik yang wajib dicoba karena anda dapat belajar pengalaman baru. Dengan mengikuti kompetisi koding atau pemrograman, dapat membantu anda mengukur ketrampilan dan kompetensimu dalam bahasa pemrograman tertentu.

Manfaat lain dari mengikuti kontes pemrograman yaitu dapat menambah dan mempercantik portofolio di CV anda, sehingga ketika anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, anda memiliki nilai plus dimata recruiter perusahaan tersebut. Selain itu, dengan mengikuti kompetisi koding, anda akan belajar tentang problem solving atau mengatasi berbagai permasalahan yang ada dengan solusi yang baik dan efisien.

10 Website kompetisi programming terpopuler di dunia

Berikut ini adalah 10 website yang dapat anda gunakan untuk mengasah kemampuan dengan mengikuti kompetisi pemrograman yang tersedia di website tersebut. Beberapa website dibawah ini merupakan website kompetisi programming yang populer, terbaik, dan banyak di ikuti oleh programmer profesional di seluruh dunia.

1. Codewars

Codewars

Codewars merupakan sebuah website yang sangat cocok digunakan untuk pelajar dan middle programmer. Situs ini memliki banyak sekali tantangan yang cocok bagi pemula. Selain itu tantangan tersebut mencakup lebih dari 20 bahasa pemrograman. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda menguasai salah satu bahasa pemrograman yang spesifik.

Hal terbaik yang dimiliki codewars adalah ia memiliki editor bawaan, sehingga anda dapat mengetahui dari mana kode secara manual. Setiap tantangan yang anda ambil, terdapat poin yang akan anda dapatkan. Poin-poin tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan peringkatmu. Bahkan situs ini juga memiliki tempat diskusi untuk pembuat kode.

2. HackerRanks

HackerRanks

HackerRanks merupakan salah satu website terbaik untuk mengasah kemampuan koding anda. HackerRanks memberikan tantangan beberapa pilihan domain yang berbeda seperti Algoritma, Matematika, SQL, pemrograman fungsional, Artificial Intelligence (AI), dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan Codewars, di HackerRanks juga menyediakan diskusi dan peringkat untuk setiap tantangan. Yang menarik dari HackerRanks adalah anda juga bisa mengajukan lamaran untuk mendapatkan pekerjaan dengan memecahkan tantangan pengkodean yang disponsori perusahaan.

Baca juga :  Mau Jadi Desainer Grafis? Kenali Prospek Kerjanya Berikut ini

Kontes pada HackerRanks sudah dianggap kelas dunia dan dapat dilakukan oleh programmer proffesional. Tantangan yang diciptakan pun dapat dengan mudah diterapkan pada dunia usaha. Setiap tantangan dirancang untuk membantu anda memahami bagaimana menyelesaikan setiap masalah.

3. CoderByte

CoderByte

Coderbyte menyediakan 200+ tantangan programming yang dapat anda selesaikan langsung secara online. Tantangan yang tersedia beragam, dari yang paling mudah hingga paling sulit yang mencakup lebih dari 10 bahasa pemrograman. Situs ini memiliki editor online yang dapat anda gunakan untuk mengetik solusi anda.

Untuk meningkatkan akurasi, Coderbyte menyediakan solusi pengguna dan juga solusi resmi. Selain itu, Coderbyte juga memiliki berbagai tantangan yang ideal untuk persiapan wawancara kerja dan kursus pemrograman pendek yang dapat digunakan untuk mempertajam ketrampilan koding.

4. CodinGame

CodinGame

Untuk anda yang ingin berkompetisi dan memahami bahasa pemrograman dari sebuah game, maka Codingame adalah situs yang tepat. Codingame adalah sebuah website dimana anda dapat belajar bahasa pemrograman dengan metode pembelajarannya dari sebuah game. Genre dari game yang disajikan juga lumayan banyak, seperti adventure, racing, shooter, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Codingame di rancang agar proses koding secara keseluruhan menjadi lebih menyenangkan. Anda akan dibuat benar-benar bermain sesuai kode yang akan dibuat. Codingame menawarkan banyak bahasa pemrograman dan anda dapat memilih bahasa apapun yang anda inginkan. Saya yakin anda pasti menyukai codingame, karena antarmuka yang dimilikinya sangat intuitif.

5. TopCoder

TopCoder

TopCoder merupakan website kontes koding yang sudah ada sejak lama dibanding situs lainnya. TopCoder memiliki banyak tantangan yang mencakup berbagai bahasa pemrograman. Bahkan, TopCoder juga menyelenggarakan beberapa tantangan yang disponsori dan pemenang bisa mendapatkan hadiah berupa uang sebagai problem solving tebaik.

Setiap kompetisi dalam TopCoder memliki ketentuan dan peraturannya masing-masing. Sehingga, peserta yang ingin mengikutinya diharapkan mematuhi agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Selain itu, di situs ini juga tersedia kompetisi untuk desain grafis. Kompetisi ini berhubungan dengan ide, animasi, logo, mockup, icon, dan tampilan antarmuka lainnya baik itu mobile, web, maupun dekstop.

