Screen recorder

Screen Recorder Terbaik – buat kamu yang belum tahu apa itu screen recorder, screen recorder atau perekam layar adalah sebuah tools maupun software yang berfungsi untuk merekam segala aktivitas yang ada di layar, baik itu layar komputer maupun smartphone. Namun, pada artikel kali ini kita hanya akan membahas rekomendasi software screen recorder untuk PC atau Laptop saja.

Tidak jarang kita ingin mendokumentasikan segala sesuatu yang kita kerjakan ketika mengakses komputer. Merekam layar merupakan salahsatu cara untuk menyimpan segala record aktivitas yang kita lakukan. Biasanya, tujuan dari screen record (merekam layar) pada komputer yaitu untuk tugas kuliah, video tutorial, gaming, video call, live streaming, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Software Screen Recorder Terbaik dan Populer 2021

Berikut beberapa rekomendasi dari caraguna buat kamu, mengenai apa saja software screen recorder terbaik untuk merekam segala aktivitas komputer.

1. Ice cream Screen Recorder

Ice cream screen recorder

Ice scream recorder adalah software yang dapat kamu gunakan untuk merekam layar komputer yang memiliki fitur menarik serta interfacenya yang mudah dipahami (user-friendly). Meskipun software ini dapat kamu gunakan secara gratis, ada versi premium dimana kamu akan mendapatkan fitur-fitur lebih.

Ice scream recorder cukup populer digunakan untuk aktivitas presentasi, membuat video tutorial, live streaming, gaming, dan lain-lain. Kamu dapat merekam video dalam format MP4, MKV dan WebM. Terdapat fitur project history yang memberikan akses cepat ke record sebelumnya yang kamu buat.

Dengan fitur annotating, kamu dapat menggambar di layar saat melakukan proses screen recorder. Bahkan, kamu dapat menggunakan webcam dan memutar video secara bersamaan dalam merekam layar.

2. OBS Studio (Open Broadcaster Sotware Studio)

OBS Studio

OBS Studio adalah software screen recorder yang dapat kamu gunakan secara gratis (opern source) dan tersedia di berbagai sistem operasi (Windows, Mac, Linux). Pada OBS versi terbaru, terdapat fitur auto config dimana OBS akan melakukan pengaturan berdasarkan spesifikasi komputer yang kamu gunakan, sehingga hasil rekaman atau live streaming memiliki kualitas yang jernih dan halus.

Baca juga :  Apa Itu Impression? Berikut Pengertian Impression dalam Dunia Periklanan!

Interface dari OBS Studio terbilang cukup sederhana, namun memiliki banyak sekali fitur. Kamu dapat memodifikasi secara langsung dengan melakukan pengaturan area perekaman serta menambahkan gambar dan teks.

Hasil output video dari OBS Studio memiliki kualitas HD dengan format FLV dan MP4. Software ini sangat cocok untuk kamu gunakan dalam aktivitas live streaming baik di platform twitch, youtube, dan lain sebagainya.

3. Camstasia

Camstasia

Camstasia adalah software yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation dan dapat kamu gunakan secara gratis untuk merekam aktivitas yang ada pada dekstop komputer. Tersedia fiur webcam, record video dan audio dengan hasil yang jernih.

Camstasia juga menyediakan fitur editing video dimana kamu dapat memotong audio maupun video, penambahan suara, efek transisi, dan lain sebagainya.Video yang dapat diedit tidak hanya terbatas pada hasil perekaman layar dan webcam, namun video yang sudah ada pun dapat dimasukkan kedalam Camstasia untuk diedit, termasuk diantaranya video-video 60 FPS atau video yang memiliki resolusi 4K.

Software ini sangat ringan dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki spesifikasi komputer kentang.

4. Bandicam

Bandicam

Bandicam adalah software perekam layar yang paling ringan untuk Windows yang dapat merekam layar dengan kualitas tinggi. Serta kamu dapat merekam di area tertentu di layar PC, atau menangkap gambar memakai teknologi DirectX/OpenGl/Vulkan. Bandicam dapat membantumu merekam game dengan kompresi tinggi, serta tetap menjaga kualitas video semirip aslinya.

Bandicam memiliki performa yang tinggi dari software recorder lain meskipun memiliki fitur yang sama. Fitur utama dari Bandicam yaitu mampu menjaga kualitas video terbaik, dapat menggambar secara langsung saat proses perekaman, menambahkan audio, efek mouse, dan efek kunci kroma.

Selain itu, terdapat fitur perekaman tejadwal dimana kamu dapat mulai merekam pada waktu tertentu dengan jadwal harian/mingguan. Video output dari bandicam memilik format AVI, MP4, atau gambar. Bandicam pun bisa merekam video dari alat tambahan seperti kamera web, Xbox/PlayStation, smartphone, IPTV, dan lain-lain.

Baca juga :  Apa Itu CEO? Bagaimana Tugas, Kriteria, dan Cara Menjadi CEO?

5. Tiny Take

Tiny Take

Tiny Take adalah salah satu software screen recorder yang dikembangkan oleh developer Mangoapps yang didesain untuk merekam layar dan web cam secara satu waktu. Software ini dapat kamu gunakan secara gratis meskipun ada versi premiumnya. Hasil video output dari tiny take ini dibatasi hanya 5 menit, namun tidak ada watermark didalam videonya.

Software Tiny take sangat mudah digunakan, kamu hanya perlu satu klik untuk merekam layar. Kamu juga akan diberikan gratis space 2GB untuk penyimpanan cloud.

Banyak fitur yang dapat kamu rasakah ketika menggunakan tiny take dan memudahkanmu dalam aktivitas perekaman layar. Kamu dapat merekam seluruh layar atau hanya ingin area tertentu saja, zoom in atau zoom out, mengatur anotasi, dan lain sebagainya.

6. Camstudio

Camstudio

Camstudio dapat kamu gunakan untuk merekam semua aktivitas komputer baik dalam bentuk audio maupun video. Hasil output dari software ini dibuat sesuai dengan standard AVI video file dan dibangun dengan SWF Producer sehingga membuat Camstudio menjadi lebih ringan, mudah, dan sangat cepat untuk streaming flash video (SWFs).

Kamu dapat merekam layar sekaligus mikrofon suara, serta dapat memberikan anotasi pada video seperti komentar dan titles. Bahkan kamu juga bisa mengganti warna cursor mouse sesuai keinginan.

Camstudio dapat kamu gunakan secara gratis. Kamu juga tidak memerlukan penyimpanan yang besar. Selain itu, software ini dapat digunakan untuk merekam game pc.

7. Flashback Express

Flashback Express

Flashback Express adalah software perekam layar yang dapat kamu gunakan di windows. Software ini tidak memiliki watermark untuk versi gratisnya. Kamu dapat merekam penuh atau sebagian layar dan langsung dibagikan ke youtube maupun disimpan dalam format WMV, AVI, dan MP4.

Software ini sangat direkomendasikan untuk kamu pecinta game yang ingin merekam game yang kamu mainkan secara full. Keunggulan aplikasi ini terletak pada fitur user-interface yang baik, serta beberapa pilihan format output dan built in video editor.

8. Action

Action software

Action adalah software yang dapat kamu gunakan untuk merekam layar secara real time untuk streaming. Software ini sangat cocok untuk aktivitas gaming yang memiliki resolusi HD hingga 1080p. Format output video yang dihasilkan dari aplikasi ini yaitu MP4 dan AVI.

Baca juga :  Top Level Domain Terbaik 2021 Untuk Websitemu

Kamu dapat melakukan live streaming di youtube dengan software ini. Action memiliki desain tampilan interface yang smooth dan mudah digunakan. Silahkan kamu kunjungi website resminya disini.

Software Action juga mendukung fitur green screen apabila kamu merekam menggunakan webcam. Kamu tidak perlu menggunakan kamera khusus untuk fitur green screen ini, cukup sediakan background dengan warna kontras. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan komentar didalam layar saat proses merekam.

9. Screenpresso

Screenpresso

Screenpresso merupakan software perekam layar gratis yang dapat mengahasilkan gambar screenshoot dan video HD. Dengan software ini, kamu dapat menangkan layar hanya dengan beberapa klik saja. Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran layar sesuai keinginan.

Selain itu, kamu bisa menentukan kualitas output video dibawahnya, namun kualitas ini tidak menghilangkan kualitas HD dan menghasilkan format video MP4. Software Screenpresso juga memudahkan kamu jika ingin berbagi (sharing), karena tersedia 13 layanan online seperti email, gdrive, youtube, onedrive, one note, dropbox, evernote, facebook, twitter, flickr, hightail, imgur, dan FTP.

10. Ezvid

Ezvid

Ezvid adalah salah satu software perekam layar yang dapat kamu unduh secara gratis tanpa adanya watermark. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur editing video editing yang langsung bisa digunakan setelah kamu selesai melakukan perekaman layar.

Dengan memanfaatkan aplikasi perekam layar PC ini, kamu dapat menghasilkan kualitas rekaman layaknya seorang profesional. Sayangnya aplikasi ini memiliki kekurangan dimana untuk menggunakan aplikasi ini, anda membutuhkan sebuah PC yang memiliki kapasitas 10GB.

Apakah Artikel Diatas Bermanfaat?

Kasih rating dong kak 😀

Average rating / 5. Jumlah vote:

Masih belum ada yang rate nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Caraguna

Gudang Teknologi Informasi

Monday, May 17, 2021