6. Project Euler

Project Euler

Project Euler merupakan situs web yang didedikasikan untuk menyediakan serangkaian masalah komputasi untuk dipecahkan dengan program komputer. Project Euler pertama kali diperkenalkan ileh Colin Hughes pada tahun 2001 silam. Project Euler telah populer dikenal secara global hingga sekarang. Bahkan Project Euler telah memiliki setidaknya sekitar 599 ribu pengguna diseluruh dunia yang pernah menyelesaikan masalah sedikitnya satu masalah.

Baca juga :  Mengenal Pengertian Database NoSQL, Kelebihan, dan Contohnya

Selain itu, situs ini memliki 500 masalah yang harus anda pecahkan, yang bisa saja bertambah setiap minggu. Tingkat kesulitannya pun dapat berbeda-beda. Anda dapat memecahkannya kurang dari satu menit jika menggunakan algoritma yang efisien. Masalah yang dibuat dapat diurutkan berdasarkan tingkat kesulitannya.

7. SPOJ (Sphere Online Judge)

SPOJ

SPOJ (Sphere Online Judge) adalah situs internet yang menyediakan ribuan soal untuk dipecahkan melalui sebuah program dan bertindak sebagai penilai dari program tersebut. SPOJ menyediakan berbagai tantangan yang dengan kategori classical, challenge, partial, tutorial, dan riddle. SPOJ mendukung banyak bahasa pemrograman, seperti bahasa C, Python, Fortran, Java, Lisp, Pascal, Perl, dan lainnya.

Sphere Online Judge ini merupakan sistem online yang sering digunakan untuk mengetes suatu program (biasanya digunakan juga pada lomba-lomba pemrograman). SPOJ memiliki kontes sendiri dan sering digunakan sebagai tempat berlatih dan problem solving untuk mengembangkan skill logic dan kreativitas teknik pemrograman.

Selain itu, SPOJ juga menyediakan forum bagi para pengguna untuk dapat saling berintaraksi dan berbagi problem ataupun teknik solving suatu problem. Sehingga, anda tidak perlu khawatir juka mengalami sedikit kesulitan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam forum ini, anda juga bisa mendapat tips-tips penyelesaian, namun tetap dengan menggunakan logic yang sudah anda punya. Sehingga anda tidak akan kehilangan sensasi logic yang telah anda dapat sendiri. Artinya tidak sekedar copas program orang lain saja.

8. International Collegiate Programming Contest (ICPC)

ICPC

International Collegiate Programming Contest (ICPC) adalah kompetisi pemrograman antar universitas yang diselenggarakan dibawah naungan Association for Computing Machinery (ACM). Kompetisi ini terdiri dari beberapa tingkatan yang dimulai dari provicial (wilayah dalam negara), regional (antar negara), dan world final (dunia).

Lalu, siapa saja yang dapat mengikuti kompetisi ICPC ini? setiap mahasiswa dari universitas yang sama dengan membentuk tim beranggotakan tepat 3 orang yang berusaha bersama-sama menyelesaikan masalah komputasi dalam waktu lima jam non stop.

Baca juga :  [JAVA] Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Pemrograman Bahasa Java

9. Exercism.io

Exercism

Exercism.io adalah situs pembelajaran pemrograman yang berfokus pada pemecahan masalah. Terdapat 50 bahasa pemrograman tersedia yang dapat digunakan termasuk javascript, C++, dan typescript. Terdapat lebih dari 100 latihan koding di setiap bahasa pemrograman. Setiap latihan tersusun dengan baik berdasarkan tingkat kesulitan.

Platform exercism.io ini memang ditargetkan untuk orang-orang dengan pengalaman pemrograman yang ingin memperdalam pengetahuan atau sekedar mempelajari bahasa baru. Latihan yang tersedia dapat anda akses secara gratis (open source).

10. Codeforce

CodeForce

Codeforce adalah situs web yang menyelenggarakan kontes pemrograman yang kompetitif. Program ini dirancang dan dikelola oleh sekelompok programmer handal dari ITMO University yang dipimpin oleh Mikhail Mirzayanov.

Codeforce ini sangat populer, bahkan ditahun 2018, ia memiliki lebih dari 600 ribu pengguna terdaftar. Codeforce sering digunakan oleh programmer proffesional top seperti Gennady Korotkevich, Petr Mitrichev, Benjamin Qi, dan Makoto Soejima. Banyak programmer senior lain yang tertarik untuk memajukan karir mereka dengan melatih kemampuan di Codeforce.

Kesimpulan dan penutup

Semakin sering anda mengikuti kompetisi programming maka semakin tinggi pula kemampuan anda dalam membangun kode bahasa pemrograman dengan baik dan terstruktur. Selain itu, kompetisi programming akan melatih anda dalam mengasah kemampuan berlogika dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan.

Beberapa website yang saya jabarkan sebelumnya diharapkan dapat membantu anda untuk memperdalam kemampuan programming anda. Ketika anda beruntung dengan memenangkan salah satu kompetisi programming, maka hal itu akan sangat berdampak besar bagi career anda nantinya. Hal tersebut bisa anda masukkan ke dalam portofolio yang pastinya dapat memikat hati recruiter jika anda ingin melamar kerja di suatu perusahaan.

Itulah beberapa website kompetisi programming yang dapat caraguna share pada artikel kali ini. Jika ada yang ingin disampaikan atau ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating 5 / 5. Jumlah vote: 1

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Wednesday, Jan 20, 2021